Tiket Masuk Dusun Semilir Semarang, Fasilitas dan Wahananya

dusun semilir
Daftar isi

Dusun Semilir merupakan salah satu tempat wisata yang mungkin masih terdengar asing di kalangan masyarakat Indonesia. Dusun ini merupakan sebuah objek wisata yang mengangkat konsep perpaduan antara seni dan zaman modern.

Nama ‘semilir’ merupakan terjemahan bahasa Jawa dari ‘sejuk’. Maka dari itu, tak heran apabila suasana di tempat ini terasa tenang dan nyaman karena letaknya jauh dari keramaian kota.

Tempat ini dapat menjadi pilihan utama destinasi liburan di Kabupaten Semarang. Penasaran untuk mengetahui lebih lanjut? Dalam artikel ini, advontura telah membahas secara detail dan lengkap terkait informasi mengenai Dusun Semilir.

Apa itu Dusun Semilir?

Dusun wisata ini berada di tempat yang cukup strategis (300 meter dari pintu keluar Tol Bawen). Tempat ini memberikan pesona alam pedesaan yang ditata dengan konsep modern yang apik. Dusun Semilir akan memanjakan pengunjung dengan berbagai macam wahana dan fasilitas yang menarik. Dusun ini juga sering disebut sebagai ‘surga para pecinta foto Instagrammable’.

Apa saja wahana yang tersedia di Dusun Semilir?

Dusun semilir memiliki berbagai macam wahana yang indah dan menakjubkan. Secara total, terdapat 6 kategori wahana yang wajib untuk kalian kunjungi!

Alas Tirta

Kalian akan merasa seperti berada di hutan tropis yang luar biasa indah. Terdapat berbagai macam spot foto dengan latar belakang patung, hiasan, ornamen modern yang instagrammable. Pengunjung juga dapat melihat binatang seperti berang-berang, ikan, angsa dan burung.

Artikel Terkait

Alun Eropa

Kawasan ini akan membawa kalian untuk jalan-jalan singkat mengelilingi benua Eropa. Pengunjung dapat berfoto dengan nuansa khas kota-kota di Eropa seperti Venesia, Mykonos dan kota-kota di Paris. Terdapat juga wahana mendayung di sungai serta kereta api antik.

Banyu Biru

Kawasan Banyu Biru menyediakan danau buatan dengan konsep bohemianisme. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bermain air di tepian danau menaiki kapal buatan, maupun bersantai di gazebo. Terdapat juga air mancur menari yang unik.

Jalan Kenangan

Jalan Kenangan merupakan salah satu tempat favorit para wisatawan yang berkunjung. Di area ini, kalian dapat menemukan beragam penjual makanan, minuman dan souvenir khas. Sepanjang jalan ini dihiasi ornamen unik penuh dengan lampu warna-warni yang indah yang pastinya instagrammable.

Jembatan Senggol

Jembatan Senggol merupakan jembatan gantung. Jika kalian melihat bagian bawah jembatan, terdapat taman buatan yang memanjakan mata. Di sepanjang jembatan, terdapat penjual cinderamata dan oleh-oleh khas Semarang. Jembatan ini juga menjadi tempat di Dusun Semilir yang tidak pernah dilewatkan wisatawan. Terdapat berbagai macam hiasan menarik yang dapat menjadi objek foto.

Kandangan

Kandangan merupakan sebuah kandang burung raksasa dengan tinggi lebih dari 20 meter. Kandang ini memiliki bentuk unik seperti bangunan klasik khas Eropa. Pengunjung dapat secara langsung melihat dan berinteraksi dengan berbagai macam jenis burung di kawasan ini.

Perosotan

Siapa yang tidak mengetahui perosotan pelangi yang sempat viral di Instagram beberapa waktu yang lalu? Lokasi perosotan tersebut berada di Dusun Semilir. Perosotan ini memiliki tinggi 30 meter dan panjang 150 meter. Pengunjung dapat merasakan sensasi dan adrenalin yang sangat seru. Terdapat juga spot foto dengan latar belakang balon udara.

Baca juga: Pesona Keindahan Alam 6 Desa Wisata di Indonesia

Fasilitas di  Dusun Semilir

Wisata Dusun Semilir semarang
Dusun Semilir (photo by getlost.id)

Fasilitas di tempat wisata ini sudah tidak perlu untuk diragukan lagi. Terdapat berbagai macam fasilitas sebagai berikut:

Dusun Villa

Ingin merasakan sensasi menginap ala sultan? Dusun Villa menjadi solusi dan pilihan yang tepat bagi kalian. Penginapan ini memiliki gaya bohemianisme yang dijamin unik dan fantastis. Desain tempat yang terlihat mewah dan menarik membuat pengunjung penasaran karena tempat ini masih dalam tahap pembangunan.

Gunungan Resto & Bar

Gunungan Resto & Bar menjadi tempat makan dengan desain elegan dan konsep fine dining  yang wajib untuk kalian kunjungi. Terdapat berbagai menu makanan dan minuman khas nusantara yang rasanya dijamin lezat. Pengunjung juga dapat panorama luar (gunung dan gedung utama Dusun Semilir yang berbentuk mirip stupa Candi Borobudur dari area the Panorama.

Cemilan Indonesia

Di tempat ini pengunjung dapat menjumpai dan membeli berbagai macam cemilan khas nusantara dengan harga terjangkau. Tentu kalian ingin memberikan oleh-oleh bagi keluarga tercinta di rumah bukan?

Warisan Indonesia

Tempat ini menjual beragam barang-barang kerajinan khas Indonesia produksi pengrajin lokal. Kalian dapat mendukung perkembangan industri lokal dengan membeli barang di tempat ini.

Sepoi – Sepoi Foodcourt

Bagi kalian yang lapar setelah berjalan mengelilingi Dusun Semilir dapat mampir ke Sepoi-Sepoi Foodcourt. Terdapat berbagai jenis makanan khas nusantara yang lezat dengan harga kaki lima berkisar antara Rp. 5000 – Rp. 40000. Murah bukan? Kalian dapat dengan mudah menjumpai makanan khas legendaris seperti Soto Pak Keri, Sate Sapi Bumbon, Es Congli, Kopi Eva hingga Nasi Goreng Babat.

Owl Cafe

Owl Cafe berada di dekat puncak wahana perosotan. Di tempat ini kalian dapat membeli minuman dan makanan unik dan murah serta sambil menikmati pemandangan sekitar dari ketinggian.

Bale Agung

Apakah kalian merupakan pasangan yang sedang berencana untuk menikah? Bale Agung dapat menjadi pilihan untuk membuat momen berharga kalian menjadi lebih spektakuler. Tempat ini memiliki kapasitas hingga 800 orang. Bale Agung dengan kualitas  bintang 5 sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat acara pernikahan, pesta maupun indoor gathering.

Selain itu, terdapat fasilitas umum seperti toilet, musala dan ruang menyusui. 

Baca juga: Desa Wisata Gamplong Jogja: Instagramable nan Hits

Harga Tiket Masuk  Dusun Semilir?

Jangan khawatir soal harga! Walaupun fasilitas yang ditawarkan dalam tingkat sultan, kalian masih bisa membeli tiket dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut rinciannya:

Harga Tiket Masuk (weekday) Rp. 20000

Harga Tiket Masuk (weekend) Rp. 25000

Harga Tiket Wahana Rp. 10000 – Rp. 20000

Advontura sarankan juga untuk secara rutin melihat pembaharuan informasi dari pihak manajemen tempat wisata ini melalui akun instagram @dusunsemilir. Sering terdapat berbagai informasi mengenai paket hemat dari wahana wisata ini.

Dimana lokasi Dusun Semilir?

Lokasi Dusun Semilir Semarang, Jawa Tengah
Lokasi Dusun Semilir (Photo by sovialida.com)

Dusun Semilir tepatnya terletak di Jl. Soekarno Hatta 49, Ngemplek, Semarang, Jawa Tengah. Kalian membutuhkan waktu sekitar 30 – 60 menit untuk menuju tempat wisata ini dari titik pusat Kota Semarang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Terdapat 2 jalur yang bisa menjadi pilihan yakni jalur Tol Tembalang-Ungaran (kisaran waktu 30 menit) dan jalur umum Ungaran Barat (kisaran waktu 50 – 60 menit).

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk berkunjung ke Dusun Semilir? Segera jadwalkan kunjungan anda bersama orang terdekat. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (memakai masker, cuci tangan, jaga jarak) selama berkunjung ke tempat ini.

Baca juga: Desa Wisata Pulesari – Budaya Hingga Harga Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *