Asal Usul Danau Singkarak dan Keindahan 8 Objek Wisatanya

Danau Singkarak
Photo by tempatwisataunik.com
Daftar isi

Menjadi danau terbesar kedua di Indonesia, Danau Singkarak Sumatera Barat merupakan kebanggan bagi masyarakat Padang dan sekitarnya.

Mempunyai pemandangan yang luar biasa indah dengan deretan Bukit Barisan dan berbagai objek wisatanya, kawasan ini telah terkenal di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri. 

Bahkan daerah ini terpilih menjadi tuan rumah festival olahraga balap sepeda internasional tahunan semenjak 2009 lalu. Tertarik untuk berkunjung? Yuk baca terlebih dahulu informasi pentingnya di bawah ini!

Asal Usul Danau Singkarak

Asal usul danau Singkarak
Sejarah, (Photo by Wikepedia)

Danau ini awalnya ditemukan dan diperkenalkan oleh seorang peneliti yang bernama Ernest Haeckel pada tahun 1905. Luas danaunya mencapai 11.200 hektar yang berada di ketinggian 363,5 mdpl dengan kedalaman kurang lebih 268 meter.

Berdasarkan hasil penelitian, asal usul Danau Singkarak berasal dari Sesar Sumatera yang merupakan sebuah proses tektonik. Peristiwa ini sendiri disebabkan karena kawasan danau merupakan bagian dari Cekungan Singkarak-Solok. 

Artikel Terkait

Selain itu, karena danau ini terbentuk karena aktivitas tektonik maka panjang perairannya terus bertambah sampai sekarang. Namun para peneliti juga menilai kalau masyarakat tidak perlu panik, karena penambahan panjang ini hanya akan bertambah beberapa senti saja selama puluhan hingga ratusan tahun. 

Wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Wisata Danau Singkarak
Danau Singkarak, (Photo by wisatasumatera.com)

Menjadi salah satu destinasi liburan favorite di provinsi Sumatera Barat, kawasan wisata Danau Singkarak memiliki berbagai spot yang menarik untuk menemani masa akhir pekan Anda. Berikut beberapa pilihannya!

Menikmati Kuliner Khas Ikan Bilih Danau Singkarak

Meski menjadi danau terbesar kedua, perairannya hanya memiliki sekitar 19 spesies ikan yang mana didominasi oleh spesies Ikan Bilih.

Ikan Bilih ini hanya ada di kawasan sekitar danau dan susah untuk dibudidayakan di tempat lain. Meskipun bisa, cita rasanya tentu akan berbeda.

Biasanya warga setempat membuat berbagai olahan makanan dari ikan ini seperti digoreng kering, dioseng, dan lain sebagainya.

Puncak Gobah

Puncak Gobah merupakan salah satu bukit yang dikelola untuk para pengunjung yang ingin menikmati suasana danau dari ketinggian. Jaraknya kurang lebih 20 kilometer dari kota Solok.

Puncak Layang-Layang

Nama lainnya adalah Puncak Aua Sarumpun, kawasan ini merupakan spot fotografi yang keren dengan latar belakang danau biru dan ilalang yang membuat bukit ini lebih terlihat seperti padang sabana.

Baca juga: Danau Rawa Pening Semarang – Legenda, Tiket Masuk dan Hotel

Puncak Payo

Sesuai namanya “Payo” atau “Putaran Angin”, bukit ini memiliki intensitas angin yang lumayan kencang. Namun sekaligus menjadi lokasi yang paling bagus dan strategis untuk menikmati suasana dan panorama danau.

Letaknya ada di Jorong Payo Rapuih. Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung, datanglah pada saat cuaca cerah agar pemandangan danau tidak terhalang kabut. 

Dermaga Singkarak 

Dermaga Singkarak merupakan tempat yang paling sering didatangi pengunjung. Pelabuhan ini juga menjadi salah satu tempat perlombaan balap sepeda internasional yang diselenggarakan tiap tahunnya yaitu Tour De Singkarak. 

Puncak Thailand

Nama lainnya adalah Bukik Pulau, letaknya berada di Nagari Simawang dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dari Jembatan Ombilin.

Bukit ini berbatasan langsung dengan danau yang ada pinggirannya, sehingga para pengunjung bisa menikmati pemandangan hijau dan perairan dengan begitu lepas dan jelas.

Bukik Chi Nang Kiek

Spot terbarunya yang dimiliki kawasan ini adalah Bukik Chi Nang Kiek memiliki berbagai spot foto yang dibuat khusus untuk para pengunjung yang datang. Dari bukit ini, para pengunjung juga bisa melihat keindahan danau dan alam sekitarnya dengan lebih jelas.

Pantai Tanjung Mutiara

Selian perbukitannya, kawasan ini juga punya sebuah pantai beserta fasilitas bermain air. Letaknya ada di Nagari Batu Taba yang berjarak 30 kilometer dari Batu Sangkar.

Letak Danau Singkarak

Danau Singkarak terletak di antara Kabupaten Tanah datar dan Kabupaten Solok. Jaraknya dari kota Padang kurang lebih 70 kilometer dengan 2 jam waktu perjalanan. 

Karena Danau Singkarak terletak di antara dua kabupaten tersebut, beberapa pengunjung juga memilih rute Padang Panjang dengan waktu tempuh lebih lama yaitu 3 jam. Biasanya mereka yang mengambil jalur ini akan pergi ke Bukit Tinggi terlebih dahulu.

Hotel di Danau Singkarak Sumatera Barat

Bagi Anda yang ingin menginap di sekitar kawasan ini, berbagai jenis pilihan penginapan sudah bisa ditemui dengan mudah. Para pengunjung yang datang hanya tinggal memilih berbagai tipe, fasilitas dan tarifnya.

Beberapa rekomendasi hotel di Danau Singkarak antara lain Hotel Palapa Prima, Hotel Jaya Karta, Hotel Sumpur Singkarak, Villa Yuke Koto Singkarak, dan lain sebagainya.

Untuk menginap di beberapa pilihan hotel di atas, sebaiknya Anda menyiapkan biaya mulai dari Rp300.000,00 hingga Rp600.000,00 untuk satu malamnya. Namun harga tersebut masih bisa berubah sesuai tipe kamar dan periode masa liburan.

Objek Wisata Terdekat

Hotel terdekat danau singkarak
Hotel dekat Danau Singkarak (Photo by nativeindonesia.com)

Selain daunnya, terdapat beberapa tempat liburan lain yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke sini. Beberapa pilihan lainnya adalah taman Pagaruyung, Cagar Budaya Ustano Rajo Alam, Desa Wisata Kubu Gadang, hingga Istano Rajo Baso.

Sekian pembahasan kita kali ini dengan Danau Singkarak Sumatera Barat. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin berlibur atau sedang merencanakan liburan. Sampai jumpa di tujuan wisata indah Indonesia lainnya!

Baca juga: Danau Ranau Oku Selatan – Info Legenda & Penginapan

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *