Danau Kerinci – Lokasi, Rute, dan Asal Usul

dunau kerinci
photo by indonesia.go.id
Daftar isi

Danau Kerinci merupakan salah satu danau yang sangat terkenal di Provinsi Jambi. Danau ini terkenal akan keindahannya serta pemandangan sekitar danau yang begitu indah. Banyak wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara yang mengunjungi danau untuk berwisata.

Menikmati keindahan danau dengan pemandangan barisan pegunungan di belakangnya akan memberikan pengalaman serta sensasi yang berbeda untuk anda. Bagi kalian yang bingung menentukan tempat untuk berwisata, kalian bisa mengunjungi danau yang berada di Jambi ini sebagai pilihan yang tepat.

Bagi kalian yang suka berwisata alam wisata ini juga sangat cocok untuk dikunjungi, danau ini selain terkenal juga memiliki kisah menarik dibalik keindahannya. Bagaimana, penasaran? Kali ini Advontura akan mengulas mengenai wisata Danau Kerinci.

Lokasi Danau Kerinci

Danau indah ini berlokasi di sebuah Kabupaten Kerinci Jambi, danau ini terletak diantara dua kecamatan yaitu Kecamatan Danau Kerinci dan juga Kecamatan Keliling Danau.

Danau kerinci merupakan danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci selain itu danau ini berada di bawah kaki Gunung Raya yang memiliki ketinggian sekitar 780 mdpl.

Artikel Terkait

Danau dengan luas sekitar 80 km² dengan kedalaman sekitar 110 meter, volume air danau diperkirakan sekitar 1,6 juta m³ dan ketinggian danau sekitar 650 meter diatas laut. 

Rute

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi danau terdapat beberapa jalur alternatif yang dapat ditempuh. Jalur pertama wisatawan dapat melalui Kota Padang kemudian menuju ke Tapan setelah itu dilanjutkan menuju Sungai Penuh dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 7 jam perjalanan dengan jarak tempuh 278 km.

Jalur kedua wisatawan dapat melalui Kota Jambi untuk menuju Sungai Penuh dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 10 jam dengan jarak tempuh sekitar 500 km.. Jalur-jalur tadi merupakan rute alternatif untuk bisa sampai ke danau cantik ini. Wisatawan dapat memilih dua jalur tersebut dengan jarak terdekat dari posisi mereka. 

Danau Kerinci

Wisata Danau kerinci
Danau kerinci (Photo by heikaku.com)

Tahukah kalian bahwa danau kerinci adalah danau terbesar kedua yang ada di Sumatera. Danau ini juga memiliki faktor dan pengaruh besar terhadap kebutuhan air bagi daerah sekitar yang juga digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan juga pertanian.

Selain pemandangannya yang menawan dengan latar belakang barisan pegunungan hijau disekitarnya membuat danau semakin menawan saat dipandang. Air danaunya begitu jernih serta danau ini juga diselimuti kabut putih membuat pemandangan danau semakin elok dipandang.

Suasana danau yang tenang dan damai selain itu hawa sekitar danau juga sejuk dengan angin yang sepoi-sepoi. Banyak wisatawan mengunjungi danau ini untuk merilekskan badan dan pikiran yang penat dengan kegiatan sehari-hari.

Wisatawan juga bisa bersantai di gazebo-gazebo yang berada pada pinggiran danau. Selain indah danau cantik ini juga memiliki keunikan yaitu adanya ikan endemik yang hanya dapat ditemukan hanya di danau kerinci. Banyak ikan endemik yang tinggal di danau ini yaitu ikan semah.

Selain ikan endemik juga ada beberapa jenis ikan lainnya yang menghuni danau ini. Masyarakat sekitar danau masih menggunakan cara tradisional dengan perahu kecil saat menangkap ikan.

Masyarakat masih menjaga kelestarian ekosistem danau ini agar tetap terjaga karena air danau ini merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar. Aktivitas dan kegiatan masyarakat sekitar sangat bergantung pada kelestarian danau.

Selain itu masyarakat sekitar juga masih menjaga tradisi serta adat istiadat setempat. Setiap tahunnya wisata ini selalu mengadakan ajang festival tahunan yang seru dan menarik. Festival ini sudah ada sejak tahun 1999 dan masih ada hingga saat ini.

Festival ini menyuguhkan berbagai pertunjukan kesenian daerah setempat seperti tarian,silat serta menampilkan hasil kerajinan tangan khas daerah dan yang tak kalah asyik adalah adanya bermacam-macam kuliner khas jambi ada di festival ini.

Kawasan ini selalu ramai pengunjung saat festival tahunan ini berlangsung. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang mendatangi wisata ini untuk bisa menikmati festival tahunan yang seru dan menarik.

Melalui festival tahunan diadakan setiap tahun sekali dengan meriah, festival ini juga memberikan pengalaman serta edukasi pada wisatawan yang berasal dari daerah luar jambi.

Kuliner khas jambi yang patut dicoba saat festival tahunan ini berlangsung diantaranya gulai ikan semah,beras payu,dendeng beteko makanan khas tersebut sangat terkenal kelezatannya. Selain itu ada juga minuman khas kerinci yang tak kalah nikmat yaitu teh kayu karo dan juga kopi kerinci.

Bagaimana menarik bukan? Tak hanya keindahan dan keunikan saja yang membuat danau ini banyak dikenal wisatawan. Sejarah,mitos serta asal usul danau kerinci juga tak kalah menarik untuk diketahui.

Baca juga: Danau Kelimutu : Pesona Danau Tiga Warna Flores

Asal usul

Asal usul danau kerinci serta sejarah danau yang penuh dengan cerita-cerita penting yang menarik untuk diketahui. Dibalik keindahannya danau ini menyimpan sejarah dan mitos  mengenai adanya naga di kawasan sekitar danau.

Menurut legenda danau kerinci ini merupakan danau yang sangat luas yang dihuni naga raksasa Calungga. Calungga merupakan seorang manusia yang memiliki adik bernama Calutat,mereka berdua hidup di pinggir danau.

Suatu ketika calungga berubah menjadi seekor naga karena ia memakan sebuah telur misterius yang didapatkannya di dalam hutan. 

Kemudian tiba-tiba tubuhnya berubah menyeramkan dan ia takut perubahan fisiknya dapat menakuti dan menyakiti adiknya, oleh karena itu ia membulatkan tekad untuk pergi ke danau dan menceburkan dirinya ke danau tersebut.

Suatu hari calungga merindukan adiknya,mereka berdua sepakat untuk bertemu di dekat danau. Calungga menjebol danau tersebut hingga terbentuklah aliran-aliran sungai kecil yang membuat air danau keluar.

Warga sekitar meyakini kejadian itulah yang membuat air danau berangsur-angsur mulai berkurang dan danau terlihat mengecil dari ukurannya pada zaman dahulu. Selain legenda tentang naga danau kerinci juga memiliki kisah mengenai peninggalan purba.

Pernah ditemukan beberapa batu ukiran di desa yang tak jauh dari danau tepatnya di pulau tengah. Para peneliti menduga bahwa temuan tersebut adalah sebuah peninggalan pada zaman megalitikum.

Hal tersebut semakin menguatkan adanya peradaban yang tinggal pada ribuan tahun silam dengan ditemukannya sisa-sisa peninggalannya. Selain itu ditemukan pula dolmen batu raja dan juga masjid keramat pulau tengah.

Hal-hal temuan tersebut memiliki nilai sejarah tinggi karena merupakan peninggalan sejarah megalitikum. Bagaimana penasaran dengan temuan sejarah megalitikum yang ditemukan di sekitar kawasan danau kerinci? Datang saja ke wisata ini dan lihatlah sendiri keindahan danau ini serta sejarah-sejarah menariknya. 

Demikian informasi mengenai Danau Kerinci di Jambi yang dapat Advontura sampaikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kalian. Sampai jumpa kembali pada pembahasan destinasi-destinasi menarik lainnya.

Baca juga: Danau Ranu Kumbolo, Surga di Balik Gagahnya Semeru

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *