Bukit Jamur Bengkayang: Pesonanya Bak Negeri di Atas Awan

Pesona Bukit Jamur Bengkayang, Bak Negeri di Atas Awan (Sumber: @yudhaa.septian on Instagram)
Pesona Bukit Jamur Bengkayang, Bak Negeri di Atas Awan (Sumber: @yudhaa.septian on Instagram)
Bukit Jamur Bengkayang adalah obyek wisata alam di Kalimantan Barat yang memesona. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di Advontura!
Daftar isi

Halo Advonturers! Jika kalian berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa untuk menjelajahi wisata alamnya. Karena, provinsi satu ini ternyata punya banyak sederet wisata yang wajib dikunjungi, loh. Keasrian dan keindahan alam Pulau Borneo dijamin akan memanjakan mata Advonturers ketika bertandang ke sana.

Nah, salah satu tempat wisata yang tak boleh terlewatkan adalah Bukit Jamur Bengkayang. Punya panorama sangat memesona, sehingga kerap disebut sebagai negeri di atas awan. Apa kalian penasaran? Yuk, intip potret dan serba-serbinya di bawah ini!

Sekilas Tentang Bukit Jamur Bengkayang Kalimantan Barat

Indahnya Pemandangan di Bukit Jamur Bengkayang Kalimantan Barat (Sumber: @rifmez on Instagram)
Indahnya Pemandangan di Bukit Jamur Bengkayang Kalimantan Barat (Sumber: @rifmez on Instagram)

Bukit Jamur atau dalam bahasa Inggris sering disebut mushroom hills ini terletak di Bhakti Mulya, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.  Bukit ini adalah bukit tertinggi di Kalimantan Barat. Adapun ketinggian Bukit Jamur Bengkayang adalah ±500 meter di atas permukaan laut.  

Selain punya status sebagai bukit paling tinggi di Kalimantan Barat, Bukit Jamur juga mempunyai julukan lain, loh. Julukan pertama yaitu Mahameru versi Kalimantan Barat dan julukan kedua yaitu Gunung Batu yang diberikan oleh masyarakat setempat. Di puncak bukitnya terdapat sebuah bongkahan batu besar yang jadi spot terbaik untuk melihat suasana bak negeri di atas awan.

Bentuk batu yang berada di atas Bukit Jamur tergolong unik, sekilas bentuknya seperti huruf M, tidak seperti namanya. Jadi menurut keterangan warga setempat, di puncak bukit jamur ini dahulu adalah tempat untuk menjemur padi. Karena hal inilah, bukitnya disebut dengan jamur, karena yang merujuk pada kata “Jemur/Jamur”.

Artikel Terkait

Menikmati Panorama Alam dari Puncak Bukit Jamur Bengkayang

Menikmati Panorama Alam dari Puncak Bukit Jamur Bengkayang (Sumber: @chindy_cp on Instagram)
Menikmati Panorama Alam dari Puncak Bukit Jamur Bengkayang (Sumber: @chindy_cp on Instagram)

Lokasi Bukit Jamur terletak di Desa Belangko, Kelurahan Bumi Emas Jaku Malunu, Provinsi Kalimantan Barat. Sering disebut sebagai Mahameru-nya Kalimantan Barat, sebab panorama alamnya sangat  mirip dengan keindahan gunung Semeru di Jawa Timur yang sama-sama cantiknya.

Hamparan bebatuan yang estetik sering menjadi latar belakang pengunjung untuk berfoto. Panorama alam yang terpampang ketika sudah berada di puncak bukit memang sangatlah indah. Nggak heran kalau kawasan wisata ini selalu dipenuhi oleh wisatawan, terutama muda-mudi yang ingin bersantai bersama pasangan atau teman sambil menikmati pemandangan yang eksotis.

Apalagi saat senja tiba, warna jingga yang menyelip di sela-sela bukit begitu memanjakan mata. Intinya, Advonturers dipastikan tidak akan kecewa jika berkunjung dan camping di bukit yang memesona ini.

Daya Tarik Bukit Jamur Bengkayang

Sunset, Sunrise, & Bentangan Awan Menjadi Daya Tarik Utama (Sumber: @aleister_drew on Instagram)
Sunset, Sunrise, & Bentangan Awan Menjadi Daya Tarik Utama (Sumber: @aleister_drew on Instagram)

Tak kalah dari bukit lainnya, Bukit Jamur pun punya keunikannya tersendiri. Nah, daya tarik yang dimiliki adalah sebagai berikut.

1. Sunset & Sunrise yang Ciamik

Jika Advonturers kesini, sunset dan sunrise nya tidak boleh kalian lewatkan, ya, dijamin sangat cantik! Pada saat sunrise, matahari akan muncul diantara awan yang tebal dan membuat langit pagi begitu indah. Begitu juga saat sunset, warna jingga pada langit pun akan membuat terpesona.

2. Hamparan Awan

Keunikan sekaligus keistimewaan utama adalah pemandangan dari atas awan Bukit Jamur Bengkayang. Pesona keindahan awan yang terbentang luas ini dapat Advonturers saksikan pada pagi hari. Gimana, cantik kan, Advonturers?

3. Gemerlap dan Lautan Cahaya

Untuk daya tarik berupa lautan cahaya hanya dapat Advonturers nikmati pada saat senja. Jajaran lampu yang ada di lereng bukit akan menjelma menjadi lautan cahaya, bak lentera di dalam hutan.

4. Jembatan Cinta

Nggak cuma menawarkan pemandangan alam saja, ada juga tempat istimewa khusus untuk para pasangan. Khususnya bagi Advonturers yang sedang mencari jodoh, karena nanti di tengah perjalanan kalian akan melewati jembatan cinta. Mitosnya jembatan cinta ini adalah sebuah jembatan untuk mencari pasangan hidup. Jadi nggak heran kalau jembatan cinta jadi daya tarik yang unik. 

Jalur & Rute Menuju Bukit Jamur Bengkayang

Jalur dan Rute Menuju Bukit Jamur Bengkayang (Sumber: @wonderfulborneo_ on Instagram)
Jalur dan Rute Menuju Bukit Jamur Bengkayang (Sumber: @wonderfulborneo_ on Instagram)

Jika Advonturers ingin mengunjungi tempat ini, rute awal keberangkatan adalah di Desa Blangko. Dari Kota Pontianak jarak tempuhnya sekitar 5 jam perjalanan darat. Jika sudah sampai di desa, kalian bisa parkir kendaraan di rumah penduduk dan cuma perlu bayar uang parkir sebesar Rp10 ribu.

Lantas bagaimana jalur menuju ke Bukit Jamur ini? Nah, perjalanan Advonturers nantinya akan didominasi dengan tanjakan, kira kira bisa ditempuh selama 2 jam. Tenang saja, karena selama perjalanan Advonturers tidak akan bosan sambil menikmati suasana sekitar. Kalau lelah, kalian bisa istirahat di beberapa pondok yang sudah disediakan.

Kondisi jalur pendakian hanya berupa jalan setapak, mungkin akan terkesan curam karena jalannya menjadi licin terutama pada musim hujan. Namun tingkat kemiringan bukit tidak begitu ekstrim, jadi sangat recommended bagi Advonturers pemula yang hendak berlatih hiking.  Namun walaupun demikian tetap dibutuhkan perjuangan yang ekstra untuk sampai di puncak bukit. Tapi jangan khawatir, pasti usaha akan terbayarkan ketika berhasil sampai di atas.

Selain menyusuri jalan setapak, hutan karet, dan padang ilalang, Advonturers juga akan menyeberangi sebuah jembatan yang terletak di atas Sungai Sebalo. Masyarakat sekitar menyebut jembatan tersebut dengan sebutan jembatan cinta yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Pengalaman Camping di Bukit Jamur Bengkayang

Camping di Bukit Jamur Bengkayang (Sumber: @arifpuji_a on Instagram)
Camping di Bukit Jamur Bengkayang (Sumber: @arifpuji_a on Instagram)

Waktu yang paling tepat untuk datang ke bukit adalah di sore hari. Setelah Advonturers tiba bisa langsung mendirikan tenda penginapan sembari menikmati sunset. Saat malam, dari pihak pengelola memperbolehkan pendaki untuk menyalakan api unggun sebagai penghangat badan sekaligus penerang. Dan saat pagi hari, Advonturers bisa menikmati indahnya sunrise sambil duduk santai bersama teman sependakian.

Tips Berwisata ke Bukit Jamur Bengkayang

Tips Berwisata ke Bukit Jamur Agar Menyenangkan (Sumber: @pratyogafanjaya on Instagram)
Tips Berwisata ke Bukit Jamur Agar Menyenangkan (Sumber: @pratyogafanjaya on Instagram)

Setiap tempat wisata pastinya memiliki aturan yang harus Advonturers perhatikan. Baik itu berupa aturan tertulis maupun tidak tertulis yang sudah dipercaya oleh masyarakat setempat. Kali ini Advontura akan membagikan beberapa tips yang perlu kalian ikuti sebelum berwisata ke Bukit Jamur Bengkayang.

  • Jika ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya datang saat sore hari, karena sangat cocok untuk menikmati sunset dan membangun tenda bagi yang ingin camping.
  • Selalu menjaga sikap dan bertutur kata yang baiklah agar jika terjadi masalah atau kesulitan saat naik ataupun turun bukit bisa mendapatkan pertolongan dari warga sekitar.
  • Selalu jaga kebersihan saat berada di sekitar area, bukit apalagi jika menyalakan api unggun. Setelah menyalakan api, jangan lupa matikan benar-benar apinya agar tidak sampai terjadi kebakaran hutan.
  • Jangan lupa saat turun dari bukit bawa juga sampah yang dibawa saat datang dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Buat Advonturers yang tidak terlalu tahan dengan suhu dingin, jangan lupa untuk membawa jaket atau pakaian yang cukup tebal.

Baca Juga: Wisata Puncak Lawang Bukittinggi, Pesona Negeri di Atas Awan

Jadi itulah dia artikel mengenai Bukit Jamur Bengkayang. Bagi Advonturers yang belum pernah mampir ke sini, terutama teman-teman pendaki yang ada di Kalimantan Barat, cobalah sesekali atur jadwal hiking di sini, ya! Semoga informasi tadi bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa jadikan bukit satu ini jadi wishlist liburan. Selamat liburan dan salam lestari!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *