1. Air Terjun

Wisata Coban Rais | Lokasi, Harga Tiket & Spot Foto Terbaik

Wisata Coban Rais Malang adalah salah satu air terjun yang patut dikunjungi jika Anda berkunjung ke Kota Batu, Malang. Destinasi liburan tersebut mampu menyuguhkan pengunjungnya dengan pemandangan asri dan udara segar khas pegunungan.

Selain menikmati keindahan alam sekitar, terdapat pula spot-spot menarik yang disediakan pihak pengelola coban mulai dari taman bunga hingga wahana sepeda gantung. Menarik, bukan?

Yup, oleh sebab itu, kali ini Advontura akan membahas informasi lengkap seputar wisata Coban Rais Malang mulai dari lokasi, jam buka, harga tiket hingga rute yang dapat dituju. 

Wisata Coban Rais

Keindahan objek wisata alam di Kota Batu memang tak perlu diragukan lagi. Terlihat dari banyaknya jumlah pelancong yang datang khususnya ketika memasuki waktu akhir pekan

Contohnya yaitu destinasi liburan Coban Rais yang merupakn air terjun paling diminati wisatawan saat berkunjung ke kota Batu. 

Sebelum menjadi tempat rekreasi hits seperti sekarang, Coban berikut dikenal warga sekitar dengan sebutan Coban Sabrangan yang artinya air terjun di seberang. Mengapa begitu? Sebab mereka harus menyeberangi sungai terlebih dahulu apabila ingin mencapai lokasinya.

Objek wisata yang berada di lereng gunung Panderman 1.150 mdpl ini memiliki ketinggian hingga 75 meter dengan kemiringan sudut 90 derajat. 

Kondisi berikut menyebabkan suhu Air Terjun Rais sangat dingin. Anehnya, hal tersebut tak menyurutkan tekad wisatawan untuk tetap pergi. 

Akan tetapi, karena termasuk dalam area pegunungan, pengunjung yang ingin melihat pemandangan coban dari dekat harus melewati jalur tracking menantang seperti jalan setapak, tanjakan batu, jalan sempit, jembatan besi hingga menyebrangi sungai.

Jarak yang ditempuh pun cukup sebentar yakni kurang lebih 7 km atau sekitar 15 sampai 30 menit perjalanan.

Di sana, rasa lelah setelah menyusuri hutan akan terbayarkan oleh penampakan Coban Rais Malang yang menyajikan udara sejuk dan pemandangan hijau penyegar mata. Dijamin, siapa saja yang berkunjung pasti merasa takjub dengan panorama tersebut.

Selain itu, bunyi volume air yang jatuh dari sela-sela bebatuan juga menjadi nilai tambahan bagi Coba Rais. Dimana percikan-percikan tadi menghasilkan suara yang menenangkan sehingga suasana alamnya terasa begitu nyata.

Bersepeda di coban rais
Wisata Coban Rais (Photo by malang.merdeka. com)

Wahana dan Spot Foto Coban Rais

Tempat wisata ini tentu tidak hanya menghadirkan air terjun sebagai objek utamanya. Terdapat pula wahana hingga spot foto yang bisa Anda coba di sini.

Pihak pengelola memang mengembangkan area rekreasi berikut dengan tujuan untuk mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin. Dan strategi itu rupanya berhasil. Terlihat dari padatnya spot foto oleh wisatawan dan panjangnya antrian di beberapa wahana.

Salah satu spot foto menarik yang membuat tempat ini hits dan terkenal di kalangan traveller adalah adanya taman khusus bernama Batu Flower Garden.

Batu Flower Garden sebenarnya merupakan area bukit biasa yang disulap menjadi taman cantik dipenuhi bunga warna-warni.

Bunga-bunga tersebut ditata dan dibentuk sedemikian rupa oleh pengelola sehingga menghasilkan spot foto yang keren. Pengunjung pun banyak berbondong-bondong datang untuk sekadar hunting foto di Batu Flower Garden.

 Spot foto yang ada di area wisata Air Terjun Rais Malang diantaranya  panggung I Love You, ayunan, pinus, gardu pandang, rumah hobit, sepeda gantung dan hammock. Mau coba yang mana?

Baca juga: Coban Rondo, Tiket Masuk dan Wahana Coban Rondo

Coban Rais Batu Flower Garden
Batu Flower Garden (Photo by anekatempatwisata. com)

Lokasi Coban Rais

Air Terjun Rais sebenarnya terletak di kota Batu. Lokasi tepatnya ada di lereng Timur Gunung Panderman dengan jarak kurang lebih 5 km di sisi Barat Laut Kota Batu.

Lokasi Coban Rais secara administratif berada di wilayah Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Destinasi alam ini juga masih satu lokasi dengan kantor penyiaran Batu TV dan stasiun televisi TVRI.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Tidak perlu merogoh kocek yang mahal jika wisatawan ingin mengunjungi air terjun hits ini. . Harga tiket masuk Coban Rais Malang hanya Rp.10.000

Namun Jika Anda ingin ke Batu Flower Garden, Anda harus membayar lagi sebesar Rp. 25.000. Harga tiket masuk tersebut berbeda lagi jika Anda berselfie di spot foto.

Besar biaya yang dikeluarkan adalah Rp.10.000 untuk foto di Ayunan, Bukit Bulu, dan Hutan Pinus. Sedangkan jika foto di Hammock serta Sepeda Gantung masing-masing harus membayar Rp. 15.000 dan Rp. 20.000.

Untuk jam bukanya, wisata air terjun ini mulai beroperasional pukul 07.00 pagi sampai pukul 15.00 sore.

Rute

Jika Anda menggunakan mobil pribadi dari arah Kota Batu, rute yang bisa diambil yakni melalui Jalan Dewi Sartika dan dilanjut ke arah jalan Oro-Oro Ombo. Setelah itu, pilih jalan TVRI. Tak lama Anda pun akan sampai di lokasi coban.

Jadi, Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi terkenal di kota Batu ini? Dijamin tidak akan rugi!  Sebab, selain bisa menikmati keindahan air terjun Coban Rais, Anda juga dapat mengunjungi salah satu taman bunga kekinian yaitu Batu Garden Flower.

Baca juga: Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara Waterfall ala Lumajang

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Wisata Coban Rais | Lokasi, Harga Tiket & Spot Foto Terbaik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]