Pesona Alam Bukit Tangkeban, Lokasi, Rute, & Harga Tiket

pemandangan-di-bukit-tangkeban
Pemandangan di-bukit tangkeban (Sumber: Ulil Albab on Google Maps)
Daftar isi

Bukit Tangkeban merupakan destinasi wisata dataran tinggi di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Lokasinya sendiri berada persis di kaki Gunung Slamet yang menyimpan panorama alam ciamik. Advonturers, sudah tahukah kamu tentang objek wisata satu ini? Mari cari tahu informasi selengkapnya melalui ulasan berikut!

Daya Tarik Utama Bukit Tangkeban Pemalang

Bukit Tangkeban
Bukit Tangkeban (Sumber: jatengprov.go.id/)

1. Wahana Bermain Outdoor

Tempat pertama yang akan kamu temukan sewaktu masuk adalah sarana bermain outdoor yang bervariasi. Pengunjung dapat berjalan kaki maupun menaiki transportasi off-road misalnya ATV.

Selain itu, terdapat bermain anak dengan sejumlah wahana yang menarik, mulai dari ayunan, perosotan, sampai bianglala kecil. Bahkan, ada juga kolam renang ukuran mini yang pastinya akan membuat anak-anak senang berlama-lama di sini.

2. Area Berkemah yang Luas

Berkemah di bukit Tangkeban
Berkemah di bukit Tangkeban (Sumber: @bukittangkeban on Instagram)

Berkemah merupakan salah satu aktivitas menarik untuk menikmati keindahan alam selama berada di Bukit Tangkeban. Berlokasi di atas ketinggian 1.250 mdpl, wisata ini menyediakan lahan luas berbentuk terasering untuk camping. Area tersebut bahkan mampu menampung lebih dari 20 tenda berkapasitas 4 orang.

Selama camping, kamu dapat menyaksikan langsung fenomena sunset dan sunrise tanpa perlu berpacu dengan jam operasional. Sementara itu, tidak jarang diadakan acara live music pada malam hari yang sangat mengasyikkan.

Artikel Terkait

3. Spot Taman Langit

Sesuai dengan namanya, Taman Langit merupakan kawasan taman cantik di atas dataran tinggi yang menawarkan keindahan barisan bunga beserta dekorasi-dekorasi yang unik. Setiap ornamen di sini boleh kamu manfaatkan sebagai spot berfoto ria, lho.

Kamu juga tidak boleh untuk melewatkan spot Jembatan Langit yang biasanya ramai antrean. Walaupun namanya “jembatan”, sebetulnya wahana ini merupakan sebuah dek dengan lantai kaca yang membuat tampilannya menarik sekaligus menantang adrenalin. Adapun sewaktu cuaca sedang cerah, wisatawan dapat memperoleh latar belakang langsung Gunung Slamet yang jernih di sini.

4. ARCafe

AR Cafe di Bukit Tangkeban
AR Cafe di Bukit Tangkeban (Sumber: @bukittangkeban on Instagram)

Selain spot foto dan bermain, wisata Bukit Tangkeban juga mempunyai sebuah cafe berkonsep outdoor dengan suasana yang nyaman dan asri. Di ARCafe, wisatawan bisa mencicipi aneka makanan dan minuman khas Pemalang sembari menikmati juga keindahan alam Gunung Slamet yang sangat memukau. Asyik sekali, bukan?

Harga Tiket Masuk Bukit Tangkeban Pemalang

Dengan harga tiket yang terjangkau untuk semua kalangan, wisatawan tidak perlu membayar mahal untuk dapat berekreasi di sini. Cukup menyiapkan uang sebesar Rp10.000 kamu pun sudah bisa masuk dan merasakan keseruannya.

Jam Operasional Bukit Tangkeban

Kamu tidak perlu khawatir kehabisan tiket karena destinasi ini buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00 WIB. Adapun registrasi untuk camping berada dalam sekretariat bukit yang beroperasi mulai pukul 16.00 – 23.30 WIB.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Tangkeban

Bukit yang satu ini berada di sebelah utara Gunung Slamet, tepatnya di Jalan Bukit Tangkeban, Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.

Jika mengambil rute dari arah Purbalingga, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Guci. Selanjutnya, sesudah sampai di pasar Pulosari, ambil arah ke kiri dan ikuti gapura Desa Nyalembeng. Jalan lurus hingga melintasi mushola, kemudian belok kiri. 

Dari sana, kamu akan menjumpai papan penunjuk arah Bukit Tangkeban. Sesampai di lokasi, pengunjung mesti berjalan kaki sejauh 800 meter dengan estimasi waktu sekitar 10-15 menit mengingat tempatnya yang berada di atas perbukitan.

Demikianlah informasi tentang wisata Pemalang Bukit Tangkeban yang wajib kamu tambahkan ke dalam wishlist liburan. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung?

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *