Danau Bedugul, Tempat Wisata Eksotik Penuh Legenda di Bali

Danau Bedugul (sumber: @galuhpandu on Instagram)
Danau Bedugul (sumber: @galuhpandu on Instagram)
Daftar isi

Pulau Bali memang terkenal memiliki tempat wisata yang jumlahnya tidak terkira, dan bahkan terkenal sampai ke mancanegara. Identik dengan wisata pantai dan lautnya, siapa sangka bahwa Pulau Dewata ini memiliki objek wisata lain yang patut untuk diperhitungkan. Salah satunya ialah Danau Bedugul, yang juga dikenal dengan nama Danau Beratan. Objek wisata berupa danau yang eksotis ini juga ramai dipadati pengunjung setiap harinya.

Advonturers sedang menikmati momen liburan tahun baru di Pulau Bali? Danau Bedugul Bali sama sekali tak boleh luput dari daftar kunjungan wisatamu. Objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk Advonturers yang menyukai keheningan saat liburan, karena danau ini terletak di pedesaan dengan udara yang sejuk, serta jauh dari keramaian kota. Penasaran? Yuk, cari tahu dulu informasi mengenai danau yang satu ini dalam ulasan berikut ini!

Danau Bedugul Bali, Danau Jernih Nan Eksotis Penuh Legenda

Danau Bedugul Bali (sumber: @bonaventuraaa_ on Instagram)
Danau Bedugul Bali (sumber: @bonaventuraaa_ on Instagram)

Objek wisata Danau Bedugul merupakan sebuah danau yang terbesar kedua di Bali, setelah Danau Batur. Bagaimana tidak, luas dari danau ini mencapai 375 hektare dengan keliling sekitar 12 kilometer. Danau ini memiliki air yang terkenal sangat jernih, sehingga siapapun akan betah berlama-lama untuk berwisata di tempat ini. Selain itu, panorama alam sekitar danau ini juga tak kalah memukau setiap wisatawan yang datang.

Tempat wisata yang eksotis ini memiliki legenda yang santer di masyarakat. Legenda Danau Bedugul yang dipercaya rakyat Bali adalah dahulunya terdapat sebuah danau besar. Kemudian, gempa bumi yang sangat dahsyat mengguncang, hingga membelah danau besar tersebut menjadi tiga bagian, yang pada akhirnya dinamai Danau Beratan (Danau Bedugul), Danau Tamblingan, dan Danau Buyan.

Artikel Terkait

Legenda Danau Bedugul tersebut memanglah belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya, karena hal tersebut merupakan kepercayaan rakyat Bali itu sendiri. Namun, terlepas dari apapun legenda Danau Bedugul, tempat wisata yang satu ini patut untuk dikunjungi karena pesona alamnya yang eksotik. 

Rute dan Lokasi Danau Bedugul 

Advonturers, sudahkah kamu tahu dimana lokasi Danau Bedugul? Lokasi Danau Bedugul Bali berada di Jl. Raya Candikuning-Bedugul, Candikuning, Baturiti, Tabanan Bali. Berangkat dari kawasan Kuta Bali, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar dua jam dengan jarak tempuh sekitar 62 kilometer. Adapun rekomendasi rute perjalanan menuju ke Danau Bedugul Bali adalah sebagai berikut: 

Kamu bisa mengawali perjalanan dari kawasan Kuta, khususnya Jalan Kuta Raya. Dari Jalan Kuta Raya, kamu harus belok kanan menuju kawasan Mahendratta Selatan. Kemudian, menujulah ke Jl. HOS Cokroaminoto. Setelah itu, laluilah rute Jl. Raya Sempidi – I Gusti Ngurah Rai – Mengwi. Beloklah ke kanan menuju Jl. I Gusti Ketut Jelantik, dan ikutilah petunjuk jalan hingga sampai di Danau Bedugul Bali.

Aktivitas Seru Wisata Danau Bedugul Bali

Semakin tak sabar untuk menikmati liburan tahun baru di objek wisata yang satu ini? Berikut rekomendasi aktivitas wisata seru yang bisa kamu lakukan di sana!

1. Mengarungi Danau dengan Speedboat

Tempat wisata yang satu ini merupakan danau yang sangat luas. Sebagian orang tentu merasa bosan bila hanya berdiri sambil memandangi air jernih dari danau ini. Mengarungi perairan danau dengan speedboat merupakan opsi yang bagus untukmu. Terutama bila dilakukan bersama orang-orang tersayang, menyusuri danau menaiki speedboat akan terasa jauh lebih seru. 

Menyusuri Danau dengan Boat (sumber: @niken_putri_rahayu on Instagram)
Menyusuri Danau dengan Boat (sumber: @niken_putri_rahayu on Instagram)

Menyusuri perairan danau sambil menikmati keindahan sekitar akan memberikan pengalaman wisata tak terlupakan untukmu. Untuk nuansa yang lebih romantis, wisatawan juga bisa menyewa perahu jukung maupun perahu angsa untuk menyusuri danau yang satu ini bersama pasangan.

2. Memancing

Meskipun wisatawan diizinkan untuk berkeliling danau menggunakan perahu, wisatawan tidak diizinkan untuk berenang karena danau ini cukup dalam. Sebagai alternatifnya, wisatawan diizinkan untuk memancing di sekitar danau. Namun, spot yang diperizinkan untuk dijadikan spot pemancingan juga tak sembarang spot, lho.

Danau Beratan Bedugul (sumber: @_ricooo01 on Instagram)
Danau Beratan Bedugul (sumber: @_ricooo01 on Instagram)

Pihak pengelola tempat wisata ini sudah menyediakan spot pemancingan yang boleh digunakan oleh wisatawan. Sambil duduk santai di jembatan kayu, kamu bisa menikmati aktivitas memancingmu di sini. Bila tak memiliki peralatan pancing, kamu bisa menyewanya di tempat persewaan yang ada.

3. Berfoto Keren di Pura Ulun Danu

Keberadaan Pura Ulun Danu seakan semakin menyempurnakan daya tarik dari Danau Beratan Bedugul. Pura yang berada di sekitar danau ini selalu menjadi favorit wisatawan kala berkunjung ke Danau Bedugul. Tak jarang, wisatawan berbondong-bondong datang ke tempat wisata ini hanya untuk berfoto di dekat Pura Ulun Danu ini. Bangunannya yang terlihat estetik dan melambangkan keharmonisan antar umat beragama ini memanglah patut menjadi spot foto favorit wisatawan.

Pura Ulun Danu (sumber: @ayufernandaaa on Instagram)
Pura Ulun Danu (sumber: @ayufernandaaa on Instagram)

Pura Ulun Danu ini memiliki keunikan yang mampu membuat kita amaze, lho. Saat air danau sedang meluap, daerah di sekitar pura tersebut menjadi tergenang dan membuat Pura Ulun Danu terlihat sedang mengapung di air. Terlebih jika senja datang, langit oranye akan semakin menyorot keindahan dari pura ini.

4. Menikmati Keindahan Danau

Berkunjung ke Danau Beratan Bedugul, tentu aktivitas utama yang sama sekali tak boleh kamu lewatkan adalah menikmati keindahan dari danau itu sendiri. Danau yang memiliki luas lebih dari 370 hektare ini memiliki air yang sangat jernih. Terletak di kawasan pegunungan, danau ini memiliki udara sejuk yang khas. 

Menikmati Keindahan Danau dari Boat (sumber: @anto6652 on Instagram)
Menikmati Keindahan Danau dari Boat (sumber: @anto6652 on Instagram)

Panorama alam sekitar danau ini turut menghiasi tempat wisata ini, sehingga Danau Beratan Bedugul terlihat sangat indah secara keseluruhan. Berwisata ke tempat yang satu ini memang sangat cocok bagi kamu yang ingin rehat dari keramaian kota!

5. Bersantai di Taman Danau Bedugul

Di sekitar Danau Bedugul terdapat sebuah taman teman bersantainya para wisatawan. Banyak pepohonan rimbun nan hijau, serta tanaman-tanaman yang berjajar rapi mampu membuat wisatawan semakin rileks di waktu santainya. Saking indahnya taman ini, banyak orang yang menjadikannya sebagai spot foto prewedding

Berjalan-jalan Santai di Sekitar Danau Bedugul (sumber: @vindy_devyana on Instagram)
Berjalan-jalan Santai di Sekitar Danau Bedugul (sumber: @vindy_devyana on Instagram)

Bagi kamu yang membawa anak-anak dalam kegiatan wisatamu, kamu tak perlu khawatir mereka akan rewel. Hal ini dikarenakan Danau Beratan Bedugul memiliki playground kecil, sehingga anak-anak pasti akan betah saat diajak berwisata ke tempat yang satu ini. 

Fasilitas Objek Wisata Danau Bedugul Bali

Demi menjaga kenyamanan wisatawan, objek yang satu ini memiliki sejumlah fasilitas. Adapun fasilitas yang dimaksud antara lain: area parkir memadai, toilet, mesin ATM, toko cinderamata dan restoran. Bagi kamu yang beragama Islam, kamu tak perlu khawatir tak akan menemukan tempat ibadah, karena di sekitar objek wisata ini terdapat sebuah masjid besar bernama Masjid Al Hidayah.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Danau Bedugul Bali

Bagi kamu yang sudah semakin tak sabar untuk mengunjungi tempat wisata ini, kamu bisa mengunjunginya pada pukul 09.00-17.00 WITA setiap harinya. Berwisata ke tempat yang satu ini merupakan opsi yang bagus bagi Advonturers yang ingin menikmati liburan asyik dengan budget tak banyak. Hal ini dikarenakan harga tiket masuk Danau Bedugul Bali sangatlah terjangkau, yakni Rp 30.000 saja.

Harga tiket masuk Danau Bedugul yang sangat murah ini tentu tidak ada apa-apanya dibanding dengan apa yang kamu dapatkan di sana. Mulai dari keseruan wisata, hingga pengalaman liburan tak terlupakan, semuanya super worth it!

Baca juga: Pulau Menjangan Bali, Surganya Para Penyelam di Bali Barat

Begitulah sedikit informasi mengenai Danau Bedugul Bali. Setelah mengetahui beberapa hal mengenai objek wisata yang satu ini, sudahkah kamu tertarik untuk mengunjunginya? Tempat wisata yang satu ini wajib banget masuk wishlist liburan tahun baru kamu. Keindahan serta panorama alam yang ada di tempat wisata ini mampu menghipnotis siapapun yang mengunjunginya. Kamu pasti akan puas bila berlibur ke tempat ini!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *