Danau Labuan Cermin, Pesona Wisata Dua Rasa di Kalimantan

Menaiki perahu di labuan cermin
Menaiki perahu di labuan cermin (Sumber: @ripqcurl on Instagram)
Daftar isi

Sebagai salah satu destinasi wisata air terpopuler di Kalimantan, Labuan Cermin menyuguhkan eksotisme yang mampu menghipnotis wisatawan. Danau ini juga sangat unik, di mana kamu dapat melihat langsung ke dasar dan menemukan keragaman biota laut, seperti penyu, ikan, dan terumbu karang. Menarik sekali, bukan? Simak informasi selengkapnya.

Daya Tarik Danau Labuan Cermin

Julukan Danau Dua Rasa

Tahukah kamu bahwa tempat wisata ini mendapat julukan sebagai Danau Dua Rasa? Sebutan tersebut datang dari kondisi danau yang memiliki aliran air tawar di permukaan dan air asin di bawahnya yang bersumber dari laut Sulawesi. Dengan begitu, pengunjung pun bisa melihat aneka penyu yang berhabitat dalam danau.

Keragaman Biota Air Tawar dan Laut

Bagaikan air dan minyak yang sulit untuk bersatu, kita mungkin paham bahwa ikan air laut tidak bisa hidup dalam air tawar dan sebaliknya. Namun, cuma di Labuan Cermin Samarinda kamu dapat menjumpai keragaman biota laut dan tawar yang hidup berdampingan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Air Danau yang Sangat Jernih

Seperti namanya, air di danau ini sangatlah jernih karena keasriannya yang masih terjaga. Kamu bahkan dapat melihat dasar danau bak cermin yang sedang menciptakan refleksi dari keindahan dalam air. Selain itu, pengunjung juga boleh berenang dan snorkeling di sini.

Aktivitas Wisata Labuan Cermin

Keindahan labuan cermin
Keindahan danau labuan cermin (Sumber: @labuancerminscenery on Instagram)

Berkeliling Danau dengan Perahu

Pengunjung boleh menyewa perahu untuk menjelajahi area danau sembari berfoto-foto. Nantinya akan ada pelampung keselamatan yang telah tersedia dan wajib untuk kamu pakai. Sebagai catatan, wisatawan juga tidak diperbolehkan untuk memancing di kawasan danau demi mempertahankan kelestarian alamnya.

Artikel Terkait

Berpiknik Santai

Di pinggir danau, terdapat tanah lapang hijau yang terbuka dan boleh kamu gunakan sebagai sarana piknik bersama teman maupun keluarga. Kamu dapat menggelar tikar kemudian makan-makan bersama sambil menikmati suasana sekitar yang sangat sejuk dan menenangkan.

Berenang dan Snorkeling

Walaupun sekilas terlihat dangkal, Danau Labuan Cermin mempunyai kedalaman hingga 4-5 meter, lho. Cocok sekali buat kamu si pecinta snorkeling. Apabila tidak membawa perlengkapan, tidak usah khawatir, sebab kamu bisa menyewa alat snorkeling dengan biaya terjangkau sekitar Rp20.000-Rp30.000 dan pelampung seharga Rp15.000–Rp20.000 saja.

Tiket Masuk Danau Labuan Cermin

Labuah cermin
(Sumber: Wikipedia)

Danau Dua Rasa ini bisa kamu akses dengan jalur darat dan laut. Jika memilih akses air, kamu mesti menggunakan perahu dengan harga sewa Rp100.000 (pulang pergi) per kapal, di mana satu kapalnya mampu menampung sebanyak 10 orang.

Kalau menggunakan jalur darat, pengunjung bisa melewati gerbang tracking Labuan Cermin secara gratis. Hanya saja, perjalanan akan lebih menguras tenaga karena harus berjalan kaki. Sesampai di gerbang perbatasan Kabupaten Berau, belok kiri dan ambil jalan kecil menuju akses darat Danau Labuan Cermin.

Lokasi Danau Labuan Cermin

Berlokasi di Pulau Borneo alias Kalimantan, kamu bisa mendatangi danau yang satu ini di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Rute Menuju Labuan Cermin

Untuk bisa sampai ke kawasan Danau Labuan Cermin Biduk-Biduk, kamu membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 8 jam perjalanan dari Bandara Samarinda. Akan tetapi, semua perjuangan tersebut akan terbayar tuntas sesampaimu di lokasi berkat panorama alamnya yang memukau. Bahkan uniknya lagi, kamu juga akan melewati hutan lindung di Kalimantan Timur yakni Kutai National Park.

Itulah informasi mengenai Danau Labuan Cermin, destinasi wisata perpaduan air tawar dan air laut di Kalimantan. Setelah mengetahui sejumlah hal mengenai objek tersebut, sudahkah kamu tertarik untuk mengunjunginya?

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *