Desa Wisata Pentingsari: Desa Penuh Pesona di Jogja

desa wisata pentingsari
Photo by alodiatour.com
Daftar isi

Jogja merupakan sebuah kota dengan sejuta keindahan alam serta budaya yang menarik untuk dikunjungi. Banyak sekali tempat wisata yang indah dan menakjubkan yang ada di kota ini salah satunya yakni Desa Wisata Pentingsari. Berikut ulasannya.

Ada banyak hal yang dapat dinikmati di kota Yogyakarta mulai dari wisata alam,wisata edukasi, wisata budaya, dan juga wisata kuliner. Banyak sekali hal-hal baru yang dapat kita eksplor di Kota Gudeg ini. Selain itu saat ini Jogja juga tengah mengembangkan sebuah Desa Wisata yang bernama Desa Pentingsari.

Desa ini merupakan salah satu desa yang tengah dikembangkan dan sedang menjadi pusat perhatian. Mengapa demikian? Karena desa ini sangat unik dan menarik.

Keindahan desa ini mampu membuat para wisatawan penasaran dan ingin berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari ini untuk menikmati keindahannya. Berikut Advontura akan membahas dan mengulas mengenai keunikan Desa Pentingsari Jogja.

Keindahan Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari merupakan salah satu desa yang berada di Yogyakarta yang memiliki keunikan dan keindahan yang sangat luar biasa. Dari Kota Jogja untuk menuju Desa Wisata Pentingsari ini menempuh jarak sekitar 23,2 km dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan.

Artikel Terkait

Desa ini berada di bawah Kaki Gunung Merapi maka wajar saja suasana desa ini sangat sejuk dan udaranya sangat segar. Suasana Desa Wisata Pentingsari ini sangat sejuk dipagi hari bahkan hingga sore hari.

Sebenarnya desa ini merupakan sebuah dusun yang sedang dikembangkan menjadi sebuah desa wisata pada tahun 2008. Setiap harinya banyak sekali wisatawan yang mengunjungi desa ini baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. 

Desa Wisata Pentingsari ini juga menjadi salah satu pelopor desa wisata yang berada di Kawasan Yogyakarta. Desa Wisata Pentingsari berada di Desa Umbulharjo,Kecamatan Cangkringan,Kabupaten Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta.

Desa ini selain menawarkan wisata alam dengan view yang menarik dan juga menawarkan wisata budaya yang membuat daya tarik tersendiri pada desa ini.

Budaya serta adat istiadat yang masih lestari hingga saat ini merupakan ciri khas dan nilai tambah bagi desa ini. Desa ini menyimpan begitu banyak keunikan serta keindahan alam yang sulit sekali dijumpai saat ini terlebih desa ini masih begitu asri dengan nuansa pedesaan yang sangat kental.

Bagi kalian yang ingin rileks sejenak dari kepenatan sehari-hari bisa mendatangi kawasan Desa Pentingsari Jogja ini sebagai tempat berlibur.

Disini kalian dapat melakukan banyak hal baru yang dapat merilekskan pikiran anda sejenak,selain itu suasana pedesaan yang sangat kental terasa dengan udaranya yang sejuk nan asri serta kearifan lokalnya akan membuat kalian merasa nyaman berlama-lama di desa ini.   

Desa Wisata Pentingsari ini berbentuk semenanju ng dimana pada bagian barat terdapat sebuah lembah yang cukup curam yaitu adanya sungai kuning dan pada bagian selatan tterdapat sebuah gua yang sangat luar biasa yang disebut dengan gua Ledok/Ponteng dan Gondoran.

Pada bagian timur berhubungan langsung dengan hamparan tanah yang cukup luas di Kelurahan Umbulharjo hingga pelataran Gunung Merapi Yogyakarta. 

Hal-hal menarik yang ada di Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari
Desa Pentingsari (Photo by visitingjogja.com)

Adanya Pendopo Herbal

Perlu diketahui ternyata ada sebuah Pendopo Herbal Di Desa Pentingsari Yogyakarta. Terdapat bermacam-macam jenis tanaman obat yang dibudidayakan di Pendopo ini. Disini kalian juga akan mendapatkan pengetahuan serta informasi mengenai jenis-jenis tanaman obat serta manfaatnya.

Camping Ground

Bagi kalian yang suka camping Desa Pentingsari Jogja ini menyediakan camping ground yang bisa kalian gunakan untuk camping. Camping di desa ini akan terasa berbeda karena nuansa pedesaan nya yang begitu sejuk serta pemandangan yang begitu indah.

Camping ground ini biasa digunakan anak-anak sekolah untuk acara kemah pramuka, selin itu camping ground ini juga digunakan untuk acara-acara outbond yang seru.

Selfie Spot

Tak jauh dari kawasan camping ground juga tersedia sebuah spot berfoto. Banyak para wisatawan yang menggunakan spot foto ini untuk mengambil selfie dan mengabadikan momen indah. Selain itu latar belakang pemandangan pedesaan yang indah juga menjadikan spot foto ini menjadi tempat foto yang unik dan instagramable untuk para milenial yang hobi berfoto. 

Seni Karawitan

Selain menikmati keindahan alam kalian juga dapat belajar mengenai kebudayaan desa ini loh, diantaranya yaitu seni karawitan jawa. Penduduk Desa Pentingsari Yogyakarta ini masih melestarikan seni karawitan jawa hingga saat ini.

Bahkan disini kalian pun akan diajari bagaimana cara memainkan karawitan yang akan dipandu oleh tokoh masyarakat yang ada disana. Karena seni karawitan ini merupakan sebuah budaya asli jawa yang harus terus dilestarikan dan diperkenalkan pada generasi-generasi muda Indonesia untuk tetap mencintai budaya asli Indonesia. 

Kerajinan Janur

Di Desa ini warga Desa Pentingsari Jogja juga sangat kreatif dan inovatif, mereka membuat sebuah kerajinan yang berbahan dasar janur. Janur ini dibuat menjadi beberapa bentuk yang menarik seperti gunung, pecut, burung, keris, belalang, payung dan lain-lain.

Kalian juga akan melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan ini,jika kalian penasaran dan ingin coba membuat kerajinan kalian akan diajari dan dipandu langsung oleh masyarakat sekitar untuk membuat kerajinan janur yang baik dan menarik. Kerajinan ini juga bisa kalian beli sebagai oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 15.000.  

Tempat Budidaya Kopi

Disini juga ada Tempat Budidaya Kopi, para pengunjung dapat melihat proses pemetikan kopi,pengemasan hingga penyajian kopi yang dilakukan secara profesional.

Para wisatawan juga dapat belajar mengenai budidaya kopi yang dikembangkan oleh masyarakat Desa Wisata Pentingsari,selain itu kalian juga bisa mencicipi kelezatan kopi yang terkenal dari hasil olahan kelompok tani Desa Pentingsari Jogja. Saat berkunjung ke wisata ini jangan lupa untuk mencicipi kopi ini ya sahabat Advontura.

Baca juga: Desa Wisata Pujon Kidul Malang: Sejuk nan Segar

Objek wisata menarik di Desa Wisata Pentingsari yang bisa kalian coba

Pancuran Suci Sendangsari

Pancuran Suci Sendangsari dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat bertemunya Jaka Tarub dan Dewi Nawang Wulan,selain itu air dari tempat ini dipercaya dapat membuat awet muda serta dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit apabila air tersebut diminum ataupun dibuat cuci muka.

Objek wisata ini sedikit memiliki nuansa mistis namun tenang saja tempat ini memiliki view dan pemandangan yang indah dari lembah sungai kuning.  

Rumah Joglo

Dapat diketahui Rumah Joglo merupakan sebuah rumah adat Jawa Tengah Dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Rumah Joglo dapat kalian temui di Desa Wisata Pentingsari ini yang berada tepat di poros desa tersebut.

Selain itu Rumah Joglo ini memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri yang membuat rumah joglo ini terlihat begitu indah dan mempesona. Rumah Joglo juga digunakan masyarakat sekitar sebagai tempat pertemuan, sebagai tempat pentas seni budaya serta tempat diklat masyarakat. 

Luweng

Luweng merupakan salah satu bukti perjuangan Pangeran Diponegoro saat mengusir para penjajah Belanda yang ada di Jogja pada zaman dahulu.

Zaman dahulu luweng digunakan masyarakat sebagai alat masak yang digunakan warga Desa Pentingsari Jogja  untuk menyediakan konsumsi bagi para tentara Pangeran Diponegoro saat mengusir penjajah. Selain itu luweng juga digunakan sebagai tempat persembunyian apabila dalam posisi yang berbahaya dan mendesak pada saat itu. 

Batu Dakon

Batu Dakon yang ada di desa ini berbeda dengan batu dakon biasanya yang sering digunakan sebagai mainan anak-anak. Batu dakon ini memiliki nuansa mistis,konon katanya batu dakon ini masih berkaitan dengan luweng.

Pada zaman dahulu disaat masa perjuangan mengusir penjajahan belanda penduduk dan masyarakat sekitar Desa Wisata Pentingsari mempercayai batu dakon ini sebagai tempat mengatur strategi saat peperangan terjadi selain itu batu ini juga digunakan untuk meramalkan nasib seseorang.  

Wisata Alam

Letak Desa Wisata Pentingsari yang berada di kaki gunung membuat desa ini memiliki udara sejuk dan menyegarkan. Selain itu suasana pedesaannya sangat terasa begitu kental dengan banyaknya tumbuhan dan pohon-pohon tinggi,hamparan sawah yang sangat luas,serta suara ocehan burung yang jarang kalian jumpai di perkotaan.

Disepanjang jalan Desa Wisata Pentingsari kalian juga akan menjumpai masyarakat sekitar yang begitu ramah terhadap para wisatawan yang berkunjung ke desa pentingsari yogyakarta.

Penduduk sekitar juga gemar menanam berbagai jenis tanaman sayur-sayuran yang dikelola dan dirawat dengan sangat baik dengan warga sekitar hal ini lah yang memberikan nuansa berbeda dan daya tarik tersendiri bagi desa ini. 

Ponteng

Ponteng merupakan sebuah tempat pertemuan antara sungai pawon(tempuran) yang tepatnya berada di ujung selatan Desa Pentingsari Jogja dengan sungai kuning dimana tempat pertemuan ini terdapat sebuah gua yang mana gua ini ditempati oleh sebuah ular besar anak dari baru klinting. Tempat ini juga diyakini warga sekitar sebagai tempat yang memiliki nuansa yang cukup mistis dan bersejarah. 

Batu Persembahan

Batu ini merupakan sebuah batu yang dipercaya dan diyakini penduduk sekitar sebagai tempat persembahan untuk sebuah ular besar yang mendiami Ponteng.

Ular besar terebut merupakan anak baru klinthing yang sering singgah ke Gunung Merapi,persembahan yang diberikan pun berupa seekor kera yang berasal dari Gunung Merapi setiap bulan suro. Batu ini sampai saat ini masih dirawat dan dilestarikan dengan baik sebagai salah satu bentuk sejarah daerah sekitar yang memiliki nilai budaya yang besar.

Jalur Tracking

Desa Wisata Pentingsari ini memiliki lokasi yang berada diantara Dua Sungai yakni Sungai Pawon dan juga Sungai Kuning. Kondisi alam inilah yang membuat desa ini cocok digunakan sebagai jalur tracking dimana pengunjung dapat menyusuri sungai, melewati dan menikmati view hamparan sawah yang luas, menaiki dan menuruni tebing dengan terowongan yang cukup memacu adrenalin serta melewati rindang dan teduhnya pepohonan.

Kegiatan inilah yang pastinya banyak dicari wisatawan yang penasaran untuk mencoba keseruan tracking dengan rute yang sangat luar biasa. Tentu saja tracking dengan view luar biasa ini akan menjadi sebuah pengalaman luar biasa di Desa Wisata Pentingsari. 

Fasilitas yang ada di Desa Wisata Pentingsari

Di Desa Wisata Pentingsari terdapat beberapa fasilitas yang dapat pengunjung pergunakan. Ada masjid yang bisa kalian gunakan untuk beribadah disela-sela waktu berwisata.

Kalian juga bisa menyewa sebuah homestay apabila ingin merasakan ketentraman serta kedamaian desa ini. Dengan menyewa homestay kalian bisa merasakan nuansa pedesaan dengan pemandangan yang sangat luar biasa setiap harinya selain itu keramahan dan kearifan lokal warga sekitar yang sangat begitu terasa di desa ini pasti akan membuat kalian nyaman untuk tinggal di sini.

Terdapat tempat penjualan susu kambing khas Desa Pentingsari Jogja, disini kalian bisa mencicipi dan membeli susu asli yang merupakan hasil ternak kambing masyarakat sekitar.  Untuk parkir kendaraan hanya butuh membayar Rp 2000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5000 untuk kendaraan roda 4.

Harga Tiket Desa Wisata Pentingsari Jogja

Untuk memasuki kawasan wisata Desa Pentingsari Jogja belum dikenakan biaya sampai saat ini. Namun ada beberapa paket wisata dan atraksi yang dapat kalian nikmati dengan harga sebagai berikut:

Kunjungan pada objek perkebunan atau pertanian : Rp 7.500/orang

Atraksi panen padi : Rp 7.500/orang

Atraksi membajak sawah atau menanam padi : Rp 7.500/orang

Memancing ikan : Rp 10.000/orang

Sepak bola lumpur : Rp 5000/orang

Petualang : Rp 6000/orang

Outbound untuk anak Tk/SD : Rp 25.000/orang

Outbound untuk SMP-Mahasiswa : Rp 30.000/orang

Outbound untuk orang dewasa : Rp 35.000/orang

Belajar Gamelan : Rp 10.000/orang

Demikian informasi dan penjelasan mengenai Desa Wisata Pentingsari, semoga informasi diatas memberikan manfaat dan berguna bagi sahabat Advontura semuanya. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata selanjutnya.

Baca juga: Desa Penglipuran Bali yang Terkenal Hingga Mancanegara 

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *