Bukit Holbung Samosir : Info Lokasi, Rute dan Harga Tiket Terbaru

Bukit Holbung Samosir
photo by pegipegi.com
Daftar isi

Tidak hanya keindahan Danau Toba saja yang terkenal di Sumatera Utara, provinsi ini memiliki keindahan alam yang mampu membuat kalian semua terpesona yakni Bukit Holbung Samosir.

Sumatera Utara juga memiliki banyak sekali objek wisata menarik yang menyajikan keindahan alam yang dapat kalian nikmati salah satunya yakni Bukit Holbung. Bukit Holbung ini sangat populer bagi daerah sekitar hingga wisatawan dari berbagai kota di Indonesia karena keindahan bukitnya yang menakjubkan.

Kalian dapat menikmati sisi lain Pulau Samosir dengan menikmati keindahan bukit yang hijau  ini. Bagi kalian yang berdomisili di dekat daerah ini kalian bisa mengunjunginya langsung untuk menghilangkan rasa penasaran kalian terhadap keindahan pemandangan Bukit Holbung Samosir.

Para wisatawan akan melihat dan merasakan keindahan dari Pulau Samosir dari atas  bukit ini. Nah bagi kalian yang belum pernah mendatangi wisata ini dan juga berada jauh dari Sumatera Utara tenang saja, kali ini Advontura akan mengulas mengenai tempat wisata favorit yaitu Bukit Holbung Samosir.

Rute

Bagi para wisatawan yang datang ke wisata ini terdapat 2 pilihan rute bukit holbung  yang berbeda yang dapat kalian pilih. Rute pertama yaitu dari Medan menuju ke Tele selama perjalanan para wisatawan bisa memilih untuk melewati Kabanjahe.

Artikel Terkait

Rute-rute lainnya yang dapat wisatawan pilih yaitu melalui Siantar, Samosir dan juga Parapat yang berdasarkan titik awal kalian berada. Jika rute kedua yang kalian pilih maka kalian harus melewati Pelabuhan Tiga Raja terlebih dahulu untuk dapat mencapai Tomok yang berada di Pulau Samosir.

Para wisatawan yang ingin ke bukit harus melakukan trekking dengan waktu tempuh sekitar 10 sampai 20 menit. Untuk mencapai puncak bukit dengan trekking memang cukup melelahkan, namun selama trekking kalian juga bisa melihat keindahan sekitar bukit yang dikelilingi oleh pemandangan hijau yang mempesona.

Jalan menuju Bukit Holbung sudah tersedia karena rute ini menjadi rute utama untuk menuju bukit. Jalan menuju bukit juga cukup aman untuk dilalui para pengunjung, namun pengunjung juga diharapkan untuk selalu hati-hati dan waspada karena apabila kalian salah mengambil pijakan yang licin maka kalian bisa terpeleset.

Selain itu rute ini juga aman karena rute ini merupakan jalur yang biasanya banyak dilalui pengunjung untuk bisa sampai ke puncak bukit.  

Baca juga: Nepal Van Java, Desa Wisata Magelang Ala Negara Nepal

Keindahan Bukit Holbung Samosir

Bentang alam bukit holbung
Keindahan Bukit Holbung, (photo by travelspromo.com)

Letak Bukit Holbung yakni di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Lokasi bukit berada  tidak terlalu jauh dari kawasan Kota Pangururan yang merupakan ibukota dari Kabupaten Samosir itu sendiri.

Wisata ini menawarkan keindahan alam dengan hamparan savana hijau yang luas serta keindahan Danau Toba yang menawan dapat kalian nikmati dari atas bukit ini. Bukit ini juga dijuluki masyarakat sekitar dengan julukan bukit teletubbies.

Mengapa demikian? Karena bukit ini bukit ini memiliki keindahan dan ukuran yang sama dengan bukit teletubbies. Pesisir Danau Toba yang indah dapat terlihat dengan jelas dari atas ketinggian bukit ini.

Banyak sekali wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang datang ke wisata ini untuk bisa menikmati keindahan bukit Holbung Samosir sekaligus dengan pemandangan Danau Toba. konon katanya bukit ini telah ada sekitar 200 tahun yang lalu.

Bukit hijau ini juga memiliki kontur tanah yang bergelombang serta adanya retakan yang berukuran cukup besar pada sisi kiri bukit. Retakan ini menambah keindahan dan keeksotisan bukit ini terlihat semakin nyata.

Keberadaan bukit-bukit kecil disekitar pinggiran danau toba membuat pemandangan ini sangat terlihat sempurna. Pada bagian sisi kanan bukit terdapat sebuah lembah hijau serta rumah penduduk Desa Dolok raja dan juga hamparan sawah dan ladang penduduk yang terlihat elok dari kejauhan.

Spot foto lembah ini merupakan spot foto favorit para wisatawan untuk berfoto dan berselfie dengan latar belakang view yang indah. Selain menikmati keindahan alamnya ada banyak kegiatan yang dapat lakukan selain hunting foto yaitu berkemah.

Bukit ini menjadi salah satu bukit yang indah untuk ngecamp ditemani dengan view yang begitu luar biasa. Selain itu dengan ngecamp kalian bisa menikmati momen sunrise dan sunset yang begitu indah dari atas bukit.

Melihat sunrise dan sunset dari atas Bukit Holbung merupakan hal yang banyak diburu oleh para wisatawan. Melihat sunrise dan sunset dari atas bukit serta melihat indahnya danau toba merupakan paket komplit yang bisa kalian dapatkan saat berkunjung ke wisata ini.

Bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 1350 mdpl ini menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan alam di sekitar pulau samosir dari segala penjuru.Bukit Holbung ini juga dijadikan para pengunjung sebagai tempat untuk menenangkan diri ataupun menghilangkan kepenatan.

Duduk santai di atas bukit sambil melihatnya birunya air danau toba akan membuat hati merasa damai dan tenang. Selain itu udaranya yang sejuk dan suasananya yang damai membuat kalian akan merasa betah untuk berlama-lama di bukit ini.

Mengabadikan keindahan pemandangan dan hunting foto dengan berbagai spot indah merupakan salah satu tujuan wisatawan mengunjungi bukit ini, selain itu keunikan bukit inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. 

Trekking bukit ini bersama teman-teman adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan,kalian juga bisa menghabiskan waktu dengan bercerita ataupun berselfie dengan teman sembari menikmati pemandangan indah yang ada didepan mata.

Trekking ke bukit di dekat pulau samosir ini akan memberikan pengalaman baru yang tak akan terlupakan. Bagaimana penasaran? Datang dan lihatlah sendiri potongan surga yang ada di Kabupaten Samosir ini.

Sebaiknya kalian mulai trekking pada pagi hari maupun siang hari sebab terkadang cuaca di sekitaran bukit dapat berubah-ubah serta angin yang bertiup cukup kencang, hal ini dikhawatirkan akan membahayakan pengunjung yang akan melakukan trekking.

Harga Tiket Masuk

Wisata Bukit ini buka pada setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket masuk bukit sebesar Rp 10.000/orang untuk weekdays maupun weekend.

Selain biaya masuk pengunjung juga dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat. 

Demikian informasi yang dapat advontura sampaikan mengenai tempat wisata Bukit Holbung Samosir yang menyimpan pemandangan yang luar biasa. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kalian. Sampai jumpa kembali pada pembahasan tempat wisata menarik lainnya.

Baca juga: Bukit Panguk Kediwung Jogja: Tiket Masuk dan Rutenya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *