Yuk, Intip Keindahan Kota Semarang dari Atas Bukit Gombel!

Potret Kota Semarang yang diambil dari atas Bukit Gombel pada malam hari
Potret Kota Semarang yang diambil dari atas Bukit Gombel pada malam hari (Sumber: @dedenjatikusuma on Instagram)
Daftar isi

Akhirnya weekend telah tiba! Momen ini memang selalu ditunggu oleh siapapun. Apalagi oleh warga kota yang sudah penat dengan pekerjaannya selama seminggu penuh. Untuk recharge semangat dan mood Advonturers, solusi yang paling tepat adalah dengan berlibur.

Kalau Advonturers sedang menghabiskan waktu liburan di Kota Semarang, sempatkan mengunjungi Bukit Gombel untuk melihat indahnya pemandangan Kota Semarang yang dilihat dari atas bukit. Nah untuk lebih jelasnya, Advontura sudah merangkum wisata Bukit Gombel Semarang di bawah ini, check this out!

Legenda Bukit Gombel Semarang

Bukit Gombel adalah bukit yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Semarang. Dibalik keindahan yang disuguhkan oleh bukit ini, masyarakat sekitar mempunyai sebuah legenda yang untuk sebagian orang menakutkan. Mereka percaya bahwa nama “gombel” berasal dari makhluk gaib yang bernama Wewe Gombel yang seringkali menampakkan wujudnya di sekitar bukit.

Penduduk sekitar meyakini jika terjadi bencana alam longsor maupun kecelakaan, maka hal tersebut disebabkan oleh Wewe Gombel yang sedang marah karena kawasan pertapaannya diganggu oleh manusia. Makhluk gaib tersebut sering menggoda pengendara di area tanjakan Gombel, sehingga di area tanjakan ini sering terjadi kecelakaan.

Seringkali makhluk gaib yang memakai gaun panjang berwarna putih menabrakkan dirinya ke arah pengendara sehingga pengendara kaget dan terjatuh. Selain itu dia juga tiba-tiba menampakkan dirinya dengan cara menyebrang dengan mendadak serta melambaikan tangannya kepada pengendara sehingga kecelakaan tidak dapat dihindari. Mendengar cerita ini saja sudah bikin bulu kuduk merinding kan Advonturers?

Artikel Terkait

Selain itu dulu ada sebuah hotel yang berada di area bukit tetapi kondisinya sudah tidak terurus karena akses menuju hotel yang susah, ditambah dengan kepercayaan masyarakat yang menganggapnya sebagai hotel angker. Tak kalah seramnya, di area perbukitan Gombel juga ada pemakaman China yang terletak di tengah hutan Gombel. Konon katanya, kalau ada pengantin yang melewati area ini harus memotong ayam putih atau uang koin agar selamat. 

Saat ini kepercayaan untuk mengorbankan hewan dan memberi sesembahan ke makhluk gaib sudah berkurang, namun masih ada yang mempercayainya. Meski demikian, Bukit Gombel merupakan wisata Semarang yang sangat potensial karena sekarang sudah banyak kafe dan restoran yang ada di kawasan tersebut.

Lokasi Bukit Gombel Semarang

Kawasan Sekitar Bukit Gombel (Sumber: @dhian_hardjosastro on Instagram)

Alamat Bukit Gombel Semarang terletak di Jalan Dr Setiabudi nomor 5A, Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang yang jaraknya tidak jauh dari pusat kota. Transportasi yang bisa digunakan untuk berwisata ke bukit ini adalah dengan memakai kendaraan pribadi, baik motor atau mobil. Advonturers bisa meminta panduan arah dengan bantuan google maps untuk menuju lokasi untuk lebih jelasnya.

Akan tetapi kalau Advonturers memakai kendaraan umum seperti bus umum atau angkutan lainnya juga tidak masalah kok. Kalau kamu datang dari luar kota, kamu bisa berhenti terlebih dahulu di terminal bus kota Semarang. Kemudian bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek ataupun angkutan umum yang bisa membawamu menuju ke lokasi wisata bukit ini.

Keindahan Bukit Gombel Semarang

Gemerlap lampu Kota Semarang yang dilihat dari atas bukit (Sumber: @egybramantya on Instagram)

Bukit Gombel adalah tanah tertinggi yang ada di Kota Semarang sehingga kawasan ini menjadi pusat tower pemancar telekomunikasi, televisi, dan radio sehingga sering disebut dengan hutan tower. 

Di bukit ini Advonturers bisa melihat panorama laut, bintang di langit, dan gemerlap lampu kota yang sangat indah. Advonturers bisa menikmati pemandangan Kota Semarang dari daerah Jatingaleh sampai Tanjung Emas. Lampu jalanan akan terlihat mengular dan panjang, sedangkan lampu kendaraan terlihat berjalan pelan seperti semut. Bukit ini juga dikelilingi oleh deretan hutan pinus yang lebat sehingga udaranya sejuk.

Taman Tabanas Bukit Gombel

Taman ini berada di Jalan Setiabudi yang berjarak sekitar 8 km dari Tugu Muda Kota Semarang. Advonturers bisa menikmati indahnya kota Semarang dari atas bukit di siang hari atau malam hari jika cuacanya mendukung.

Masyarakat sekitar menyebut tempat ini sebagai Taman Tabanas karena terdapat Tugu Tabanas berada di tengah tengah taman. Beberapa orang menyebut taman ini dengan Gombel saja karena letaknya yang berada di area Bukit Gombel.

Selain bisa melihat pemandangan indah kota Semarang, di Taman Tabanas juga terdapat beberapa cafe dan hotel yang kekinian. Hal ini tentu saja menjadi hal yang menarik terutama untuk remaja. Taman ini ramai akan para pengunjungnya pada akhir pekan dan dipenuhi oleh anak muda yang datang dengan teman atau juga dengan pasanganya untuk menikmati pemandangan dan gemerlap lampu kota Semarang dari atas.

Selain cafe kekinian, di Taman Tabanas juga terdapat kedai lesehan kok yang tentunya lebih terjangkau. Advonturers bisa memilih minuman dan jenis kopi nusantara sampai kopi internasional tapi dengan harga yang sangat terjangkau. Kopi Flores di kedai lesehan hanya dijual dengan harga 10-ribuan saja loh, harga tersebut terjangkau bukan?

Bagaimana, apakah Advonturers merasa tertarik untuk mengunjungi Bukit Gombel Semarang? Walaupun Bukit Gombel memiliki sisi mistis, tetapi tidak ada salahnya loh untuk menjadikan bukit ini sebagai destinasi wisata. Advonturers bisa menikmati kelap-kelip lampu kota Semarang sambil mencicipi lezatnya jagung bakar dan ditemani secangkir teh atau kopi hangat. 

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *