Desa Wisata Pujon Kidul Malang: Sejuk nan Segar

desa wisata pujon kidul
Daftar isi

Arek Malang, sudahkah kalian berkunjung ke salah satu destinasi populer Desa Wisata Pujon Kidul Malang? Tentunya sudah dong! Bagaimana dengan yang tinggal di luar kota Malang? Yuk kemas pakaian dan langsung menuju Desa Wisata Pujon. Sangat recommended!

Pesona keindahan alam Kota Malang dan sekitarnya memang tidak perlu diragukan lagi. Kota Malang telah menjadi salah satu kota yang paling sering dijadikan destinasi tujuan berlibur masyarakat. Pilihan destinasi berlibur mulai dari museum, kebun binatang, taman bermain anak, hingga cafe dengan tema unik ditawarkan oleh Kota ini.

Tidak hanya karena berbagai macam wisata populer yang dimilikinya, sejuknya udara di Kota ini membuatnya lebih menarik jika dibandingkan dengan kota lainnya. Salah satu objek wisata yang sedang banyak menyita perhatian masyarakat adalah Desa Wisata Pujon Kidul Malang Jawa Timur.

Bagi masyarakat Malang dan sekitarnya keberadaan Desa Wisata Pujon Malang ini pasti sudah tidak asing lagi. Desa Wisata yang terletak di kabupaten Malang ini sangat cocok dijadikan pilihan untuk wisatawan yang ingin merasakan sejuknya udara pegunungan ditemani dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata.

Desa Wisata Pujon Malang terletak di bagian barat dari Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sekitar 30 kilometer dihitung dari pusat kota Malang. Jika lalu lintas lancar tanpa macet, wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam.

Artikel Terkait

Wisatawan yang mulai bosan dengan destinasi wisata populer seperti Jawa Timur Park, Museum Angkut, atau wisata lain dapat mencoba berkunjung ke Desa Wisata yang berada di Pujon untuk merasakan sensasi alam yang berbeda. Destinasi wisata ini cocok dipilih untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari – hari bersama keluarga maupun teman.

Untuk tiket masuk Desa Wisata Pujon Kidul Malang pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000. Tiket masuk Desa Wisata Pujon Kidul Malang tersebut dapat digunakan sebagai voucher atau kupon dan pengunjung dapat menukarkannya dengan makanan atau minuman. Bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir.

Pengelola kawasan Desa Wisata telah menyiapkan tempat parkir yang luas dan mampu menampung kendaraan dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk biaya parkir, pemilik kendaraan hanya perlu membayar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat dan RP. 2.000 untuk kendaraan bermotor.

Namun harga yang tertera tersebut dapat berubah sewaktu – waktu tergantung kebijakan pengelola. Desa Wisata Pujon Kidul Malang dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore untuk hari senin – jumat, sedangkan untuk hari sabtu dan minggu Desa Wisata ini buka lebih lama yaitu mulai pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam. 

Fasilitas Menarik

Desa Wisata yang dikelola langsung oleh warga sekitarnya ini menawarkan berbagai fasilitas menarik yang dapat membuat pengunjung betah menghabiskan waktunya disini. Warga sekitar benar – benar mengelola Desa Wisata ini dengan semaksimal mungkin. Desa Wisata Pujon Kidul Malang kini sedang ramai dibicarakan karena keindahan pemandangan alam yang dimilikinya dan juga berbagai fasilitas yang cukup beragam.

Banyak pilihan wahana permainan yang ditawarkan oleh pengelola antara lain kegiatan outbound, persewaan ATV dan motor trail mengelilingi area perkebunan dan pertanian di sekitar kawasan Desa Wisata, paintball, panahan, camping, menunggang kuda, pemerahan susu, hingga kegiatan pertanian seperti memetik tomat, cabai, tumbuhan herbal dan juga membuat biogas.

Namun ada beberapa kegiatan yang hanya bisa dilakukan jika telah melakukan reservasi sebelumnya. Selain digunakan untuk mengelilingi kawasan Desa Wisata, untuk penyewaan ATV dan juga motor trail pengelola juga telah menyediakan arena putaran berkelok yang dapat digunakan untuk bermain.

Dalam sekali sewa pengunjung dapat bermain selama 10 putaran jika menyewa ATV, dan 7 putaran jika menyewa moto trail. Bagi pengunjung yang ingin wisata edukasi bisa memilih kegiatan pemerahan susu sapi.

Tidak hanya cara memerah susu sapi, pengunjung juga dapat mempelajari bagaimana kegiatan para peternak sapi hingga proses pendistribusian susu. Dalam satu hari, sapi akan diperah susunya 2 kali pada pagi dan sore hari,

Salah satu objek yang paling banyak menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Desa Wisata milik Kecamatan Pujon adalah Cafe Sawah. Cafe yang memiliki menu makanan nikmat dilengkapi dengan beberapa pilihan spot foto yang instagramable ini membuatnya semakin banyak dinikmati.

Cafe sawah menawarkan pemandangan alam hamparan sawah padi dan Gunung Dorowati sebagai backgroundnya. Menikmati hidangan nikmat ditemani udara sejuk pegunungan serta lokasinya yang di tengah alam terbuka juga menambah nilai plus cafe yang berada dalam Desa Wisata ini.

Cafe Sawah mengusung tema outdoor dengan saung dan juga gazebo sebagai tempat untuk pengunjung menikmati makanannya. Jarak antara satu gazebo dengan gazebo lainnya dipisahkan oleh beberapa petak sawah padi yang membuat kesan alamnya semakin terasa.

Kawasan Desa Wisata sangat cocok dikunjungi oleh masyarakat perkotaan yang jarang menemui pemandangan alam yang menyegarkan pandangan. Tidak hanya suasananya saja yang membuat pengunjung betah, makanan dengan cita rasa nikmat dan harga yang sangat ramah dikantong juga merupakan alasan pengunjung menyukai tempat ini.

Harga dibanderol mulai dari Rp. 10.000 untuk makanan, sedangkan untuk minuman harga mulai dari Rp. 4.000 saja. Cafe Sawah menjual makanan dengan menu sederhana seperti sayur lodeh, sayur pedas, dan olahan sayur lainnya.

Pengunjung yang berasal dari kota biasanya cenderung lebih tertarik untuk mencicipi makanan khas pedesaan yang sangat jarang mereka temui. Berbagai gorengan seperti tempe goreng, bakwan jagung, dan Mendol kentang juga tersedia sebagai teman untuk menyantap olahan sayur.

Setelah puas mengisi perut dengan makanan di Cafe Sawah, pengunjung biasanya akan mengelilingi Desa Wisata Pujon Kidul Malang untuk mencari spot foto menarik dan lain dari biasanya. Pemandangan alam yang indah membuat pengunjung selalu ingin mengabadikan pemandangannya melalui lensa kamera.

Selain pemandangan alam berupa hamparan sawah padi, Desa Wisata ini juga memiliki berbagai jenis bunga yang menghiasi di beberapa tempat. Bunga dengan berbagai jenis ditata dengan sedemikian rupa sehingga dapat memperindah tampilan objek wisata ini. Bagi kalian para pecinta bunga pasti sangat senang saat mengunjungi objek wisata yang berlokasi di Desa Pujon ini.

Bunga – bunga ini juga biasanya dijadikan sebagai salah satu objek untuk wisatawan mengambil foto. Beberapa pilihan spot foto yang unik dan menarik juga tersedia di Desa Wisata Pujon Kidul Malang Jawa Timur. Spot foto yang paling digemari oleh para pengunjung antara lain jembatan bambu berbentuk hati, taman bunga,dan juga pemandangan alam hamparan sawah padi.

Pengelola menyediakan berbagai pilihan spot foto dengan harapan agar pengunjung terutama pecinta selfie dapat merasa puas mengambil gambar sesuai keinginan mereka. Pengunjung dapat melakukan photoshoot ataupun foto prewedding di kawasan Desa Wisata.

Pengelola Desa Wisata telah menyiapkan paket foto prewedding dengan harga yang cukup terjangkau untuk pengunjung yang ingin melakukan sesi foto namun belum menyewa jasa photographer.

Tidak hanya spot foto, pengelola juga menyediakan fasilitas umum lain seperti toilet, musholla, hingga bangku duduk terbuat dari bambu. Semua fasilitas yang ada di Desa Wisata Pujon Kidul Malang Jawa Timur benar – benar dirawat dengan baik sehingga pengunjung selalu merasa nyaman selama berada disana. 

Baca juga: Desa Wisata Gamplong Jogja: Instagramable nan Hits

Permainan Seru Khas Desa Wisata Pujon Kidul Jawa Timur

Banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan di kawasan wisata Desa Wisata kebanggaan warga Pujon satu ini. Jadi para pengunjung yang membawa anak kecil tidak perlu khawatir lagi.

Karena lokasinya yang berada di alam terbuka, Desa Wisata ini juga telah dilengkapi dengan area playground berukuran besar yang dapat digunakan sebagai arena bermain anak. Pengunjung juga dapat mengajak anak untuk menikmati berbagai aktivitas seru seperti memberi makan ikan, mencari belalang, dan juga kegiatan alam lainnya. 

Tidak hanya permainan untuk anak, Desa Wisata ini juga mempunyai permainan seru menguji adrenaline yang patut untuk dicoba, The Roudh 78 namanya. The Roudh 78 merupakan salah satu destinasi favorit dari Desa Wisata Pujon Kidul Malang selain Cafe Sawah yang terkenal dengan sebutan Texasnya Pujon karena konsep dan juga permainan yang dimilikinya.

Berbeda dengan Cafe Sawah yang lebih cenderung dipilih untuk duduk bersantai sambil menikmati makanan dan pemandangan alam, The Roudh 78 sengaja dibuat untuk pengunjung yang ingin menikmati kegiatan fisik yang menarik dan cukup terkesan maskulin.

Hampir sama seperti lokasi lain di kawasan Desa Wisata, The Roudh 78 juga memiliki banyak spot foto instagramable yang unik dengan tema Texas. Bangunannya didominasi oleh kayu yang dibuat dengan gaya rustic.

Pengunjung dapat memilih permainan off road menggunakan jeep di arena luas milik The Roudh 78. Pengelola telah menyiapkan Jeep dan juga rute offroad yang dapat membuat pengunjung merasa seolah sedang berada dalam medan tempur sungguhan. Rute offroad ini mengelilingi kawasan sekitar Pujon Kidul sehingga jarak tempuhnya jauh dan cukup menghabiskan energi.

Selain itu disediakan juga permainan paintball dengan arena perang yang dapat membuat pengunjung merasakan sensasi seperti melawan musuh pada perang yang sesungguhnya. Jika merasa kegiatan off road dan perang paintball terlalu berat, pengunjung dapat memilih kegiatan menunggang kuda atau Horse Riding.

The Roudh telah menyediakan beberapa kuda yang siap ditunggangi oleh pengunjung mengelilingi kawasan Desa Wisata. Agar suasana ala koboi dari Texas lebih terasa, pengunjung dapat menyewa baju koboi sambil menunggangi kuda.

Tentu saja untuk menikmati kegiatan seru tersebut pengunjung akan membayar biaya tambahan sesuai dengan jenis kegiatan yang dipilihnya. 

Telah tersedia banyak penginapan yang dibuat khusus untuk pengunjung yang belum puas menikmati keindahan alam di kawasan Desa Wisata milik kecamatan Pujon Malang ini. Beberapa warga sekitar menyediakan homestay dengan fasilitas cukup lengkap namun harganya sangat terjangkau.

Pengunjung dapat menikmati dinginya udara malam pegunungan jika memilih menghabiskan malam dengan menyewa penginapan Desa Wisata Pujon Kidul. Keindahan sunrise di balik bukit Amping juga merupakan salah satu alasan pengunjung memilih menginap di penginapan Desa Wisata Pujon Kidul.

Suasana pedesaan yang hijau dan asri ditambah udara pegunungan yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung ingin menghabiskan hari di penginapan Desa Wisata Pujon Kidul.

Walaupun dibandrol dengan harga yang terjangkau, pengelola penginapan Desa Wisata Pujon Kidul tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar penginapan agar pengunjung selalu merasa nyaman selama menginap. Tersedia berbagai pilihan penginapan yang dapat dipilih oleh pengunjung sesuai kebutuhan masing – masing.

Baca juga: Desa Wisata Pulesari – Budaya Hingga Harga Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *