Dunia Fantasi Ancol (Dufan) : Harga Tiket Wahana, & Jam Buka

Dufan Fantasi Ancol
Photo by bisniswisata.co.id
Daftar isi

Sobat Advontura tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan salah satu wisata populer di Jakarta Utara yang selalu menarik minat wisatawan? Yup, apalagi kalau bukan Dunia Fantasi Ancol atau biasa disebut dengan Dufan.

Dufan merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Taman Impian Jaya Ancol. Area wisata taman bermain ini menghadirkan berbagai macam jenis wahana dengan sensasi berbeda-beda, mulai dari yang menyenangkan hingga permainan pemacu adrenalin. Penasaran seperti apa penampakan wisata Dufan Jakarta (Dunia Fantasi Ancol) selengkapnya? Yuk baca artikel berikut sampai habis.

Wisata Dunia Fantasi Ancol

Dnia fantasi ancol jakarta
Dunia Fantasi Ancol (Photo by travel.kompas. com)

Dunia Fantasi Ancol (Dufan)  memiliki luas lahan mencapai 9,5 hektar. Dimana destinasi liburan berikut menjadi taman bermain pertama  di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1985.

Kawasan wisata ini merupakan bagian dari wilayah Taman Impian Jaya Ancol yang sudah lebih dulu beroperasi di tahun 1968. Lokasi wisata ini memiliki maskot berbentuk monyet bekantan yang diberi nama Dufan.

Pemilihan monyet bekantan sebagai maskot ditujukan untuk mengingatkan masyarakat bahwa dulunya Dufan Jakarta merupakan kawasan area monyet bekantan yang termasuk jenis satwa langka dilindungi.

Artikel Terkait

Taman bermain berikut diperuntukkan bagi segala usia, tak terkecuali anak-anak dan orang dewasa. Oleh sebab itu, Dunia Fantas Ancol sangat cocok dijadikan tujuan rekreasi bersama keluarga, rekan ataupun pasangan saat akhir pekan.

Wahana Dufan 

Saat mengunjungi Dufan Jakarta, tidak lengkap rasanya apabila sobat advontura tidak mencoba semua wahana yang telah disediakan di sini. Terdapat beberapa wahana permainan yang dibagi berdasar tema dan ciri khasnya sendiri. 

Pembagian ini dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan imajinasi wisatawan ketika berjalan-jalan di sekitar area. Macam-macam kawasan area wahanya yaitu:

Kawasan Jakarta

Kawasan Jakarta berada di depan gerbang masuk Dufan Jakarta, pengunjung dapat melihat rumah khas betawi dan meriam si Jagur yang merupakan icon pejuang betawi saat melawan Belanda tempo dulu.

Pengunjung juga dapat menemukan wahana Turangga Rangga  yang merupakan ciri khas dari kawasan Jakarta tersebut. Permainan ini lebih dikenal dengan sebutan komedi putar dan cocok dinikmati oleh seluruh kalangan mulai dari anak kecil hingga orang tua sekalipun.

Kawasan Indonesia

Di dalam area Indonesia Dufan, wisatawan dapat menemukan wahana Alap-Alap dan Tornado  yang dijamin akan memacu adrenalin. Alap-Alap adalah wahana permainan yang mirip dengan halilintar Dufan hanya saja berukuran lebih kecil. Permainan ini akan mengajak pengunjung untuk berputar sebanyak 3 kali. Namun tenang saja, sebab wahana berikut tidak seseram Halilintar Dufan. Berani mencoba?

Sementara, Tornado Dufan merupakan permainan pemacu adrenalin yang akan membuat pengunjung jungkir balik di atas udara. Anda harus menyiapkan mental dan fisik sebelum mencoba wahana satu ini.

Tidak hanya itu disini pengunjung yang datang juga dapat berwisata kuliner di kawasan ini. Terdapat beberapa stand yang menyajikan makanan khas Indonesia seperti ayam bakar, sate dan lain sebagainya.

Kawasan Eropa

Di kawasan ini pengunjung akan menemukan wahana Kicir-Kicir bernama Power Surge yang membuat pengunjung merasakan putaran 360° dengan kecepatan tinggi. 

Ada juga wahana Hysteria yang mampu membuat pengunjung berteriak ketakutan. Anda akan merasakan sensasi dilempar ke atas dalam waktu singkat dan dijatuhkan dengan cepat. 

Selain itu, Anda juga bisa menemukan Istana Boneka hingga Panggung Maksima Dufan yang merupakan area panggung untuk para musisi, koreografer serta dramawan jika ingin mementaskan karyanya.

Kawasan Fantasi Hikayat Dufan

Area ini menghadirkan beberapa wahana yang mampu menarik perhatian anak-anak seperti wahana Burung Tempur, Galactica: A Battle For Mars dan Rajawali 

Burung Tempur merupakan salah satu wahana favorit bagi anak-anak di Dufan Jakarta. Sebab mereka akan diajak seakan-akan melayang dan berputar 360° di ketinggian 15 meter. 

Kawasan Fantasi Yunani Dufan

Dari seluruh wilayah yang ada di Dufan, kawasan inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Sebab mampu mendebarkan jantung para pengunjung.

Wahana-wahana tersebut yakni Halilintar Dufan, Ombang Ambing, Ontang Anting 1.0, Arum Jeram, Hikayat Games, Teater Simulator, dan Pentas Prestasi.

Tidak hanya itu, pengunjung pun akan merasa seperti berada di zaman dewa-dewa Yunani. Dimana interior bangunannya didominasi oleh cat putih dan dilengkapi dengan khas era mitologi Yunani zaman dulu.

Kawasan Amerika Dufan

Di kawasan berikut pengunjung akan merasakan nuansa Amerika di abad 20an. Di sini, Anda akan menemui koboi yang menjadi primadona, patung kuda hitam besar, kereta kuda ala koboi hingga bangunan-bangunan unik ala abad 20.

Terdapat pula wahana seperti Rumah Kaca, Niagara-Gara, Poci-Poci, Rango-Rango, Tembak Jitu, Kereta Misteri, restoran hingga charging point untuk mengisi daya baterai gadget Anda secara gratis.

Kawasan Asia

Kawasan yang memiliki ornamen khas Asia ini memiliki beberapa wahana yang bisa Anda coba yakni Bianglala, Baku Toki, Gajah Bledug, Kora-kora, hingga area Indoor Dufan.

Salah satu icon Ancol yaitu bianglala selalu menjadi wahana favorit pelancong. Kincir berukuran besar tersebut akan mengajak wisatawan melihat indahnya pemandangan Ancol di ketinggian mencapai kurang lebih 30 meter.

Kawasan Dunia Kartun

Kawasan yang memiliki arsitektur bangunan menggemaskan, lucu, beraneka warna layaknya khas dunia kartun membuat tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan khususnya anak-anak. 

Area kawasan tersebut juga dilengkapi wahana seperti Ontang Anting 2.0, Zig-zag, Baling-baling, Turbo Drop, Paralayang, Caravel, Kolibri, dan Fantastique Magic Fountain Show 2.0

Baca Juga: Jakarta Aquarium Neo SOHO – Tiket Masuk dan Promonya

Wahana di Dunia Fantasi Ancol
Wahana di Dunia Fantasi Ancol (Photo by travelspromo. com)

Harga Tiket Dufan

Menjelang hari libur Natal dan tahun baru, harga tiket Dufan tahun 2021 bisa dibilang cukup terjangkau dengan berbagai keseruan yang bisa Anda rasakan. Saat memasuki pintu masuk Ancol, pengunjung akan dikenai tarif tiket Dufan sebesar Rp 25.000/mobil, Rp 15.000/motor dan Rp 45.000 untuk bus pariwisata.

Namun harga tiket masuk Dufan sendiri cukup bervariasi tergantung dengan fasilitas wahana yang nantinya bisa Anda nikmati. Tarif tiket Dufan dimulai yang paling murah yaitu Tiket Reguler seharga Rp 225.000 saat weekday dan Rp 295.000 ketika weekend. 

Kemudian terdapat pula six month pass Dufan (Ecard)+ Regular Ancol tarif Rp 247/tiket. Selanjutnya, Tiket Ecard six month pass + Samudra + Ancol sebesar Rp 276.000/tiket.

Terakhir, Anda juga bisa membeli tiket Annual Pass (Ecard) + Reguler Ancol sebesar Rp 322.000. Dengan menggunakan tiket ini pelancong akan bebas mengunjungi kawasan wisata Dufan Jakarta tanpa membayar lagi selama 1 tahun sejak pembelian tiket tersebut. Bagi anak-anak dengan tinggi di bawah 100 cm dan lansia berusia lebih dari 65 tahun tidak akan dikenakan tarif tiket masuk lokasi Dufan.

Jam Buka Dufan Jakarta

Pengunjung dapat menikmati area taman bermain Dufan Jakarta setiap hari. Jam buka dimulai dari pukul 10.00 hingga pukul 17.00.

Alamat Dunia Fantasi

Bagi pengunjung yang ingin berlibur ke taman bermain ini, alamat Dunia Fantasi Ancol berada di Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Alamat Dunia Fantasi ini berjarak kurang lebih 8 hingga 12 km dari Monumen Nasional (Monas) dan membutuhkan waktu tempuh selama 26 menit hingga 32 menit untuk sampai di titik lokasi. 

Hotel Dekat Dunia Fantasi Ancol

Setelah lelah menikmati wahana wahana Dufan Jakarta, pengunjung bisa beristirahat dengan bermalam atau menginap di hotel ataupun penginapan yang letaknya tidak jauh dari kawasan wisata tersebut.

Banyak sekali pilihan hotel dan penginapan yang bisa Anda temukan di dekat area kawasan wisata Dufan dengan berbagai pilihan harga dan fasilitas yang menarik. 

Beberapa rekomendasi hotel dekat Dunia Fantasi Ancol adalah Putri Duyung Resort, Mercure Convention Center Ancol, Discovery Ancol, dan Aston Marina Ancol.

Demikian informasi mengenai wisata dan wahana Dufan Jakarta (Dunia Fantasi Ancol). Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda untuk dijadikan referensi liburan bersama keluarga. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata seru lainnya!

Baca Juga: Taman Mini Indonesia Indah – Sejarah, Alamat, & Tiket

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *