Air Terjun Coban Rondo Malang, Harga Tiket dan Fasilitasnya

Coban rondo
Photo by id.wikipedia.org
Daftar isi

Apakah kalian sudah pernah berkunjung ke salah satu air terjun terindah di kota Malang? Yup, apalagi kalau bukan Coban Rondo. Simak ulasannya di bawah ini.

Kota Malang memang sangat istimewa. Tak hanya kaya akan hasil alam dan pemandangannya yang indah di kota ini kalian juga dapat menikmati wisata alam,wisata edukasi dan juga wisata kuliner. Paket komplit bukan? Suasana Kota Malang yang sejuk dan dingin menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk dapat berwisata ke Malang.

Pada akhir pekan dan libur besar kota ini selalu penuh dengan pengunjung yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Banyak juga destinasi wisata alam yang dapat kalian jumpai di Malang salah satunya yaitu Coban Rondo.

Berwisata ke Malang tak lengkap rasanya apabila belum mengunjungi coban yang satu ini. Bagi sahabat advontura yang penasaran dengan wisata air terjun ini,kali ini advontura akan mengulas mengenai wisata ini. 

Rute Perjalanan Menuju Coban Rondo

Bagi para pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi air terjun ini maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu dimana lokasi air terjun coban rondo ini. Coban Rondo terletak di Jl.Coban Rondo yang berlokasi di Desa Pandesari,Kecamatan Pujon,Kota Batu Malang.

Artikel Terkait

Air terjun coban rondo berjarak kurang lebih 20 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Malang. Sedangkan bagi kalian yang berada di Batu jarak yang ditempuh pun sangat dekat yakni kurang lebih 12 km dengan waktu tempuh 30 menit perjalanan.

Bagi kalian yang berada di luar kota malang kalian dapat langsung mengikuti alamat yang telah ada pada gmaps. Kalian bisa langsung menuju ke Kota Batu dan menuju daerah kawasan Pujon. Rute ini juga biasa dilewati oleh bus malang-jombang maupun malang-kediri.

Setelah berada di desa pujon kalian akan menjumpai pertigaan patung sapi, setelah itu kalian bisa langsung masuk menyusuri gang sapi tersebut dan mengikuti rute hingga sampai pada gerbang masuk wisata air terjun coban rondo malang.

Berwisata Alam dengan Menikmati Sejuknya Udara dan Keindahan Coban Rondo

Kota Batu Malang memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik dan indah untuk dijadikan tempat berwisata bersama keluarga maupun teman. Banyak sekali coban-coban yang ada di kota ini salah satunya yang terkenal ialah air terjun Coban Rondo.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter selain itu pemandangan sekelilingnya masih sangat asri dengan adanya pohon-pohon hijau berukuran besar. Air terjun ini menyajikan pemandangan air terjun yang begitu mempesona dengan airnya yang sangat jernih dan segar.

Air terjun coban rondo berada diatas ketinggian 1135 mdpl hal ini lah yang membuat suasana dan hawa di sekitar air terjun terasa begitu sejuk dengan hawa yang cukup dingin. Sumber mata air terjun ini berasal dari lereng kaki Gunung Kawi yang letaknya juga tidak jauh dari kawasan ini.

Air terjun coban rondo ini memiliki air yang sangat menyegarkan dan jernih serta dikelilingi tebing-tebing tinggi serta banyaknya pohon pinus yang menjulang tinggi membuat kawasan ini bergitu asri dan menyejukkan mata.

Selain itu kalian juga dapat mendengarkan kicauan burung-burung yang samar terdengar saat berada disini selain itu di kawasan ini kalian juga akan melihat bahkan menjumpai beberapa monyet yang berada di kawasan sekitar coban.

Coban ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur untuk menghilangkan kepenatan dan stress, kembalinya dari wisata ini kalian akan merasakan pikiran yang tenang dan rileks. Berlama-lama di tempat yang asri dan sejuk ini pasti akan membuat banyak pengunjung merasa nyaman dan damai.

Selain itu air terjun itu juga mengalir pada sebuah sungai, air sungai tersebut sangat jernih dan juga dingin. Banyak pengunjung yang bermain-main air di sungai tersebut. Bahkan ada juga pengunjung yang mencuci muka ataupun bermain main air di pinggiran sungai.

Namun para pengunjung juga harus mengikuti dan mematuhi setiap peraturan yang ada di air terjun ini yaitu dengan tidak melewati batas untuk mendekati air terjun. Hal ini dibuat untuk menjaga keamanan para pengunjung dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ini karena bebatuan yang ada di bawah air terjun banyak sekali yang berlumut karena terkena air setiap harinya, dikhawatirkan bebatuan yang berlumut itu akan membuat pengunjung tergelincir.

Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata ini yaitu pagi ataupun sore hari, karena kalian akan merasakan kesejukan dan kesegaran udara disini, selain itu untuk menghindari terik matahari. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. 

Baca juga: Danau Ranu Kumbolo, Surga di Balik Gagahnya Semeru

Wahana Coban Rondo yang Menarik

Labirin Coban Rondo
Labirin, Photo by bisniswisata.co.id

Selain menikmati keindahan dan kesejukan udara kawasan air terjun, Coban Rondo tidak hanya menyajikan keindahan dan keelokan air terjun saja. Akan tetapi terdapat beberapa wahana yang dapat para pengunjung coba dan nikmati selama berada di kawasan air terjun coban rondo. Berikut beberapa wahana yang menarik diantaranya :

Labirin

Labirin Coban Rondo merupakan sebuah taman yang dibuat dari tanaman dengan yang cukup tinggi dan dibentuk seperti sebuah labirin.

Labirin merupakan salah satu permainan yang sedang hits dan banyak digemari oleh para pengunjung. Para pengunjung dapat menikmati dan mengeksplor labirin ini sampai berhasil menemukan pusatnya yang berada di tengah-tengah.

Bahkan Labirin Coban Rondo ini juga banyak digunakan para wisatawan sebagai objek untuk bermain petak umpet bersama teman-teman. Sangat mengasyikkan bersembunyi dan mencari teman di antara labirin dengan pohon yang cukup tinggi dan rapat ini, kalian pasti akan kesulitan untuk menemukan satu sama lain.

Bagaimana penasaran dengan sensasi bermain di dalam labirin coban rondo? Datang saja langsung ke wisata ini dan nikmati betapa seru dan asyiknya bermain di tengah labirin. Selain itu para pengunjung dapat menikmati keindahan labirin dengan memotretnya dari atas, labirin akan terlihat sangat bagus dan begitu jelas apabila dilihat dari atas menara pandang yang letaknya berada di pintu gerbang tiket labirin.

Selain itu kalian juga bisa berfoto dan berselfie saat telah menemukan pusat labirin. Para pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 20.000 saja untuk dapat menikmati keseruan bermain di Labirin Coban rondo.

Outbond

Bagi para pengunjung yang membawa anak wisata air terjun rondo juga memiliki fasilitas bermain outbound yang mengasyikkan. Beberapa fasilitas outbond yang ada di coban rondo malang ini diantaranya adalah : Flying Fox,Paint ball,Fun Tubing,Sepeda Gunung dan juga Camping Ground.

Para pengunjung dikenakan tarif yang beragam pada setiap jenis permainan. Permainan Fun Tubing merupakan wahana menyusuri sungai dengan menggunakan ban pelampung. Seru bukan bermain basah-basahan serta menyusuri sungai sembari menikmati indahnya pemandangan.

Para pengunjung yang mencoba fun tubing akan diberikan perlengkapan keamanan seperti baju pelampung dan juga ban.Paint ball dapat kalian coba apabila kalian datang bersama rombongan,permainan ini berisi 6 orang dalam satu tim. Permainan Paint ball ini merupakan sebuah simulasi perang-perangan dengan baku tembak menyerang lawan.

Namun tenang saja permainan ini menggunakan peluru karet selain itu para pengunjung juga akan dilengkapi dengan baju pelindung dan juga alat pelindung lainnya. Jika kalian tidak tertarik untuk bermain perang-perangan maka kalian bisa mencoba bermain flying fox.

Kalian akan dibawa meluncur dengan kecepatan yang cukup cepat dari atas ketinggian. Ada juga sepeda gunung yang dapat kalian coba untuk berkeliling dengan harga yang cukup terjangkau pula.

Bagi kalian yang ingin merasakan camping di kawasan ini pengelola coban rondo malang juga menyediakan camping ground bagi para pengunjung yang ingin mencoba sensasi berkemping.

Kebun dan wahana satwa

Tak hanya wahana permainan saja yang dapat kalian nikmati. Disini para pengunjung juga dapat menikmati dan dekat dengan alam yakni dengan adanya wahana satwa dan kebun yang ada di coban rondo malang. Wahana ini menyajikan wisata flora fauna dan juga bermacam-macam tanaman toga yang mengandung banyak manfaat.

Para pengunjung juga akan mendapatkan banyak informasi dan wawasan baru mengenai cara membudidayakan tanaman toga. Selain itu pengunjung juga dapat memberikan makan satwa seperti rusa disini. Ada juga persewaan kuda poni yang dapat disewa pengunjung yang membawa anak-anak saat berlibur.

Tak perlu khawatir karena adanya petugas yang menjaga keamanan para pengunjung. Bagaimana menarik bukan berwisata alam sekaligus berwisata edukasi dalam satu tempat? Datang saja dan coba langsung sensasi berwisata yang menyenangkan. 

Daun Coklat Cafe

Kawasan wisata ini  juga memiliki sebuah cafe yang bernuansa alam loh. Cafe ini bernama Daun Coklat Cafe (Dancok Cafe). Selain berwisata kuliner atau bersantai kalian juga bisa berfoto-foto di cafe ini loh. Desain cafe ini sangat unik dan tempatnya juga sangat asri. Selain itu banyak aneka makanan ringan ataupun minuman enak yang dapat kalian nikmati disini.

Fasilitas yang Ada di Coban Rondo Malang

Terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan pengunjung yaitu adanya toilet, mushola serta lahan parkir. Toilet dan musholanya pun cukup bersih, hal ini dikarenakan para pengelola menginginkan kenyamanan pengunjung. Lahan parkirnya cukup luas dan mampu menampung banyak kendaraan pengunjung yang datang.

Selain itu di sekitar kawasan ini juga terdapat warung makanan serta toko/kios oleh-oleh khas malang yang dijajakan disini. Bagi para pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh khas malang bisa langsung merapat pada kios-kios tersebut.

Selain itu kalian bisa menikmati makanan dan minuman yang dijual di warung-warung makanan sembari beristirahat setelah lelah berkeliling.

Tiket Masuk dan Wahana Coban Rondo

Untuk dapat menikmati keindahan air terjun coban rondo dan beberapa wahana di dalamnya berikut beberapa daftar harga tiket masuk dan harga tiket wahana-wahananya:

  1. Wisatawan lokal pada weekdays Rp 15.000
  2. Wisatawan lokal pada weekend dan hari libur nasional Rp 18.000
  3. Wisatawan domestik weekdays Rp 30.000
  4. Wisatawan domestik weekend Rp 35.000
  5. Labirin Rp 20.000
  6. Kereta mini Rp 5000
  7. Kuda tunggang Rp 12.000
  8. Sepeda Gunung Rp 5000
  9. Fun Tubbing Rp 35.000
  10. Pain Ball Rp 450.000(6 orang)
  11. Flying Fox Rp 30.000
  12. Wisata safari dan kebun Rp 5.000

Demikian informasi terkait Coban Rondo Malang yang dapat Advontura sampaikan. Semoga informasi diatas membantu dan bermanfaat bagi kalian untuk menentukan destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata selanjutnya.

Baa juga: Jatim Park 1 – Wahana dan Harga Tiket Masuk Jatim Park 1

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *