Bukit Jamur Rancabolang – Keunikan Cemara Mirip Jamur

Bukit jamur
Photo by @melany_mels
Daftar isi

Sudah pernah melihat pohon seperti jamur raksasa? Bukit Jamur Rancabolang lah tempatnya. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Kawasan Ciwidey Bandung tergolong sebagai surga destinasi wisata. Kawasan ini memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berbagai destinasi wisata dengan pemandangan alam yang indah ditambah udara sejuk yang berhembus membuat daerah Ciwidey selalu dipilih menjadi kawasan wisata andalan saat waktu berlibur tiba.

Bukit Jamur Rancabolang merupakan salah satu objek wisata milik daerah Ciwidey yang sedang ramai dibicarakan. Nama bukit jamur sendiri muncul karena kawasan wisata ini dipenuhi oleh pohon cemara yang berukuran pendek dengan daun yang dipangkas rapi mirip jamur payung.

Selain itu menurut masyarakat setempat, letaknya yang berada di daerah pegunungan tinggi dan tumbuh di atas tanah berbentuk bukit kecil setengah lingkaran juga menjadi alasan mengapa objek wisata ini diberi nama bukit Jamur.

Bukit Jamur Rancabolang kerap dijadikan sebagai lokasi photoshoot maupun pre-wedding karena pemandangan indah dan instagenik yang dimilikinya. Keindahan serta keunikannya membuat wisatawan menghabiskan waktu cukup lama untuk berfoto – foto di tempat ini. 

Artikel Terkait

Selain suguhan pemandangan alam yang indah, disini wisatawan juga dapat menyaksikan bangunan pabrik teh peninggalan zaman penjajahan kolonial Belanda. Kawasan pabrik teh tersebut berada dibawah pengelolaan dari PT Perkebunan Nusantara VII.

Pabrik teh yang ada di kawasan ini memiliki ciri khas bangunan Belanda yang klasik, dan unik dilengkapi dengan cerobong asap sebagai penghangat ruangannya. Pabrik teh ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat foto untuk para wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang bangunan klasik. 

Rute Perjalanan dan Lokasi Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Alamat Kebun Jamur Ciwidey berada di Desa Rancabolang, Kec. Ciwidey, Kab. Bandung, Jawa Barat. Lokasi Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey terletak di kaki Gunung Patuha dan Gunung Tilu. Udara dingin dan sejuk khas pegunungan begitu mendominasi di sekitar lokasi Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey.

Bangunan klasik dengan gaya khas Belanda dapat ditemui di sekitar lokasi Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey yang berada di kawasan Kebun Teh Rancabolang PTPN VIII Ciwidey atau kawasan Geodipa Energi. 

Akses dan rute perjalanan menuju lokasi Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey tergolong cukup muda. Semua kendaraan baik yang beroda dua, roda empat, maupun bus kecil dapat mengakses objek wisata ini.

Jika wisatawan memulai perjalanan dari pusat kota Bandung maka wisatawan dapat melalui jalan leuwi panjang, selanjutnya perjalanan berlanjut menuju arah Ciwidey, lalu kemudian lanjut ke arah dusun keneng.

Sebelum masuk di kawasan dusun Keneng, pengunjung akan terlebih dahulu melalui daerah Kopo Sayati , Margahayu, Katapang, Soreang, Pasir Jambu, dan yang terakhir Ciwidey.

Akses menuju lokasi Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey akan melewati beberapa jalan bebatuan yang dapat menyebabkan waktu tempuh yang sedikit lebih lama. Jika ingin sampai lokasi dengan lebih cepat, pengunjung disarankan untuk mengendarai kendaraan roda dua. 

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Untuk tiket masuk, pengelola belum mematok harga tertentu bagi para pengunjung yang ingin berwisata di wisata Taman Jamur. Saat ini harga tiket masuk Bukit Jamur Ciwidey ini masih gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Pengunjung dapat bebas berkunjung dan berfoto di area taman jamur ini. Namun pengunjung diharapkan dapat ikut menjaga lingkungan sekitar dan tidak merusak pohon dan fasilitas yang ada di kawasan tersebut.

Pengunjung hanya akan ditarik biaya untuk parkir sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat. Untuk jam operasi,  objek wisata ini dibuka untuk umum mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore pada setiap harinya.

Jika ingin menghindari kerumunan orang dan dapat berfoto dengan bebas, pengunjung lebih baik memilih berkunjung pada saat weekday yaitu senin – jumat. 

Daya Tarik dan Fasilitas Milik

Pohon cemara yang bagian daunnya dipangkas hingga berbentuk seperti jamur payung menjadi daya tarik utama dari objek wisata ini. Taman jamur ini dibuat menyerupai bentuk sebuah bukit kecil. Kawasan ini juga menyuguhkan hamparan rumput hijau yang tebal di bawah pohon cemara kerdil.

Pengunjung dapat sekedar duduk ataupun rebahan di atas rumput empuk ini. Indahnya perpaduan antara hamparan rumput hijau dan pohon cemara berukuran kerdil membuat lokasi ini menjadi salah satu objek wisata paling instagramable di kawasan Ciwidey.

Pengelola juga menyediakan beberapa gazebo dan juga tempat duduk yang berasal dari kayu gelondongan untuk wisatawan yang ingin istirahat sambil menikmati kesejukan udara. 

Disini pengunjung dapat berfoto di antara hamparan perkebunan teh yang hijau karena objek wisata ini terletak dalam satu kawasan yang sama dengan pabrik teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII.

Tidak hanya berfoto, wisatawan juga dapat berjalan – jalan menyusuri kebun teh yang luas sambil menikmati udara sejuk. Wisatawan juga dapat menyaksikan beberapa atraksi hiburan yang ada serta menikmati secangkir teh hangat langsung dari kebunnya.

Selain foto dengan latar belakang hijaunya kebun teh dan pohon – pohon cemara yang unik, disini wisatawan juga dapat berfoto dengan latar belakang bangunan klasik dan bersejarah peninggalan Belanda.

Walaupun umurnya sudah tua, bangunan – bangunan tersebut masih berdiri dengan kokoh. Beberapa bangunan tersebut ada yang dijadikan hunian ada yang dirawat sebagai peninggalan sejarah. Bangunan rumah belanda ini memiliki nilai sejarah yang cukup mendalam. 

Kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti area parkir luas, mushola, toilet umum, dan beberapa anjungan yang digunakan sebagai tempat berfoto.

Pengelola menjaga fasilitas umum yang ada dengan sangat baik sehingga wisatawan merasa nyaman saat menggunakannya.

Setelah lelah berkeliling dan berfoto di lokasi Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey pengunjung dapat mengisi perut di warung – warung yang berada di kawasan objek wisata. Warung tersebut menjual berbagai menu makanan dan minuman nikmat dengan harga yang cukup terjangkau. 

Baca juga: Keindahan Pesona Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Objek Wisata Dekat Dengan Lokasi Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Objek Wisata sekitar bukit jamur
Objek Wisata sekitar bukit jamur (Photo by heninafarin123)

Fasilitas yang dimiliki objek wisata ini dapat dikatakan masih terbatas dan tidak terlalu banyak sehingga pengunjung tidak akan menghabiskan banyak waktu di Objek wisata ini.

Karena itu lebih baik pengunjung telah menyiapkan rencana untuk berkunjung ke beberapa objek wisata lain yang letaknya berdekatan dengan Bukit Jamur Ciwidey. Salah satu objek wisata terkenal yang dapat dipilih menjadi tujuan adalah Kawah Putih Ciwidey.

Lokasi kawah ini berjarak kurang lebih 9 kilometer dari Taman Jamur Ciwidey. Kawah Putih Ciwidey merupakan objek wisata unggulan Bandung yang namanya telah dikenal oleh masyarakat luas.

Kawah yang berasal dari letusan dahsyat Gunung Patuha ini mempunyai daya tarik dan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. 

Objek wisata yang dapat dikunjungi selanjutnya adalah Kebun Strawberry. Lokasi Kebun Strawberry berjarak sekitar 24 kilometer dari wisata Taman Jamur Ciwidey. Kebun yang berlokasi di sepanjang Jl. Raya Ciwidey ini menawarkan agrowisata sekaligus wisata edukasi tentang buah Strawberry.

Disini pengunjung dapat memetik sendiri buah Strawberry langsung dari kebunnya. Pengunjung juga akan diajarkan cara yang benar dan baik untuk memetik buah strawberry agar tidak merusak pohon dan kualitas dari buah itu sendiri.

Setelah dipetik, buah strawberry tersebut dapat langsung dimakan ataupun dibawa pulang kerumah sebagai oleh – oleh. 

Baca juga: Taman Bunga Begonia – Harga Tiket Masuk dan Lainnya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *