Keindahan Curug Nangka Bogor | Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Curug Nangka
photo by travelspromo.com
Daftar isi

Bogor merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang menawarkan banyak destinasi wisata yang seru dan juga menyenangkan. Curug Nangka merupakan salah satu objek wisata yang populer di Bogor.

Kota Hujan ini memiliki beberapa objek wisata curug yang tersohor dan juga banyak dikunjungi wisatawan di hari libur. Waktu liburan merupakan saat yang ditunggu-tunggu untuk pergi dan menghabiskan libur lebaran dengan berwisata.

Apabila kalian menyukai curug, wisata ini cocok sekali dan wajib kalian kunjungi saat berada di Bogor. Menikmati keindahan curug juga bisa menghilangkan kepenatan dan merileksasikan pikiran dari kepenatan kegiatan sehari-hari.

Berwisata tidak hanya pergi ke aneka wahana permainan saja kalian bisa menikmati wisata alam yang juga tidak kalah seru untuk dicoba. Bagi kalian yang ingin mencoba berwisata di alam terbuka gunung,pantai,curug bisa kalian jadikan referensi untuk menghabiskan waktu lebih dekat dengan alam.

Bogor memiliki banyak sekali pilihan wisata yang menarik untuk dicoba. Kalian penasaran dengan keseruan apa saja di wisata ini? Advontura akan mengulas mengenai wisata Curug Nangka Bogor.

Artikel Terkait

Lokasi Curug Nangka

Lokasi Curug Nangka dapat dengan mudah ditemukan yakni berlokasi di Desa Sukajadi,Kecamatan Tamansari,Kabupaten Bogor.

Lokasi wisata curug ini mudah sekali untuk ditemukan, kalian bisa mencari lokasi tepatnya pada maps untuk mempermudah kalian menuju lokasi wisata ini.  Lokasi wisata air terjun ini dapat ditempuh dengan waktu 1 jam perjalanan dari Pusat Kota Bogor.

Rute ke Curug Nangka

Lokasi wisata yang cukup mudah dilalui oleh pengunjung yang ingin mengunjungi wisata ini. Akses jalannya juga cukup baik dan bisa dilalui oleh semua jenis kendaraan sehingga mempermudah wisatawan yang ingin berwisata ke curug nangka ini.

Terdapat beberapa rute yang dapat pengunjung pilih yakni menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan jalur kendaraan umum.

pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi terdapat 2 rute ke curug nangka yaitu: pertama melalui rute ciapus dari arah pintu keluar tol jagorawi menuju ke arah kebun raya bogor dan juga mall BTM.

kemudian dari arah mall BTM  ambil arah menuju ke ciomas atau ciapus menuju jl.raya ciapus yang ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit perjalanan dengan jarak 13 km. kedua melalui rute tol lingkar luar bogor menuju arah pintu keluar lotte mart untuk menuju ke arah yasmin.

Lanjutkan perjalanan hingga tiba pada Jl. Cimaburan untuk menuju ke arah curug nangka bogor. Rute ke curug nangka menggunakan kendaraan umum pengunjung yang menaiki KRL bisa turun di stasiun bogor.

Kemudian kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju mall BTM dengan berjalan kaki yang hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Kemudian setelah sampai di Mall BTM kalian bisa menaiki angkot 03 jurusan ciapus sampai tiba di Highland Park Resort. Dari resort ini kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan sekitar 20 menit untuk tiba di wisata curug nangka bogor.

Keindahan Curug Nangka

wisata air terjun Curug Nangka
Curug Nangka (nativeindonesia.com)

Curug Nangka merupakan objek wisata air terjun yang lokasinya berada di bawah kaki Gunung Salak. Wisata ini juga merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Halimun Salak.

Curug ini berada di ketinggian 750 meter diatas permukaan laut serta dikelilingi hutan pinus yang cukup lebat yang membuat suasana kawasan ini memiliki hawa sejuk dan rindang. Wisata yang berada di lahan seluas 17 hektar ini telah dibuka untuk umum mulai tahun 1981 oleh pihak perhutani.

Kawasan ini juga memiliki suhu yang cukup dingin yaitu 20 sampai 22 derajat celcius. Kawasan wisata yang dikelilingi hutan pinus membuat wisata ini masih asri dengan udara segar dan juga terdengar kicau burung dan beberapa bunyi suara hewan.

Pengunjung yang mengunjungi wisata curug nangka bogor ini mengaku senang berada di kawasan yang damai dengan pemandangan alam yang begitu luar biasa di hadapan mereka. suasananya begitu menyenangkan dan membuat pikiran menjadi tenang saat berada disini.

Menikmati suara gemericik air terjun dengan angin sepoi-sepoi dengan udara segar memberikan pengalaman menyenangkan bagi para wisatawan.

Tak hanya menikmati keindahan air terjunnya saja para wisatawan juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik lainnya saat berada di kawasan curug nangka bogor.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan kedalam kolam air yang berada dibawah curug ini juga sangat dangkal hanya setinggi betis orang dewasa.

Walaupun tidak terlalu dalam namun para wisatawan juga diharap untuk tetap berhati-hati karena debit air curug ini cukup deras dan juga daerah sekitar curug juga licin.

Aktivitas Seru di Curug Nangka

Untuk menambah keseruan wisata kalian,kalian bisa melakukan beberapa aktivitas seru untuk menyempurnakan liburan kalian di wisata air terjun ini dengan beberapa aktivitas berikut:

Trekking

Saat tiba di gerbang untuk tiba di curug nangka harus menempuh jarak sejauh 700 meter. Air terjun yang lokasinya berada di ketinggian dengan jalan yang menanjak dan cukup berliku  membuat wisatawan harus trekking untuk tiba di air terjun.

Tenang saja jalur menuju air terjun telah tersedia jalan setapak yang cukup aman untuk dilewati para pengunjung. Selama trekking pengunjung akan melihat pemandangan yang begitu luar biasa yaitu barisan pohon pinus yang menjulang tinggi di bagian sisi kiri.

Sedangkan bagian kanan kalian akan melihat hamparan persawahan yang hijau dan juga pegunungan. Kalian juga bisa menemui beberapa kelompok kera yang sedang bergelantungan diatas pohon.

Pemandangan indah yang ada di depan mata sangat sempurna dengan udara sekitar yang begitu menyegarkan.

Saat hampir mendekati air terjun para pengunjung harus berjalan diatas bebatuan dan menyusuri sungai sepanjang 50 meter dengan kedalaman yang dangkal yakni hanya setinggi betis orang dewasa.

Trekking ini akan sangat mengasyikkan bila dilakukan bersama teman atau ramai-ramai. Dan juga akan memberikan pengalaman baru bagi kalian yang pertama kali melakukan trekking.

Baca juga: Curug Cibeureum: Lokasi, Tiket Masuk, & Tips Berkunjung

Berenang

Setibanya di curug para pengunjung dapat bermain-main air ataupun berenang di kolam alami yang berada di bawah air terjun. Airnya yang dingin terasa begitu menyegarkan.

Aliran airnya juga cukup deras dengan airnya yang cukup bersih pasti sangat sayang dilewatkan untuk berenang di bawah air terjun. 

Camping

 Area wisata ini juga sering digunakan pengunjung untuk camping. Pengelola curug ini juga telah menyediakan camping ground yang dapat digunakan pengunjung untuk mendirikan tenda.area camping ground berada pada bagian sisi kanan yang dekatnya tak jauh dari anak sungai.

Pengunjung yang berkemah dikenakan biaya sebesar Rp 5000 / hari. Mendirikan tenda di sekitar kawasan air terjun ini akan memberikan nuansa yang berbeda dari camping di gunung ataupun pantai.

Menikmati indahnya alam dengan mendirikan tenda akan membuat liburan kalian terasa menyatu dengan alam. Camping ground kawasan ini cukup aman dan juga mengesankan untuk, bagaimana apakah kalian penasaran berkemah di alam terbuka dekat curug? 

Hunting Foto

Bagi kalian yang suka photography dan foto-foto,curug nangka bogor ini bisa dijadikan spot foto yang menarik. Selain bisa mengabadikan keindahan pemandangan sekitar disini pengunjung bebas berfoto dan berselfie dengan latar belakang air terjun ataupun pohon pinus. Selain itu ada juga beberapa spot unik lainnya yang bisa dijadikan tempat untuk berselfie.

Penginapan di Curug Nangka

Pengunjung juga bisa menghabiskan malam dengan menyewa penginapan di dekat lokasi wisata curug ini. Terdapat beberapa pilihan penginapan dengan fasilitas dan harga yang cukup beragam.

Beberapa hotel dan penginapan dekat kawasan air terjun antara lain: hotel santika bogor,sahira butik hotel,izi hotel,favehotel padjajaran bogor,amaris hotel padjajaran bogor dan masih banyak lainnya.

Harga yang ditawarkan juga beragam yaitu mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 700.000 sesuai dengan fasilitas apa saja yang ditawarkan hotel tersebut.

Jadi bagi kalian yang ingin menginap di dekat kawasan curug kalian bisa memilih sesuai dengan fasilitas apa yang kalian inginkan dan juga budget yang kalian miliki. 

Tiket Masuk Curug Nangka

Wisata Curug Nangka Bogor
Wisata Curug Nangka (Photo by wisatakuliner09.blogspot.com)

Tiket masuk curug nangka para pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 7.500 di loket masuk pertama dan Rp 15.000 pada loket kedua.

Wisatawan asing juga dikenakan biaya masuk sebesar Rp 150.000. Biaya lainnya yaitu parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2000 dan juga Rp 5000 untuk kendaraan roda 4.

Demikian informasi mengenai curug nangka bogor yang dapat advontura sampaikan, semoga informasi-informasi diatas bermanfaat. Sampai jumpa pada destinasi wisata lainnya. 

Baca juga: Curug Cilember Bogor – Lokasi, Rute, & Harga Tiket

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *