Pantai Gili Labak – Rute, Tiket Masuk, & Penginapan

GIli Labak
dolanyok.com
Daftar isi

Gili Labak merupakan sebuah pulau dengan luas sekitar 5 hektar yang berada di Selat Madura, tepatnya di sebelah timur dari Pulau Madura. Pulau ini masuk dalam wilayah administrasi Kec. Talango, Sumenep, Madura.

Gili Labak merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan maupun backpacker yang ingin melihat keindahan alam Indonesia. Pulau ini terkenal dengan pasir putih dan juga warna lautnya yang biru jernih.

Wisatawan mengatakan bahwa keindahan panorama laut dan pantai Gili Labak sangatlah memukau. Tiupan ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar sehingga menciptakan suasana yang tenang.

Pulau kecil ini hanya dihuni oleh 35 kepala keluarga sehingga keasrian lingkungannya masih sangat terjaga. Karena keindahan alam yang dimilikinya, pulau ini semakin diminati dan memiliki jumlah pengunjung yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Hal tersebut tersebut dapat dilihat dari bertambahnya jumlah perahu yang digunakan untuk mengantar wisatawan menyebrang ke lokasi wisata Gili Labak.

Artikel Terkait

Rute Perjalanan

Lokasi wisata Gili Labak berada cukup jauh sehingga membutuhkan waktu  cukup panjang untuk sampai. Wisatawan yang memulai perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Perak membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 4 jam untuk sampai di Gili. Untuk wisatawan yang memilih jalur darat akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Perjalanan darat ditempuh dengan melalui pulau madura dengan tujuan akhir kabupaten Sumenep. Setelah sampai Sumenep wisatawan dapat memilih satu diantara dua pelabuhan yang ada di sana, namun mayoritas wisatawan memilih pelabuhan Tanjung.

Jarak yang jauh dan juga perjalanan yang cukup panjang inilah yang terkadang menjadi halangan wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Gili Labak. Namun lamanya perjalanan tersebut akan terbayarkan saat melihat panorama keindahan alam yang ada disana

Aktivitas Menarik di Wisata Gili Labak

Gili labak
Gili labak (Photo by kompasiana.com)

WIsata Gili Labak mempunyai hamparan pasir putih luas dengan air laut berwarna biru jernih yang dapat memukau pandangan.

Karena keindahannya tersebut membuat pantai ini cocok dijadikan objek berfoto yang baik. Selain menikmati keindahan panorama alam, pantai ini memiliki beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh wisatawan selama berada di kawasan pantai. 

Menikmati keindahan sunrise dan sunset

Keindahan panorama alam miliki pulau kecil yang ada di Selat Madura ini memang bukan sesuatu yang perlu diragukan lagi. Keindahan tersebut semakin akan semakin terlihat saat waktu sunrise dan sunset tiba. Bahkan pesona sunrise dan sunset di pulau ini telah banyak tersebar di internet.

Wisatawan dapat menaiki kapal untuk melihat sunrise terindah yang berada di sisi timur pulau. Menyaksikan matahari yang perlahan muncul dari balik lautan luas adalah salah satu kegiatan yang paling diincar wisatawan saat berkunjung di pulau ini.

Tidak jauh berbeda dari sunrise, sunset di pulau ini sungguh memanjakan pandangan siapapun yang melihatnya.

Gradasi warna langit yang berubah dari jingga hingga gelap membuat pemandangan semakin memukau. Jangan lupa menyiapkan kamera saat mengejar sunrise atau sunset untuk mengabadikan momen tersebut.

Snorkeling

Pantai Gili Labak memiliki air berwarna biru yang sangat jernih sehingga pemandangan underwater dapat terlihat dengan jelas. Kondisi pantai tersebut sangat cocok untuk kegiatan snorkeling.

Selain itu kondisi terumbu karang dan juga ikan kecil dengan berbagai macam jenis yang ada disini membuat kegiatan snorkeling semakin menyenangkan. Wisatawan juga dapat membawa kamera underwater untuk mengabadikan momen dan pemandangan dasar laut saat snorkeling.

Menjelajahi laut menggunakan perahu

Untuk sampai di lokasi Gili, terdapat 4 dermaga penyeberangan yang dapat dilalui oleh wisatawan. Dermaga tersebut antara lain dermaga Tanjung Saronggi, dermaga desa Louk, dermaga Kalianget Sumenep, dan terakhir dermaga desa Kombang.

Wisatawan akan menjelajahi laut menggunakan kapal selam 1 sampai 1,5 jam untuk sampai di lokasi Gili. Selama perjalanan wisatawan akan mengarungi selat Madura dengan pemandangan pulau – pulau kecil yang ada di sekitarnya. Suguhan pemandangan tersebut membuat perjalanan tersebut terasa sangat cepat.

Wisata kuliner

Wisata kuliner merupakan salah satu kegiatan wajib saat berkunjung ke suatu tempat, begitu pula saat berkunjung ke wisata Gili Labak. Ikan bakar merupakan salah satu menu paling wajib dicoba saat berwisata kuliner di pulau ini.

Ikan bakar yang dimasak dengan menggunakan bumbu lokal membuat rasanya unik dan nikmat. Tidak hanya ikan bakar, banyak menu makanan lain yang tidak kalah nikmat dijual di warung – warung yang ada di sekitar kawasan pantai. Cita rasa makanan disini banyak membuat wisatawan ketagihan dan ingin mencicipinya lagi. 

Bermain banana boat

Banana boat merupakan salah satu fasilitas wisata yang disediakan oleh pengelola untuk wisatawan yang sedang berkunjung. Sama seperti di pantai lain, banana boat disini juga banyak dipilih oleh wisatawan yang datang bersama rombongan ataupun teman – teman.

Untuk 5 hingga 6 putaran banana boat disewakan dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 150.000. Berteriak dan terombang ambing bersama teman –  teman dengan menaiki banana boat adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur. 

Bermain ATV

Selain banana boat, ATV juga merupakan salah satu fasilitas wisata yang cukup banyak peminatnya. Karakteristik pantai yang memiliki hamparan pasir putih luas membuat wisata ini cocok digunakan untuk berolahraga pantai ataupun bermain ATV.

Mengendarai ATV mengelilingi pantai sambil menikmati semilir angin yang berhembus akan memberikan sensasi tersendiri yang sulit untuk dilupakan.

Namun wisatawan dihimbau untuk berhati – hati saat mengendarai ATV di sekitar pantai terutama saat sedang ramai untuk menghindari kecelakaan dengan pengunjung lain yang ada di kawasan tersebut. 

Baca juga: Alun Alun Batu – Wisata Kuliner Hingga Bermain Bianglala

Tiket Masuk Pantai Gili Labak

Pantai gili labak
Pantai gili labak (Photo by pegipegi.com )

Pulau Gili tidak memiliki gerbang masuk ataupun loket masuk sehingga wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk pantai Gili Labak alias gratis.

Wisatawan hanya perlu membayar jika ingin bermain atau menikmati aktivitas air seperti banana boat, menyewa perahu, bermain ATV, ataupun kegiatan lain. Karena merupakan kawasan terbuka, pulau ini terbuka 24 jam penuh sehingga pengunjung dapat memasuki kawasan ini kapanpun mereka mau. 

Penginapan di Gili Labak

Untuk wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama atau ingin mengejar sunrise di pagi hari dapat bermalam pada penginapan di Gili Labak. Penginapan di Gili Labak rata – rata berupa homestay yang disewakan dengan harga Rp 500.00 per malamnya.

Jika ingin lebih murah, wisatawan dapat bermalam di perumahan warga yang disewakan dengan harga lebih murah yaitu Rp 300.000 per malam.

Dengan harga tersebut, wisatawan dapat bermalam di perumahan warga yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti kamar mandi, dapur, dan 3 kamar tidur. Namun jika ingin merasakan suasana alam wisatawan dapat mendirikan tenda di kawasan pinggir pantai.

Baca juga: Pantai Sadranan – Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *