Geopark Ciletuh Sukabumi: Lokasi, Info Tiket, & Spot Wisata

Geopark Ciletuh Sukabumi (sumber: @lenny_theodora on Instagram)
Geopark Ciletuh Sukabumi (sumber: @lenny_theodora on Instagram)
Daftar isi

Beberapa wilayah di Jawa Barat memanglah memiliki potensi yang sangat baik dalam bidang pariwisata. Hal ini ditandai dengan keberadaan objek wisata yang tersebar di seluruh Jawa Barat, seperti Lembang dan Bogor, yang terkenal memiliki segudang objek wisata menarik. Namun, tahukah kamu bahwa Sukabumi juga memiliki potensi wisata yang bagus seperti Lembang dan Bogor?

Geopark Ciletuh, atau Taman Bumi Ciletuh merupakan sebuah objek wisata yang berada di Sukabumi. Dinobatkan sebagai geopark internasional oleh UNESCO, semakin meyakinkan bahwa objek wisata satu ini memiliki potensi yang baik dan tak kalah daya tarik dengan objek wisata lain yang tersebar seantero Jawa Barat. Advonturers sudah kenal belum dengan Taman Bumi Ciletuh ini? Yuk, intip beberapa informasi tentangnya dalam ulasan berikut ini!

Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi, Tempat Wisata Unik dengan Banyak Spot Menarik

Bentangan Alam Geopark Ciletuh (sumber: @geopark_ciletuh_sukabumi_ on Instagram)
Bentangan Alam Geopark Ciletuh (sumber: @geopark_ciletuh_sukabumi_ on Instagram)

Geopark, atau Taman Bumi Ciletuh merupakan tempat wisata apik nan memiliki nilai edukatif yang berada di kawasan Ciwaru, Sukabumi. Tempat wisata yang juga merupakan bentangan alam tapal kuda ini ternyata meliputi beberapa cagar alam, lho. Beberapa cagar alam tersebut diantaranya: Cagar Alam Tangkuban Perahu, Suaka Margasatwa Cikepuh, dan Taman Wisata Sukawayana.

Karena kawasan wisata taman bumi yang satu ini meliputi banyak cagar alam, hal ini tentu membuat objek wisata yang satu ini memiliki banyak spot menarik. Mulai dari pantai, air terjun, hingga gugusan pulau pun turut menjadi daya tarik tersendiri, sehingga kawasan wisata yang satu ini tak pernah sepi pengunjung. Menikmati panorama alam yang ada di kawasan wisata taman bumi yang satu ini sangat cocok bagi Advonturers yang ingin merasakan ketenangan dengan menjauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Lokasi & Jalan Menuju Geopark Ciletuh Sukabumi

Advonturers tentu sudah makin penasaran dengan objek wisata yang satu ini. Sebelum kamu mengunjunginya, sudah tahukah kamu di mana lokasi Geopark Ciletuh Sukabumi? Lokasi Geopark Ciletuh Sukabumi sendiri berada di kawasan Ciwaru, Ciemas, Sukabumi. Jawa Barat. Ada beberapa jalan menuju Geopark Ciletuh Sukabumi yang dapat kamu tempuh.

Artikel Terkait

Bagi kamu yang berangkat dari pusat Kota Bogor, jalan menuju Geopark Ciletuh Sukabumi dapat kamu awali dengan melintasi Tol Bocimi. Setelah melintasi Tol Bocimi, keluarlah dari tol dan menuju ke Jalan Raya Sukabumi, kemudian menujulah ke Jalan Raya Sukaraja-Sukabumi. Selanjutnya, kamu akan menemukan Pertigaan Pamuruyan.

Dari pertigaan Pamuruyan, bergeraklah ke arah Cibadak, kemudian tempuhlah jalur Pelabuhan Ratu-Ciletuh. Selanjutnya, kamu harus bergerak menuju Simpang Loji. Beloklah ke kanan hingga sampai di kawasan Ciemas, dan tak lama kemudian kamu akan sampai di lokasi Geopark Ciletuh Sukabumi.

Jam Buka & Tiket Masuk Geopark Ciletuh Sukabumi

Coba tebak, apa hal yang paling menyenangkan saat liburan? Saat paling menyenangkan saat liburan adalah mengetahui bahwa objek wisata tujuanmu buka selama 24 nonstop! Itulah yang terjadi pada kawasan wisata Taman Bumi Ciletuh. Objek wisata yang membentangi beberapa cagar alam ini ternyata tak menerapkan jam operasional secara khusus, alias buka selama 24 jam nonstop.

Berlibur ke objek wisata yang satu ini sangat cocok bagi Advonturers yang tak memiliki banyak budget untuk refreshing. Hal ini ditandai dengan harga tiket masuk Geopark Ciletuh Sukabumi yang sangat murah. Yup, harga tiket masuk Geopark Ciletuh Sukabumi adalah Rp 0, alias gratis! Tak perlu ragu lagi, objek wisata yang satu ini pasti mampu memberikan pengalaman wisata terbaik bagi Advonturers.

Fasilitas di Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi

Penginapan di Geopark Ciletuh (sumber: @geopark_ciletuh_sukabumi_ on Instagram)
Penginapan di Geopark Ciletuh (sumber: @geopark_ciletuh_sukabumi_ on Instagram)

Karena Taman Bumi Ciletuh merupakan kawasan wisata yang sangat luas dan terdiri dari banyak spot wisata, tak ada fasilitas khusus yang dimilikinya. Hanya saja, fasilitas yang paling menonjol di sana adalah penginapan. Penginapan Geopark Ciletuh Sukabumi pun terdiri atas banyak jenis yang bisa kamu sewa sesuai budget.

Jenis-jenis penginapan Geopark Ciletuh Sukabumi yang bisa kamu sewa terdiri dari cottage, homestay, dan villa. Hanya dengan biaya mulai dari Rp 200.000 saja, kamu sudah bisa bermalam dengan nikmat di penginapan yang memiliki fasilitas setara hotel berbintang. Adapun beberapa rekomendasi penginapan Geopark Ciletuh Sukabumi antara lain: Ladisa Geopark Ciletuh Inn, Penginapan Bukit Soca, dan Homestay Family Ciletuh.

Spot Wisata Unik di Taman Bumi Ciletuh

Advonturers semakin tak sabar untuk berwisata seru ke Taman Bumi Ciletuh? Berikut ini rekomendasi spot wisata menarik yang bisa kamu jelajahi di sana!

1. Pantai Geopark Ciletuh Sukabumi 

Geopark Ciletuh Sukabumi (sumber: @lenny_theodora on Instagram)
Geopark Ciletuh Sukabumi (sumber: @lenny_theodora on Instagram)

Taman Bumi Ciletuh merupakan bentangan dataran tinggi berlembah. Namun, siapa sangka kamu akan menemukan pantai di objek wisata yang katanya adalah wilayah dataran tinggi? Yup, bentangan kawasan wisata Taman Bumi Ciletuh berbentuk tapal kuda yang terbuka dari arah laut.

For your information, bentuk tapal kuda yang unik ini terbentuk dari sebuah proses geologi, lho. Alhasil, kamu bisa menemukan beberapa pantai Geopark Ciletuh Sukabumi di sini. Adapun pantai Geopark Ciletuh Sukabumi yang bisa kamu kunjungi antara lain: Pantai Ombak Tujuh, Pantai Cibulakan, dan Pantai Ujunggenteng.

2. Geyser Cisolok

Geyser Cisolok (sumber: @palabuhanratu_ on Instagram)
Geyser Cisolok (sumber: @palabuhanratu_ on Instagram)

Geyser Cisolok merupakan salah satu spot wisata menarik di wisata Geopark Ciletuh Sukabumi, bahkan menjadi satu-satunya geyser yang ada di Indonesia. Geyser merupakan sebuah tempat yang bisa menyemburkan uap ke atas. Bahkan, uap air yang menyembur dari Geyser Cisolok ini bisa mencapai 5 meter lho, guys. 

Fenomena unik ini nyatanya mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara. Daripada kamu semakin penasaran, lebih baik kamu segera berkunjung ke Geyser Cisolok ini, deh!

3. Gua Laut

Pemandangan Laut Ciletuh Geopark (sumber: @elisabethchrista on Instagram)
Pemandangan Laut Ciletuh Geopark (sumber: @elisabethchrista on Instagram)

Gua Laut merupakan fenomena di mana zona lemah dari suatu kawasan dihantam oleh ombak laut yang dahsyat. Fenomena seperti ini nyatanya pernah terjadi di kawasan wisata Taman Bumi Ciletuh. Akibat adanya peristiwa ini, akhirnya bekas hantaman ombak tersebut membentuk gua laut yang indah di kawasan wisata yang satu ini. 

Batuan serta pasir yang terbawa oleh gelombang air laut tersebut bahkan menciptakan proses erosi tambahan di bagian dinding gua laut ini. Adapun beberapa gua laut di kawasan wisata Taman Bumi Ciletuh yang dimaksud antara lain Gua Laut Sodong Parat dan Gua Laut Kunti.

4. Air Terjun Geopark Ciletuh

Air Terjun di Taman Bumi Ciletuh (sumber: @abdillahhw on Instagram)
Air Terjun di Taman Bumi Ciletuh (sumber: @abdillahhw on Instagram)

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, kawasan wisata geopark yang satu ini terdiri dari banyak spot wisata menarik. Karena sebagian daerahnya merupakan dataran tinggi, pasti identik dengan keberadaan air terjun. Benar! Kamu dapat menemukan beberapa Air Terjun Geopark Ciletuh di sini.

Air terjun yang ada di kawasan wisata ini memiliki eksotisme yang tidak kalah dengan air terjun lain yang ada di Nusantara. Setidaknya, ada delapan titik Air Terjun Geopark Ciletuh yang bisa kamu kunjungi di sini. Kumpulan air terjun tersebut seperti: Curug Cikaret, Curug Awang, Curug Cikanteh, Curug Sodong, Curug Puncak Manik, Curug Puncak Jeruk, Curug Tengah,: dan Curug Cigangsa. 

5. Gugusan Pulau Mini

Pantai di Salah Satu Gugus Pulau (sumber: @elisabethchrista on Instagram)
Pantai di Salah Satu Gugus Pulau (sumber: @elisabethchrista on Instagram)

Kawasan wisata Taman Bumi Ciletuh memiliki beberapa gugusan pulau kecil yang terbentuk dari proses abrasi. Pulau-pulau kecil ini turut menjadi salah satu spot wisata favorit wisatawan kala mengunjungi Geopark Ciletuh. Setidaknya, ada empat gugusan pulau kecil di sini.

Keempat gugusan pulau ini memiliki daya tariknya masing-masing. Bila Advonturers ingin mengunjungi pulau-pulau ini, kamu harus menyeberang menggunakan perahu yang berangkat dari Pantai Palangpang. Empat gugusan pulau-pulau kecil ini antara lain: Pulau Mandra, Pulau Manuk, Pulau Karang Daeu, dan Pulau Kunti.

6. Batuan Berbentuk Unik

Batuan di Pantai Taman Bumi Ciletuh (sumber: @putrisyakirahn on Instagram)
Batuan di Pantai Taman Bumi Ciletuh (sumber: @putrisyakirahn on Instagram)

Seperti namanya, yakni geopark, sudah pasti tempat wisata yang satu ini memiliki banyak hal unik yang berhubungan dengan geologi. Hal ini salah satunya dibuktikan keberadaan batuan berbentuk unik yang menyerupai hewan, bahkan menyerupai motif batik, lho. Unik banget, kan?

Batuan unik yang ada di sini ditengarai merupakan hasil endapan yang terbentuk sekitar 45 juta tahun lalu, dan tergolong dalam jenis batuan pasir kuarsa. Uniknya lagi, batuan-batuan ini terbentuk secara alami, lho. Jadi bila kamu berpikiran bahwa batuan ini berbentuk menyerupai hewan, motif batik, bahkan alien, ingatlah bahwa batuan ini terbentuk tanpa campur tangan manusia. Keunikannya sungguh natural!

Baca juga: Ranca Upas Bandung: Spot Wisata & Tiket Masuk Desember 2021

Itulah tadi beberapa informasi yang bisa Advontura sajikan mengenai Geopark Ciletuh Sukabumi. Di antara banyak spot wisata yang terbentang seantero kawasan wisata ini, manakah yang paling menarik hati Advonturers untuk dikunjungi? Yang jelas, semua spot wisata di sini sungguh menarik dan sayang untuk dilewatkan. Jangan sampai Taman Bumi Ciletuh nggak masuk dalam kantong antrian destinasi liburan kamu!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *