Bukit Klangon Jogja, Spot Camping Seru di Kaki Gunung Merapi

Bukit Klangon (sumber: PETANI ADV)
Bukit Klangon (sumber: PETANI ADV)
Daftar isi

Berkemah camping kerap menjadi opsi menarik yang bisa kamu lakukan saat liburan. Biasanya, berkemah selalu identik dengan daerah dataran tinggi seperti gunung dan bukit. Salah satu spot camping yang oke banget untuk kamu singgahi adalah wisata Bukit Klangon Jogja, yang berada di kaki Gunung Merapi.

Bukan tanpa alasan, banyak spot serta aktivitas wisata menarik yang bisa kamu lakukan di Bukit Klangon Jogja ini. Jika kamu memiliki plan untuk berkemah, kamu bisa menjadikan objek wisata yang satu ini sebagai destinasi pilihan kamu. Namun, sebelum itu, ketahui dulu berbagai informasi mengenai spot camping seru yang satu ini dalam ulasan di bawah!

Wisata Bukit Klangon Jogja, Eksotisnya Panorama Kaki Gunung Merapi

Bukit Klangon Jogja, atau yang juga dikenal sebagai Klangon Hills, merupakan salah satu objek wisata di Jogja, yang terletak di kaki Gunung Merapi. Klangon Hills merupakan daerah tertinggi di Jogja yang dihuni oleh masyarakat, bahkan aktivitas Gunung Merapi pun dapat dipantau dari bukit ini. Memiliki panorama alam yang eksotis khas daerah pegunungan, Klangon Hills sama sekali tak pernah sepi pengunjung, khususnya bagi mereka para pendaki dan wisatawan yang ingin berkemah.

Berada di ketinggian sekitar 1100 meter, tentu saja objek wisata yang satu ini memiliki udara yang sangat dingin. Namun, hal ini bisa menjadi sesuatu yang bagus bagi Advonturers yang sejenak ingin menjauh dari keramaian kota dengan merapat ke tempat yang berudara sejuk. Hamparan kebun milik warga sekitar, dan banyaknya pepohonan rimbun di sini semakin menambah kesan asri dari Bukit Klangon Jogja.

Lokasi & Jalan Menuju Bukit Klangon Merapi

Lokasi Bukit Klangon Merapi ini berada di kawasan Kalitengah Lor, Cangkringan, Sleman, Jogja. Sudah tahukah Advonturers tentang rute atau jalan menuju Bukit Klangon Merapi? Berangkat dari pusat Kota Jogja, kamu bisa menempuh rute yang melewati Jl. KH. Ahmad Dahlan, sampai Jl. Bhayangkara.

Artikel Terkait

Dari Jl. Bhayangkara, bergeraklah mengikuti petunjuk arah hingga sampai di Jl. Padjadjaran. Dari sini, kamu akan bertemu dengan perempatan, dan beloklah ke kiri, kemudian lurus terus melewati Jl. Pamungkas. Setelah bertemu pertigaan, menujulah ke arah timur melewati Jl. Grogolan, dan bergeraklah terus hingga melewati Jl. Pasar Butuh. 

Dari sini, kamu tinggal mengikuti petunjuk yang ada untuk menemukan jalan menuju Bukit Klangon Merapi. Fyi, jarak antara pusat Kota Jogja dengan objek wisata ini adalah sekitar 36 kilometer, yang dapat ditempuh dalam 1 jam 15 menit perjalanan.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Bukit Klangon Merapi

Kapan saja sih, Advonturers bisa mengunjungi Klangon Hills ini? Tenang, objek wisata yang satu ini tak menerapkan jam operasional khusus. Banyaknya wisatawan yang berkemah di sini membuat wisata Bukit Klangon dibuka selama 24 jam. 

Selain tak menerapkan jam operasional tertentu, berwisata ke Bukit Klangon sangat cocok dikunjungi oleh Advonturers yang ingin liburan asyik dengan budget yang minim. Bukan tanpa alasan, harga tiket masuk Bukit Klangon ini hanya Rp 15.000 saja, lho. Wisata seru dengan budget under 20k! 

Aktivitas Wisata Menarik di Klangon Hills Jogja

Semakin penasaran tentang apa saja yang bisa kamu lakukan di sana? Yuk, cek informasinya di bawah ini!

1. Berkemah

Berkemah di Klangon Hills (sumber: Phinemo)
Berkemah di Klangon Hills (sumber: Phinemo)

Berkemah merupakan aktivitas utama dan wajib banget kamu lakukan di objek wisata yang satu ini. Berkemah di objek wisata Klangon Hills ini akan sangat seru karena kamu dapat melihat pemandangan indah Gunung Merapi dari spot kamu berkemah. Jika kamu berniat untuk camping di sini, kamu wajib menghubungi pihak pengelola objek wisata terlebih dahulu untuk melakukan reservasi.

2. Bersepeda ala Downhill

Keindahan Klangon Hills (sumber: Bernasnews)
Keindahan Klangon Hills (sumber: Bernasnews)

Bagi kamu yang hobi bersepeda dengan melintasi medan yang ekstrem alias downhill, maka kamu wajib mengunjungi Klangon Hills Jogja. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi bersepeda ala downhill yang seru banget untuk kamu lakukan di kaki Gunung Merapi. Medan jalan yang naik turun, dan menukik tajam di beberapa tempat akan benar-benar membuat adrenalinmu merasa diuji di sini!

3. Trekking

Berwisata ke Klangon Hills (sumber: Bernasnews)
Berwisata ke Klangon Hills (sumber: Bernasnews)

Advonturers si pendaki sejati, jangan lupa berkunjung ke objek wisata yang satu ini, sebab medan trekking di sini sangat oke untuk kamu taklukkan. Memiliki medan jalan yang cukup aman, kamu pun bisa mengajak anak-anak untuk turut melakukan trekking di sekitar objek wisata ini. Di perjalanan menuju puncak bukit, kamu pun akan disuguhi oleh pemandangan alam yang mampu memanjakan mata.

4. Menikmati Keindahan Alam Sekitar

Menikmati Keindahan Alam Klangon Hills (sumber: Borobudur News)
Menikmati Keindahan Alam Klangon Hills (sumber: Borobudur News)

Menikmati keindahan alam sekitar di objek wisata ini tentu bisa kamu lakukan. Panorama alam yang indah, ditemani oleh udara sejuk khas pegunungan akan membuatmu betah untuk berlama-lama di sini. Di sekitar wisata Bukit Klangon pun kamu akan menemukan sebuah hutan konservasi yang menampung hewan-hewan langka, seperti: Kepodang, Alap-Alap, Burung Madu, Musang, dan beberapa spesies Monyet.

Baca juga: Agrowisata Bhumi Merapi, Sarana Wisata Edukatif di Jogja

Itulah tadi beberapa informasi mengenai wisata Bukit Klangon Jogja yang bisa Advontura sajikan kali ini. Sudahkah kamu tertarik untuk berkunjung ke objek wisata yang satu ini? Tanpa perlu pikir panjang, yuk segera kunjungi tempat wisata ini, karena tak banyak tempat wisata yang bisa menyajikan keseruan liburan dengan budget under 20k, lho!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *