Curug Leuwi Lieuk Bogor – Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Curug Leuwi Lieuk
Photo by wisatainfo. com
Daftar isi

Curug, atau dalam Bahasa Indonesia berarti air terjun, merupakan objek wisata alam yang kerap kali dipilih masyarakat untuk menghabiskan waktu berlibur di kota Bogor. Salah satu yang paling populer ialah Curug Leuwi Lieuk Bogor. Penasaran seperti apa ulasan lengkapnya? Yuk baca artikel berikut sampai habis.

Wisata Curug Leuwi Lieuk Bogor

Objek wisata air terjun Leuwi Lieuk sudah banyak dilirik oleh wisatawan karena keindahannya yang menakjubkan. Meskipun harus mendaki gunung dan melewati lembah, air terjun ini tetap menjadi salah satu destinasi terfavorit wisatawan saat berlibur ke kota Bogor. 

Kawasan rekreasi berikut menjadi pilihan paling tepat apabila Anda ingin menghilangkan rasa suntuk dengan hiruk pikuk perkotaan. 

Sebab, udara sejuk dan jernihnya air yang dimiliki air terjun Leuwi Lieuk kabarnya mampu merelaksasi pikiran para pengunjungnya. Patut dicoba!

Selain bisa meredakan stress, keunikan lain dari objek wisata ini terletak pada keindahan airnya yang berwarna hijau tosca. Dimana di sekelilingnya terdapat tebing batu kehitaman tak terlalu tinggi yang menambah kesan eksotis. 

Artikel Terkait

Tebing-tebing batuan tersebut sering digunakan untuk cliff jumping oleh para wisatawan yang menyukai tantangan. Ketinggiannya bervariasi mulai dari 3 meter, 5 meter, 6 meter, hingga 7 meter. 

Kedalaman airnya pun berbeda-beda. Di lokasi yang jauh dari tebing, airnya tidak terlalu dalam. Namun, jika semakin ke tengah, kedalamannya mencapai 4 meter. 

Sehingga disarankan bagi Anda yang tidak bisa berenang untuk menggunakan alat bantu berupa pelampung atau ban. Sedangkan, bagi anak-anak kecil dianjurkan agar bermain air di tepian dengan awasan orang tua.

Tak hanya berenang dan cliff jumping, rupanya terdapat aktivitas lain yang bisa pengunjung lakukan ketika berada di kawasan air terjun Leuwi Lieuk. Contohnya yaitu kegiatan photography. Jika Anda gemar mengambil foto-foto cantik nan keren bertema alam, maka lokasi wisata ini dapat dijadikan pilihan. 

Setelah mengabadikan keindahan panorama alamnya, Anda sebagai pengunjung boleh bebas berfoto maupun berselfie ria dengan latar belakang air terjun dan tebing-tebing kokoh di sekitarnya.

Bagaimana? Sudahkan Anda terbayang akan kecantikan Leuwi Lieuk berikut?

Lokasi Curug Leuwi Lieuk 

Curug Leuwi Lieuk
Curug Leuwi Lieuk (kilometerindonesia.blogspot.com)

Lokasi Curug Leuwi Lieuk berada di Jalan Gunung Wangun RT.04, RW.05, Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. 

Tempat rekreasi ini berjarak 16,2 km dari Taman Bundaran Sentul Nirwana dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 60 menit untuk sampai di titik lokasi wisata.

Camping

Ternyata telah tersedia juga area lapang luas bagi pengunjung yang ingin camping di Curug Leuwi Lieuk Bogor. Dengan tarif atau biaya retribusi sebesar Rp40.000 per orang, Anda sudah bisa bermalam di tempat ini. Murah, bukan?

Baca juga: Curug Nangka Bogor – Lokasi, Rute, & Tiket Masuk

Rute ke Curug Leuwi Lieuk Bogor

Akses untuk bisa mencapai ke lokasi wisata tidak bisa dikatakan mudah. Sehingga saat berkunjung ke tempat ini, pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat. Sebab, untuk menuju titik air terjun, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari lokasi parkir.

Aksesnya pun akan semakin curam terutama ketika memasuki musim hujan. Dimana jalanan yang harus dilalui menjadi basah dan berlumpur. 

Akan tetapi, rasa lelah dalam diri langsung terbayar sesaat Anda telah tiba dan melihat keindahan panorama objek wisata alam berikut.

Rute ke Curug Leuwi Lieuk dimulai dari Taman Bundaran Sentul Nirwana lalu belok ke kiri ke arah JungleLand. Di sana Anda akan menemukan pintu masuk yang terletak di sebelah kanan dengan jalan sedikit menanjak. 

Ikuti terus jalan tersebut sampai menemukan pertigaan. Sesampainya di pertigaan, pilih rute ke kiri untuk ke tempat wisata. Anda akan menemukan tulisan Curug Leuwi Hejo dalam jarak kurang lebih 5 km.

Curug Lieuk dan Leuwi Hejo merupakan dua destinasi berbeda dalam satu kawasan yang sama. Namun, untuk mencapai air terjun Lieuk, sobat Advontura harus menuju ke Curug Leuwi Hejo terlebih dahulu.

Sayangnya, plang penunjuk arah ke tempat wisata masih terbilang sedikit. Sehingga, jika Anda merasa bingung, jangan ragu untuk bertanya pada penduduk sekitar, ya!

Harga Tiket Masuk 

Wisata Curug Leuwi Lieuk Bogor
Wisata Curug Leuwi Lieuk Bogor (Photo by liberica-magazine.blogspot.com)

Harga tiket masuk lokasi wisata sebesar Rp.10.000 per orang saat weekday dan Rp.15.000 di hari libur atau weekend. Harga tersebut tidak termasuk biaya sewa pelampung. 

Para pengunjung yang membawa kendaraan juga dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk roda 4 dan Rp 5.000 untuk roda 2.

Jam operasional dibukanya tempat wisata berikut mulai dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00, dari hari Senin hingga hari Minggu.

Fasilitas seperti tempat makan, warung, toilet dan kamar mandi berada di satu area yakni di dekat tempat parkir. 

Oleh sebab itu, karena area parkir dan lokasi air terjun cukup jauh, maka manfaatkanlah waktu untuk membeli makanan ataupun minuman terlebih dahulu jika Anda tidak membawa bekal sendiri dari rumah.

Demikian informasi mengenai wisata Curug Leuwi Lieuk Bogor. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda sebagai referensi wisata untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan bersama keluarga. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata seru lainnya!

Baca juga: Curug Cilember Bogor – Lokasi, Rute, & Harga Tiket

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *