Curug Cibeureum: Lokasi, Tiket Masuk, & Tips Berkunjung

air terjun cibeureum
photo by udaindra.blogspot.com
Daftar isi

Sudahkah kalian mengunjungi salah satu destinasi wisata favorit Cianjur? Yup, apalagi kalau bukan Curug Cibeureum. Sebelum berkunjung ke sana, yuk baca ulasan lengkap dari Advontura mulai dari lokasi, harga tiket masuk, hingga tips-tips menarik.

Berkunjung ke wisata alam seperti gunung, pantai, curug atau air terjun merupakan pilihan favorit wisatawan setiap hari libur tiba. Wisatawan, terutama yang tinggal di perkotaan, lebih memilih wisata alam sebagai objek berlibur karena dapat menyegarkan pandangan dan juga pikiran dari padatnya perkotaan.

Salah satu wisata alam indah yang wajib untuk dikunjungi adalah Air Terjun Cibeureum atau yang lebih dikenal dengan nama Curug Cibeureum. Curug Cibeureum merupakan salah satu curug atau air terjun yang berada di kawasan Kabupaten Cianjur.

Air Terjun Cibeureum juga merupakan air terjun utama dan terbesar diantara dua air terjun yang berada di sekitar kawasan Gunung Gede Pangrango.

Lokasi Curug Cibeureum berada paling dekat dengan shelter jika dibandingkan dengan dua curug lainnya sehingga keberadaan curug ini lebih banyak diketahui dan dipadati oleh wisatawan.  

Artikel Terkait

Aliran air yang mengalir di Curug Cibeureum memiliki karakteristik air jernih yang mengalir cukup deras namun tidak terlalu tinggi. Lokasi Air Terjun Cibeureum berada pada bagian paling kiri dengan aliran air paling pendek.

Pada bagian tengah terdapat Curug Cidendeng dengan ukuran lebih ramping dan aliran air yang lebih tinggi. Lalu pada bagian paling kanan dan diapit tebing terdapat Curug Cikundul. Karena letaknya yang berada pada bagian paling kanan, lokasi Curug Cikundul adalah yang paling sepi pengunjung.

Katiga air terjun tersebut memiliki ketinggian kurang lebih 1675 meter diatas permukaan laut. Sedangkan untuk tinggi aliran air, rata – rata memiliki ketinggian sekitar 40 sampai 50 meter.

Lokasi Curug Cibeureum

Lokasi Curug Cibeureum berada di kaki Gunung Gede Pangrango, tepatnya pada Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat . Cianjur sebenarnya memiliki banyak sekali objek wisata alam yang indah, namun mayoritas masyarakat tidak mengetahui keberadaannya.

Air Terjun Cibeureum merupakan objek wisata yang keberadaanya cukup banyak diketahui oleh wisatawan karena Lokasi Curug Cibeureum ini terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango sehingga banyak pendaki yang melihat dan mengetahuinya.

Selain itu, lokasi Curug Cibeureum banyak diketahui oleh masyarakat luas karena wisatawan yang telah berkunjung mengunggah foto keindahan alam yang dimiliki curug ini ke sosial media. 

Untuk mencapai lokasi Curug Cibeureum, wisatawan akan melewati jalan setapak jalur pendakian Gunung Gede Pangrango selama kurang lebih 60 sampai 90 menit perjalanan. Wisatawan yang melewati jalur ini akan banyak bertemu dengan pendaki karena melewati jalur yang sama.

Lokasi Air Terjun Cibeureum berada tepat di hulu Sungai Cipelang. Wisatawan akan menyaksikan pemandangan alam yang indah dan asri selama perjalanan menuju lokasi curug berada.

Walaupun perjalanan yang ditempuh dengan berjalan kaki cukup lama, namun karena sajian pemandangan indah yang ada di kawasan tersebut dijamin mampu membuat pengunjung tidak akan merasa bosan.  Seelain itu, selama pendakian, pengunjung juga akan ditemani oleh suara kicauan burung yang membuat suasana alamnya lebih terasa.

Pengelola telah menyediakan pos peristirahatan yang tersebar di beberapa titik menuju lokasi Curug Cibeureum. Pos pertama akan ditemui setelah wisatawan menempuh kurang lebih 30 menit perjalanan.

Pos ini dilengkapi dengan tempat untuk sekedar duduk atau beristirahat, kamar mandi umum, dan juga pusat informasi. Pos kedua akan ditemui di dekat kawasan Telaga Biru. Telaga Biru merupakan danau indah dan asri yang memiliki air berwarna biru jernih.

Pos selanjutnya berada di sebelah pertigaan kawasan Pancayangan Kuda. Di pos ini wisatawan akan menemukan petunjuk arah yang akan menunjukkan jalan menuju lokasi curug berada.

Dari pos terakhir jika mengambil arah kiri akan membawa wisatawan menuju lokasi Puncak Gunung Gede, air panas, dan juga Kandang Badak. Sedangkan jika mengambil arah kanan, wisatawan akan sampai di lokasi Curug Cibeureum dan juga Puncak Pangrango

Baca juga: 11 Tempat Wisata Air Terjun di Bali Terbaik dan Terindah

Harga tiket masuk Curug Cibeureum

Curug cibeureum
Curug cibeureum (photo by hargatiket.net)

Harga tiket masuk Curug Cibeureum dibanderol dengan harga Rp 18.500 pada akhir pekan maupun hari libur. Sedangkan untuk hari biasa,  harga tiket masuk Curug Cibeureum turun harga menjadi Rp 16.000 saja untuk setiap orangnya.

Harga tiket masuk Curug Cibeureum tersebut belum termasuk biaya untuk parkir kendaraan. Area parkir yang disediakan oleh pengelola cukup besar mampu menampung baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Namun untuk menikmati keindahan alam curug, wisatawan harus berjalan kaki melewati jalan setapak selama kurang lebih 1 jam. Untuk biaya parkir pengunjung akan ditarik tarif sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Tiket masuk curug dapat dibeli di pintu masuk menuju kawasan curug. Loket pembelian tiket mulai dibuka pada pukul 8 pagi dan akan ditutup pada pukul 1 siang.

Setelah membeli tiket masuk, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju kawasan curug yang berjarak sekitar 2.7 kilometer. 

Tips Berkunjung

Lokasi curug cibeureum
Lokasi curug cibeureum (.idntimes.com)

Jika wisatawan ingin menikmati keindahan alam ditemani udara segar maka lebih baik memilih untuk mengunjungi Air Terjun Cibeureum pada hari biasa yaitu senin sampai jumat.

Kawasan wisata ini akan dipenuhi oleh pengunjung saat akhir pekan dan hari libur nasional sehingga pengunjung tidak akan merasakan tenangnya suasana alam yang ada disini. Selain itu, pada hari libur rute lalu lintas menuju kawasan Air Terjun Cibeureum akan macet dan padat dipenuhi oleh wisatawan.

Jika berkunjung pada akhir pekan, lebih baik wisatawan memulai perjalanan di pagi hari untuk menghindari macet. Berkunjung di pagi hari juga lebih disarankan karena selain kondisinya masih cukup sepi, udara di kawasan ini akan terasa lebih segar saat masih pagi. 

Sebelum mengunjungi Air Terjun Cibeureum, wisatawan diharapkan dalam keadaan sehat serta memiliki kondisi fisik yang kuat dan prima. Karena untuk menuju lokasi Air Terjun Cibeureum pengunjung akan melewati jalan setapak selama kurang lebih 1 jam yang pastinya akan cukup menguras tenaga fisik.

Tidak perlu khawatir, lelahnya perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan alam dan jernihnya air yang ada di curug ini. Pengunjung juga dapat mengambil banyak foto dengan latar belakang pemandangan alam yang memukau.

Pengunjung juga disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman mengingat perjalanan yang harus dilalui. Pengelola juga menghimbau wisatawan untuk mematuhi semua peraturan yang ada dan juga diharapkan untuk tidak membuang sembarangan serta tidak merusak lingkungan.  

Baca juga: Air Terjun Sri Gethuk: Tips hingga Harga Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *