Menikmati Indahnya Pemandangan Alam di Bukit Sikunir Dieng

Indahnya Pemandangan Sunrise dari Bukit Sikunir (Sumber_ Instagram)
Indahnya Pemandangan Sunrise dari Bukit Sikunir (Sumber_ Instagram)
Pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik yang istimewa dari Bukit Sikunir Dieng. Penasaran? Intip informasi selengkapnya hanya di Advontura.
Daftar isi

Dieng adalah salah satu dataran tinggi yang berada di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Wonosobo. Dataran tinggi ini berada di antara bukit Pegunungan Dieng, sehingga banyak bukit dan gunung yang mengelilinginya. Salah satu bukit yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng adalah Bukit Sikunir. 

Sikunir merupakan salah satu bukit yang  berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar. Bukit ini memiliki keindahan alam yang  bisa kamu  nikmati. Di sekitar Bukit Sikunir juga terdapat beberapa aktivitas yang bisa kamu nikmati. Berikut adalah informasi lengkap dari Advontura untuk para Advonturers tentang Bukit Sikunir Dieng.

Bukit Sikunir Dieng, Spot Asyik Menikmati Pemandangan Alam

Pemandangan Indah di Bukit Sikunir Dieng (Sumber: Instagram)
Pemandangan Indah di Bukit Sikunir Dieng (Sumber: Instagram)

Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat bukit ini menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. Bukit ini terletak di antara pegunungan tinggi di Pulau Jawa, sehingga kamu dapat melihat berbagai gunung yang mengelilingi Bukit Sikunir, seperti Gunung Sindoro, Gunung Kembang, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran yang berjejer dan menjulang tinggi.

Kawasan Bukit Sikunir juga didominasi oleh pertanian penduduk yang tinggal di Desa Sembungan. Sepanjang jalan, kamu dapat menikmati hamparan lereng pertanian yang mayoritas adalah tanaman kentang dan carica. Hal itu menunjukkan bahwa mayoritas penduduk di wilayah tersebut berprofesi sebagai petani. Sampai di sini, apakah Advonturers sudah penasaran dengan bukit cantik yang satu ini?

Lokasi & Rute Menuju Bukit Sikunir

Desa Sembungan yang Merupakan Desa Tertinggi di Pulau Jawa (Sumber: Instagram)
Desa Sembungan yang Merupakan Desa Tertinggi di Pulau Jawa (Sumber: Instagram)

Bukit Sikunir berada di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Tinggi dari bukit ini sekitar 2.300 hingga 2.436 mdpl. Desa ini terletak sekitar 22 kilometer dari Kota Wonosobo atau sekitar 1 jam bila ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Meskipun bukit ini cukup tinggi, namun jalan menuju Bukit Sikunir Dieng tergolong aksesnya cukup mudah.

Artikel Terkait

Untuk mengunjungi bukit ini, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan sewaan. kamu dapat melewati jalur menuju Desa Sembungan yang terletak sekitar 4 km dari Dataran Tinggi Dieng. Setelah kamu menemukan gerbang bertuliskan Welcome to Sembungan VIllage, kamu dapat memarkir kendaraan kamu di dekat Telaga Cebong.

Setelah itu, kamu akan melewati jalur pendakian yang cukup pendek untuk menuju Bukit Sikunir. Jarak dari parkiran menuju puncak sekitar 1 km atau menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit hingga 1 jam. Jalur pendakian ini belum memiliki penerangan yang cukup, sehingga kamu harus membawa alat penerangan sendiri untuk mempermudah perjalanan kamu.

Harga Tiket dan Jam Operasional Bukit Sikunir Dieng

Suasana Bukit Sikunir Dieng yang Memanjakan Mata (Sumber: Instagram)
Suasana Bukit Sikunir Dieng yang Memanjakan Mata (Sumber: Instagram)

Sebelum kamu memulai trek pendakian menuju Bukit Sikunir, kamu harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tak perlu khawatir karena tiket masuk menuju kawasan Bukit Sikunir relatif murah dan terjangkau. Berikut adalah daftar harga tiket masuk dan biaya operasional lainnya di sekitar Bukit Sikunir Dieng.

Tiket masuk: Rp15.000 per orang

Parkir motor: Rp5.000 per kendaraan

Parkir mobil: Rp10.000 per kendaraan

Izin tenda kemah: Rp10.000

Selain itu, kamu juga dapat membeli makanan dan minuman yang tersdia di sana. Harganya juga relatif terjangkau. Mulai dari Rp5.000 saja, kamu bisa menikmati makanan dan minuman yang tersedia dengan bonus pemandangan alam yang indah. Harga tersebut mungkin bisa berubah sewaktu-waktu, namun kamu bisa memperkirakan sendiri biaya yang kamu butuhkan untuk berwisata ke Bukit Sikunir.

Bukit Sikunir buka mulai jam 02.00 WIB dini hari hingga jam 18.00 WIB. kamu dapat mengunjunginya sesuai waktu yang kamu inginkan. Namun, jika kamu ingin menikmati indahnya golden sunrise, kamu dapat memulai pendakian dari pukul 02.00 WIB  hingga pukul 03.30 WIB. Sebaiknya, kamu juga memperhatikan pakaian yang kamu gunakan karena suhu udaranya cukup rendah.

Aktivitas Wisata Seru di Bukit Sikunir Dieng

Selain pemandangannya yang indah, kamu juga dapat melakukan aktivitas-aktivitas seru lainnya di sekitar Bukit Sikunir. Beberapa aktivitas wisata yang bisa kamu nikmati di Bukit Sikunir Dieng Wonosobo adalah sebagai berikut. 

1. Menatap Indahnya Telaga Cebong dari Bukit Sikunir

Pemandangan Telaga Cebong dari Atas Bukit (Sumber: Instagram)
Pemandangan Telaga Cebong dari Atas Bukit (Sumber: Instagram)

Di sekitar parkiran, kamu akan menemukan Telaga Cebong yang tak jauh dari Bukit Sikunir. Jika tak tertutup kabut, pemandangan indah telaga tersebut dapat kamu nikmati dari atas bukit. Jernihnya air dikelilingi dengan rumah-rumah pedesaan membuat pemandangan ini sangat indah jika kamu nikmati dari atas.

Jika kamu berangkat terlalu pagi atau bahkan terlalu malam, kamu bisa mencoba berkemah di sekitar Telaga Cebong. kamu bisa menikmati suasana berkemah di pegunungan dengan pemandangan telaga yang indah. Selain itu, kamu juga dapat memancing berbagai jenis ikan di Telaga Cebong.

2. Menikmati Golden Sunrise

Golden Sunrise Moment di Bukit Sikunir Dieng (Sumber: Instagram)
Golden Sunrise Moment di Bukit Sikunir Dieng (Sumber: Instagram)

Salah satu keindahan alam yang paling terkenal dari Bukit Sikunir ini adalah pemandangan sunrise-nya yang biasa terkenal dengan Bukit Sikunir Dieng golden sunrise. Banyak wisatawan yang mengunjungi bukit ini hanya untuk mendapatkan spot pemandangan sunrise terindah di Asia Tenggara. Jika suasana sedang cerah, kamu akan melihat pemandangan matahari terbit berwarna jingga keemasan yang muncul di antara gunung-gunung sekitar Bukit Sikunir.

Menikmati keindahan matahari terbit dari atas ketinggian Bukit Sikunir mampu menghadirkan pengalaman berwisata terbaik untukmu. Tak heran jika banyak yang berburu foto terbaik pada momen golden sunrise tersebut. Untuk mendapatkan sunrise terbaik, kamu juga harus memperhitungkan waktu berkunjung kamu. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi Bukit Sikunir di musim panas untuk menghindari cuaca mendung dan kabut pada saat matahari terbit. 

3. Kulineran Khas Bukit Sikunir Dieng

Carica, Salah Satu Buah Khas Dieng (Sumber: Instagram)
Carica, Salah Satu Buah Khas Dieng (Sumber: Instagram)

Mengunjungi tempat wisata tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Bukit Sikunir Dieng juga memiliki wisata kuliner yang bisa kamu coba ketika berkunjung. Banyak warung yang menjual makanan dan minuman di sekitar Bukit Sikunir, sehingga kamu tak perlu takut kelaparan jika tak membawa bekal makanan dari rumah.

Makanan khas yang bisa kamu coba di kawasan ini adalah tempe kemul dan carica. Tempe kemul adalah makanan khas Wonosobo yang digoreng dengan adonan tepung gandum, sedangkan carica adalah buah khas Wonosobo yang bentuknya mirip pepaya. Selain itu, kamu juga dapat menikmati mie ongklok Dieng dengan suguhan pemandangan alam yang membuat kuliner kamu lebih berkesan.

4. Berfoto Instagramable dengan Background Pemandangan Alam

Foto Estetik di Bukit Sikunir dengan Pemandangan Indah (Sumber: Instagram)
Foto Estetik di Bukit Sikunir dengan Pemandangan Indah (Sumber: Instagram)

Bagi kamu yang suka berfoto, tempat ini sangat cocok untuk kamu. Pemandangan indah dengan latar belakang alam yang hijau membuat kamu tak bisa menahan diri untuk mengambil gambar. Pemandangan tersebut dapat kamu manfaatkan sebagai background untuk mengambil foto yang instagramable.

Golden sunrise yang menjadi ikon utama dari tempat ini juga wajib kamu abadikan. Tak heran ketika matahari terbit, hampir semua orang berlomba-lomba untuk mengambil foto terbaik mereka. Suara jepretan akan terdengar bersamaan ketika momen golden sunrise datang. Bahkan, beberapa orang juga memanfaatkan drone untuk mengambil foto dan video di sekitar Bukit Sikunir Dieng. 

Baca Juga: Gunung Rinjani: Info Rute, Tips, & Jalur Pendakiannya

Itulah tadi beberapa informasi dari Advontura tentang lokasi, harga tiket, dan aktivitas yang bisa kamu lakukan di sekitar Bukit Sikunir Dieng. Bagaimana Advonturers, tertarik untuk berlibur ke Bukit Sikunir Dieng? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu, ya. Yuk, atur jadwal untuk menikmati golden sunrise terbaik di Asia Tenggara!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *