Curug Cilember : Lokasi, Rute & Harga Tiket Terbaru

Curug cilember
wisatabaru.com
Daftar isi

Curug atau air terjun merupakan salah satu destinasi wisata alam yang kerap dipilih oleh masyarakat sebagai pilihan untuk menghabiskan waktu berlibur. Di Bogor, terdapat satu curug yang keberadaannya cukup banyak menyita perhatian masyarakat luas yaitu Curug Cilember.

Curug Cilember Bogor merupakan wisata alam yang memiliki tujuh air terjun dalam satu lokasi yang sama. Keunikan tersebut yang membuat lokasi curug ini ramai dipadati pengunjung, terutama bagi wisatawan pecinta alam. Curug Cilember juga dikenal dengan sebutan Curug Tujuh Cilember dikarenakan jumlah air terjunnya.

Jarak antara satu curug dengan yang lainnya cukup jauh, sehingga bagi wisatawan yang tidak memiliki fisik yang cukup kuat hanya akan mengunjungi curug yang letaknya paling dekat dengan gerbang masuk.

Antar air terjun berjarak kurang lebih 150 hingga 800 meter dan hanya dapat diakses dengan hiking karena medannya cukup sempit dan licin terutama jika sedang musim hujan. 

Sesuai dengan namanya curug ini terdiri dari 7 tingkatan air terjun. Dimulai dari yang paling rendah dan dekat loket masuk yaitu Cilember 1 hingga yang tertinggi Cilember 7. Untuk menuju lokasi curug wisatawan akan melewati jalan kecil yang terbuat dari bebatuan seadanya.

Artikel Terkait

Semakin tinggi curug, semakin sulit juga akses masuknya. Curug yang memiliki akses paling mudah dan aman adalah jalur menuju lokasi Cilember 1 hingga Cilember 4. Cilember 7 alias curug tertinggi sangat jarang dijamah oleh pengunjung.

Wisatawan biasanya hanya dapat mencapai Cilember 6 karena akses menuju Cilember 7 sangat terbatas dan cukup berbahaya. Hanya orang – orang tertentu yang mampu menyelesaikan perjalanan hingga Cilember 7. 

Curug Cilember Bogor telah dibuka dan dikelola oleh Perhutani sejak tahun 1990. Namun baru pada tahun 2000 curug ini diresmikan sebagai objek wisata alam. Curug Cilember menempati wilayah dengan luas kurang lebih 5.9 hektar.

Curug ini terletak di kawasan hutan hujan tropis dengan ketinggian antara 800 sampai 900 mdpl dan memiliki suhu udara mencapai 18 hingga 23 derajat celcius. Hal tersebut menyebabkan udara dan juga suasana yang ada di sekitar area curug terasa segar dan juga sejuk.

Ketinggian air terjun ini bervariasi, mulai dari jeram yang aliran airnya pendek, hingga jeram dengan aliran air tertinggi hingga mencapai ketinggian 40 meter.

Curug Cilember Bogor berada tengah hutan lebat dan di sekitar lokasinya dipenuhi dengan tanaman pohon pinus merkusii. Walaupun lokasinya berada di tengah – tengah hutan, curug ini tetap dapat dijangkau dengan hiking. 

Nama Cilember berasal dari bahasa Sunda dengan kata “ci” atau “cai” yang berarti air dan juga “lember” yang berarti kamur. Nama Cilember sendiri dipilih karena di sekitar lokasi curug terdapat banyak jamur.

Selain karena keindahannya, Curug Cilember Bogor juga terkenal dengan mitos yang beredar di masyarakat sekitar. Konon katanya curug ini dahulunya merupakan tempat untuk mandi para putri Kerajaan Pasundan yang terkenal baik dan cantik.

Curug keempat diyakini masyarakat dapat berkhasiat sebagai obat agar awet muda, menyembuhkan penyakit, hingga mempercepat datangnya jodoh.  

Lokasi Curug Cilember Bogor

Wisata Air terjun Curug Cilember
Curug Cilember (Photo by travelspromo.com)

Sesuai dengan namanya, lokasi Curug Cilember berada di Desa Cilember, tepatnya di Jl. Raya Puncak, Megamendung, Ds. Cilember, Kec. Cisarua, Bogor. Lokasi Curug Cilember Bogor berada sejalur dengan destinasi wisata taman bunga matahari dan taman safari Bogor.

Objek wisata ini berjarak kurang lebih Lokasi Curug Cilember Bogor dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore. Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata ini adalah pada pagi hari sekitar pukul 6 hingga 8 pagi atau pada sore hari sekitar pukul 4 sore.

Waktu tersebut disarankan karena udara masih segar dan matahari belum bersinar terik sehingga perjalanan hiking menuju lokasi air terjun akan terasa lebih ringan dan santai.

Baca juga: Telaga Warna Puncak Bogor – Lokasi & Harga Tiket

Rute ke Curug Cilember Bogor

Rute ke Curug Cilember Bogor dimulai dari arah Depok menuju Jalan Raya Jakarta – Bogor. Lurus hingga memasuki daerah Ciawi lalu lanjut menuju arah puncak.

Setelah sampai Hotel USSU Cisarua atau Kedai Makan Sate H. Kadir, wisatawan akan menemukan sebuah papan petunjuk yang akan mengarahkan perjalanan menuju lokasi Curug Cilember berada.

Ikuti petunjuk hingga bertemu pertigaan, lalu ambil belokan ke arah kanan.Dari pertigaan tersebut wisatawan hanya perlu menempuh kurang lebih 1.5 KM perjalanan untuk sampai di lokasi curug.

Untuk wisatawan yang menaiki kendaraan umum dari Jakarta dapat memulai rute ke Curug Cilember Bogor dengan menaiki KRL atau Commuter Line dengan tujuan akhir stasiun Bogor. Setelah sampai, rute ke Curug Cilember Bogor dilanjutkan dengan menaiki angkot dengan jurusan Bubulak – Sukasari.

Setelah sampai daerah Sukasari, perjalanan dilanjutkan kembali dengan menaiki angkot jurusan Sukasari – Cisarua. Wisatawan dapat turun di desa Cilember dan melanjutkan perjalanan menuju lokasi Curug Cilember Bogor menggunakan ojek.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember Bogor

Curug cilember
Wisata Curug Cilember (Photo by alabamalighthouses. com)

Harga tiket masuk Curug Cilember dipatok dengan harga resmi Rp 6.000 per orang. Harga tiket masuk Curug Cilember tersebut belum termasuk biaya parkir, biaya menginap, dan juga biaya bermain wahana.

Untuk biaya parkir, pengunjung akan dikenai tarif sebesar Rp 4.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 8.000 untuk kendaraan roda empat.

Namun biaya parkir tersebut harus diperpanjang menjadi Rp 10.000 untuk roda dua, dan juga Rp 20.000 untuk roda empat apabila wisatawan memilih untuk bermalam di kawasan air terjun. 

Fasilitas dan Aktivitas Menarik di Curug Cilember Bogor

Hiking

Hiking adalah aktivitas utama yang harus dilakukan wisatawan untuk sampai di lokasi air terjun. Aktivitas ini cukup menguras tenaga dan juga energi wisatawan.

Namun tenang saja, pemandangan dan juga sejuknya udara saat telah sampai di lokasi curug akan membuat rasa lelah itu hilang seketika.

Sebenarnya banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk menaklukan 7 curug , namun mayoritas dari wisatawan hanya berhasil sampai di lokasi Cilember 4 atau 5 saja. Wisatawan Tidak perlu khawatir salah jalan atau tersesat karena telah tersedia gambar dan juga denah petunjuk arah.

Di sepanjang jalan juga terdapat beberapa papan petunjuk jalan yang akan memudahkan wisatawan untuk mencapai lokasi curug. Saat lelah hiking, pengunjung dapat beristirahat sejenak di beberapa warung makan yang berada tidak jauh dari jalur hiking.

Medan hiking disini berbeda – beda tergantung kesulitan aksesnya. Semakin tinggi lokasi curug maka akses hiking atau trekking nya akan semakin sulit karena jalurnya akan semakin sempit dan juga licin.

Waktu yang akan dihabiskan untuk mencapai lokasi curug tertinggi adalah sekitar 2 sampai 3 jam tergantung kekuatan fisik dan waktu istirahat yang dibutuhkan wisatawan. Wisatawan disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin selama melakukan hiking menuju lokasi curug. 

Camping Ground

Kawasan air terjun Cilember memiliki area camping ground yang tersebar di 3 titik antara lain camp curug 5, camp curug 7, dan camp Lembah Pakis.

Di area camping ground tersebut juga terdapat tempat penyewaan tenda bagi para wisatawan yang ingin bermalam namun tidak membawa perlengkapan camping.

Untuk masalah harga, tenda disini disewakan dengan harga yang cukup bervariasi tergantung ukuran dari tenda yang akan disewa. Area camping ground dikelilingi oleh pohon tinggi dan juga tanaman hijau sehingga menambah kesan asri dan juga menyatu dengan alam.

Di camping ground ini juga wisatawan dapat bersantai hammock yang telah ditambatkan pada pohon pinus. Menikmati udara segar sambil bersantai memanglah perpaduan yang nikmat.

Keamanan di camping ground ini juga cukup terjamin, setiap malam ada pegawai yang bertugas untuk berpatroli serta menjaga wisatawan yang sedang berkemah. Dia area camping ground dilengkapi pula dengan kamar mandi bersih dan juga beberapa kios makanan yang buka hingga malam hari

Taman Konservasi Kupu-Kupu

Di kawasan wisata Curug Cilember Bogor terdapat sebuah taman konservasi kupu – kupu yang berbentuk seperti kubah jaring raksasa. Terdapat kurang lebih 12 jenis kupu – kupu yang ditembangkan disini. Tersedia juga sebuah laboratorium yang digunakan sebagai tempat penangkaran kupu – kupu.

Disini wisatawan dapat melihat proses metamorfosis kupu – kupu mulai dari telur hingga menjadi kupu – kupu sempurna. Taman kupu – kupu ini dapat dijadikan sebagai wisata edukasi bagi wisatawan yang membawa anak.

Taman Konservasi ini berada diatas lahan seluas 500 meter persegi dan dipenuhi oleh beberapa jenis tanaman dan bunga.

Taman konservasi juga dilengkapi dengan petugas ramah yang siap menjelaskan tentang berbagai jenis kupu – kupu yang ada disana. Untuk memasuk taman konservasi ini, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja per orangnya. 

Pondok Penginapan

Di sekitar area wisata air terjun terdapat beberapa pondok penginapan yang dapat dipilih oleh wisatawan yang ingin bermalam sambil menikmati. Pondok penginapan ini berlokasi di sekitar kawasan air terjun dan hutan pinus.

Wisatawan yang datang dengan rombongan atau keluarga besar dapat menyewa pondokan yang berisi 3 kamar tidur lengkap dengan dapur, water heater, dan juga fasilitas lain dengan rentang harga Rp 600.000 hingga Rp 900.000 per malam.

Pondokan yang ada di area air terjun tersedia dalam beberapa ukuran dan fasilitas yang beragam. Harga sewanya juga bervariasi tergantung fasilitas dan ukuran pondokan yang dipilih. 

Fasilitas Umum

Wisata Curug Cilember Bogor berada dibawah pengelolaan Kementerian Kehutanan serta Dinas Pariwisata Kota Bogor. Fasilitas umum yang dimiliki objek wisata ini dapat dikatakan cukup lengkap dan memadai.

Fasilitas tersebut antara lain area parkir luas, mushola, dan juga toilet umum yang tersebar di beberapa tempat. Disekitar area air terjun juga dilengkapi dengan bangku – bangku taman untuk wisatawan duduk bersantai sambil menikmati pemandangan.

Kios dan warung juga tersedia di sepanjang jalur hiking menuju air terjun. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan pos jaga, pondok kerja, gardu pandang, hingga pusat informasi.

Untuk wisatawan yang ingin bermain di sekitar curug, pengelola telah menyiapkan beberapa wahana permainan seperti panahan, sepeda gantung, dan flying fox. Di sekitar area wisata ini juga terdapat kolam terapi ikan dan juga taman kelinci. Bagaiamana? Tertarik untuk datang kemari?

Baca juga: Curug Cibeureum: Lokasi, Tiket Masuk, & Tips Berkunjung

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *