Desa Wisata Gamplong Jogja: Instagramable nan Hits

desa wisata gamplong
Photo by Budi Sutrisno
Daftar isi

Berencana berlibur ke Desa Wisata Gamplong Jogja akhir pekan ini? Simak terlebih dahulu uraian berikut.

Travelling ke Yogyakarta dan daerah sekitarnya memang hal yang sangat menarik untuk dicoba. Yogyakarta dan sekitarnya memiliki ragam pesona alam yang menarik dan asyik untuk dikunjungi. Mulai dari pantai,gunung hingga panorama alamnya selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan berkunjung ke Jogja.

Salah satu tempat wisata yang unik adalah Desa Wisata Gamplong. Objek wisata ini merupakan salah satu tempat wisata baru yang dijadikan para pengunjung sebagai destinasi wisata,tempatnya yang bagus juga sangat cocok sekali untuk para kaum milenial yang suka foto-foto dan photography.tempat ini juga dijuluki sebagai Studio Gamplong hal ini dikarenakan Desa Wisata Gamplong ini pernah dijadikan tempat syuting film Bumi Manusia.

Desa wisata Gamplong ini menawarkan keindahan alam  yang sangat luar biasa  serta budaya yang dapat dinikmati wisatawan dalam satu tempat yaitu wisata gamplong jogja.  Bagaimana penasaran dengan destinasi wisata ini? Advontura akan membahas destinasi wisata yang satu ini untuk kalian yang suka travelling.  

Pesona Di Balik Lokasi Syuting Bumi Manusia

Desa Wisata Gamplong berlokasi di Kecamatan Moyudan,Sleman lebih tepatnya di Desa Sumber rahayu. Tempat wisata yang satu ini memang lagi booming dan populer di kawasan Jogja,hal ini dikarenakan tempat ini dijadikan tempat sebagai lokasi pengambilan gambar untuk film Indonesia yang berjudul Bumi Langit.

Artikel Terkait

Keberadaan tempat ini semakin dikenal oleh khalayak ramai dan setiap hari libur tiba tempat ini selalu ramai pengunjung yang membludak. Antusias pengunjung wisata yang sangat luar biasa membuat wisata yang memiliki keindahan yang instagramable ini cocok menjadi daftar tempat wisata yang harus kalian kunjungi saat berada di Jogja. Hal-hal unik dan menarik mengenai  Desa Wisata Gamplong diantaranya: 

Pusat Kerajinan Tenun di Desa Wisata Gamplong Jogja

Gamplong telah dikenal sebagai desa penghasil kerajinan tenun sejak tahun 1950. Desa Wisata Gamplong ini terkenal dengan wisata kerajinan tenun tradisional yang menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) para masyarakat sekitar mampu menghasilkan kain tenun selain itu warga sekitar juga memproduksi kerajinan anyaman yang dijadikan sebagai souvenir.

Inilah yang menjadi daya tarik Wisata Gamplong ini bagi para wisatawan karena pusat kerajinan ini menjadi ciri khas karena wisata gamplong jogja ini sangat potensial dan memiliki keunikan yang berbeda dengan desa-desa lainnya.

Warga sekitar berinovasi dan mengkreasikan eceng gondok,akar wangi,lidi kelapa dan juga mendong menjadi produk istimewa yang berkualitas yang mempunyai harga jual tinggi. Kerajinan warga Desa gamplong juga mengekspor hasil kerajinannya ke beberapa negara. Beberapa produk yang mereka hasilkan diantaranya: dompet,tas,gorden,tikar serta aneka aksesoris.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Gamplong selain menikmati suasana pedesaan serta view yang indah kalian juga dapat belajar membuat tenun dengan masyarakat sekitar. Kerajinan dari Desa Wisata Gamplong Jogja ini juga dititipkan ke beberapa toko dan pusat oleh-oleh yang ada di Kota Jogja.

Keunikan Mini Hollywood pada Studio Alam Gamplong

Para wisatawan pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini. Tempat wisata ini juga pernah menjadi tempat pengambilan gambar film Indonesia yang berjudul Sultan Agung yang digarap oleh Sutradara besar tanah air Hanung Bramantyo.

Wilayah ini dijadikan dan disulap menjadi sebuah studio alam yang menggambarkan kolosal pedesaan pada zaman 1600 an. Hanung Bramantyo berhasil membuat tampilan dan nuansa yang berbeda pada salah satu wilayah Desa Gamplong ini. Setelah proses syuting telah usai stdio ini telah diberikan kepada pemerintah daerah untuk dijadikan dan dikelola menjadi tempat wisata.

Terdapat beberapa bangunannya yang unik dan sangat ikonik disini diantaranya ada sebuah Keraton Mataram,rumah Jawa kuno yang khas dengan anyaman bambu,kampung kecil ala pedesaan masyarakat mataram hingga sebuah kampung belanda dengan replika kali ciliwung pun juga ada di studio ini.

Dengan adanya bangunan-bangunan ikonik ala zaman dahulu ini yang membuat para pengunjung penasaran dan ingin melihat secara langsung keindahannya. Banyak juga wisatawan yang menjadikan beberapa spot foto yang bernuansa film kolosal menjadi background foto mereka. 

Adanya Museum Bumi Manusia di Desa Wisata Gamplong

Selain adanya studio alam ada juga museum yang merupakan rumah dari Annelies Mallema dan Nyai Ontosoroh dalam novel Novel Bumi Manusia,museum ini dinamakan Museum Bumi Manusia.

Kedua pemeran film tersebut tinggal dalam suatu rumah dengan interior unik dan aesthetic. Museum ini telah resmi dibuka pada bulan Agustus tahun 2019 oleh Hanung Bramantyo ini menyimpan begitu banyak kenangan didalamnya dan juga digunakan oleh para penggemar sebagai tempat berkumpul.

Para pengunjung yang ingin mengunjungi museum ini perlu mengetahui bahwa untuk memasuki kawasan museum ini kapasitasnya terbatas. Hanya 10 orang yang dapat masuk untuk setiap 30 menitnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan bangunan karena tempat ini belum mampu menampung banyaknya pengunjung dalam waktu yang bersamaan.

Desa Wisata Gamplong Sebagai Wisata Edukasi Perfilman

Gamplong studio memiliki lahan yang cukup besar dan luas. Properti yang ada di studio gamplong ini dibuat dengan sedetail dan serapi mungkin. Wisata ini memberikan informasi dan edukasi pada para pengunjung mengenai seluk beluk pembuatan sebuah film.

Dengan proses pembuatan film yang cukup lama dengan unsur-unsur yang ada di dalamnya tentu akan mempengaruhi kualitas film yang dibuat. Untuk seorang yang awam dengan dunia perfilman wisata ini benar-benar memberikan informasi yang baik bagaimana proses pembuatan film yang baik.

Lokasinya yang dekat dengan objek wisata menarik lainnya

Tempat wisata gamplong jogja ini lokasinya terbilang cukup strategis membuat para pengunjung juga dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik lainnya yang lokasinya tak jauh Desa Wisata Gamplong. Beberapa wisata unik yang lokasinya dekat dengan Desa Wisata Gamplong Jogja antara lain: 

Baca juga: Pesona Keindahan Alam 6 Desa Wisata di Indonesia

Goa Payaman

Goa ini berada tak jauh dari wisata gamplong jogja, hanya berjarak sekitar 15 menit dari Desa Wisata Gamplong. Goa ini mempunyai sejarah pada zaman dahulu,konon katanya goa ini digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Majapahit yang saat itu berperang dengan kerajaan demak. Setelah mengunjungi Desa Wisata Gamplong Jogja wisatawan bisa mampir ke goa ini untuk menikmati sensai goa yang cukup menegangkan saat berada dia dalam doa yang gelap.

Polaman River Tubing

Polaman River Tubing ini berjarak 3 km tak jauh dari Wisata Gamplong Jogja yang dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam. Wisata ini menyajikan pemandangan pedesaan yang asri dan alami.

Para pengunjung juga akan diajak menyusuri sungai hingga air terjun dengan alat keamanan yang terjamin yaitu menggunakan pelampung dan helm. Bagi kalian yang menyukai tantangan dan memiliki jiwa adrenalin yang tinggi bisa mencoba wisata yang satu ini. Suasananya yang asri dengan keindahan pedesaan akan membuat kalian merasa rileks dan menikmati wisata yang satu ini.

Praon Cawan

Tidak jauh dari lokasi tempat wisata gamplong kalian juga dapat merasakan sensasi menyantap hidangan diatas air. Menarik bukan? Saat kalian berada di Praon Cawon kalian akan diajak berkeliling sungai menggunakan perahu dengan menikmati keindahan pemandangan sungai progo sekaligus ditemani hidangan enak nan lezat khas pedesaan. 

Menyantap kuliner dengan berkeliling sungai dengan perahu pasti akan menjadi hal yang sangat menyenangkan sekaligus pengalaman yang tak terlupakan.

Batu Tumpuk Kedung Watu Brongkol.

Menikmati tempat wisata gamplong tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi wisata sungai yang unik ini. Wisata ini menyajikan nuansa yang berbeda kalian dapat melihat dan menikmati banyaknya batu-batuan dengan bentuk unik dan  kreatif di Batu Tumpuk Kedung Watu Brongkol ini.

Bebatuan unik ini telah disusun secara manual  dan dibentuk secara vertikal yang membuat kesan unik dan alami. Tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang penasaran dengan susunan bebatuan yang begitu indah. Tumpukan bebatuan yang indah  ini dapat kalian temui di sepanjang aliran sungai.

Pendopo Joglo Studio Alam Gamplong yang menjadi spot foto favorit

Pendopo joglo ini salah satu tempat yang dijadikan spot pengambilan gambar untuk film. Pendopo sendiri merupakan sebuah tempat untuk berkumpul dan berdiskusi. Bangunannya yang sangat luar biasa ini berbentuk rumah joglo yang megah dengan nuansa jawa yang sangat kental. Akan tetapi joglo ini di desain tanpa adanya penutup pada setiap sisinya.

Untuk memperoleh nuansa zaman dahulu maka diberikan properti tambahan seperti meriam sebagai senjata pada zaman penjajahan. Selain itu pendopo pada desa wisata gamplong jogja ini dikelilingi oleh pagar yang cukup tinggi dan gapura yang besar. Pagar yang tinggi dan gapura yang besar menambah kesan gapura yang sangat megah nan indah dengan nuansa jawa yang kental pada zaman dahulu. 

Sumber Air Melimpah

Desa ini berada di dataran rendah ini memiliki sumber air yang cukup melimpah. Desa Gamplong Yogyakarta ini juga memiliki curah hujan yang cukup tinggi  ini mengakibatkan melimpahnya tampungan air pada kawasan ini.

Serta posisinya yang didominasi dengan material vulkanik gunung merapi yang membawa air tanah keluar tak heran apabila desa ini memiliki sumber air yang cukup melimpah sebagai sumber cadangan air dimusim kemarau. Sumber air ini digunakan masyarakat sekitar untuk keperluan rumah tangga ,mandi,memasak serta mencuci baju. 

Fasilitas yang ada di Tempat Wisata Gamplong

Desa Wisata Gamplong ini juga menyediakan workshop yang berfungsi untuk media belajar menenun untuk para pengunjung. Para pengunjung dapat menikmati proses pembuatan kain tenun dan juga proses menganyam kerajinan.

Para pengunjung juga dipersilahkan untuk turun langsung untuk belajar menenun dan menganyam yang akan didampingi dan diawasi langsung oleh para pengrajin. Wisata Gamplong Jogja ini juga terdapat sebuah gallery untuk memanjang semua hasil karya pengrajin desa Gamplong.

Tujuan adanya Gallery ini agar keindahan kerajinan warga gamplong dapat dinikmati keindahannya oleh para pengunjung dan juga sebagai tempat apresiasi terhadap karya-karya indah yang telah dihasilkan. Ada juga warung makanan dan jajanan serta tempat istirahat bagi para pengunjung yang telah disediakan agar pengunjung dapat beristirahat sejenak.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Gamplong

Untuk dapat menikmati desa wisata gamplong jogja ini tidak dipungut biaya yang mahal. Harga tiket masuk desa wisata para pengunjung hanya perlu membayar secara sukarela. Karena pada daftar harga tiket masuk desa wisata tidak dicantumkan nominalnya, namun untuk dapat  menikmati tempat museum kalian harus membayar nominal yang cukup murah dan ramah dikantong. 

Untuk mendapatkan dan menikmati beberapa museum kalian perlu membayar Rp 5000 untuk tiket kereta tua,tiket museum ainun dan tiket museum bumi manusia. Harga tiket masuk desa wisata ini terbilang sangat terjangkau untuk semua kalangan, tidak perlu membayar harga mahal untuk dapat menikmati Wisata Gamplong Jogja. Selamat menikmati.

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata Gamplong ini? Yuk jadikan destinasi wisata ini menjadi referensi tempat berlibur kalian bersama keluarga. Kapan lagi berwisata sekaligus mendapatkan edukasi mengenai perfilman. Selamat berlibur semoga informasi diatas mengenai Wisata Gamplong Jogja dapat memberikan manfaat dan informasi yang cukup jelas untuk kalian semua. 

Baca juga: Desa Wisata Pulesari – Budaya Hingga Harga Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *