Keindahan Bukit Cinta Ambarawa, Lokasi, Rute, & Harga Tiket

Keindahan Bukit Cinta Ambarawa
Keindahan Bukit Cinta Ambarawa (Sumber: Halimah Tiyah on Google Maps)
Daftar isi

Kabupaten Semarang memang sangat kaya akan tempat wisata, mulai dari wisata alam, bahari, sejarah, dan masih banyak lagi. Salah satu destinasi yang pantang untuk kamu lewatkan adalah Bukit Cinta Ambarawa yang menawarkan pesona deretan bukit hijau yang menawan. Penasaran kelanjutannya? Simak ulasan ini, Advonturers!

Daya Tarik Utama Bukit Cinta Ambarawa

1. Wisata Rawa Pening

Rawa Pening sendiri merupakan salah satu kawasan sekitar Bukit Cinta yang populer sebagai daya tarik wisatawan karena lebatnya tumbuhan eceng gondok dalam hamparan rawa yang terlihat asri. Dengan pengelolaan yang lebih tertata, sekarang rawa ini sudah bertransformasi menjadi area yang lebih rapi dan bersih. Sebagian eceng gondok yang tumbuh di sekitar rawa pun dijaga supaya tidak menutupi seluruh permukaan air.

2. Pemandangan Bukit Hijau

Sesuai namanya, Bukit Cinta Ambarawa menyuguhkan pemandangan deretan perbukitan hijau yang terlihat sangat asri di sekitarnya. Terdapat pula spot Bukit Brawijaya yang kian memperkuat panorama keindahan objek wisata yang satu ini.

Kamu pun berkesempatan untuk menyaksikan langsung beberapa gunung yang berdiri megah dari kejauhan. Sebut saja Gunung Merbabu dan Telomoyo, serta Perbukitan Gajah Mungkur. Kehadiran pegunungan dan perbukitan tersebut jelas memberikan latar belakang yang eksotis untuk wisatawan nikmati.

3. Banyak Spot Foto Instagramable

Di samping menawarkan keindahan alamnya, Bukit Cinta Ambarawa juga menyediakan berbagai spot foto yang pastinya instagramable. Perkembangan kawasan wisata ini menjadikannya terlihat lebih apik daripada sekadar wisata alam bukit dan rawa.

Artikel Terkait

Bangunan dan sejumlah fasilitas yang tersedia memang mempunyai desain yang unik sehingga cocok menjadi tempat untuk berfoto ria. Tidak mengherankan, mulai banyak anak muda yang berkunjung dan menghabiskan waktu di sini.

4. Kisah Mitos

Terdapat mitos Bukit Cinta Ambarawa yang sering beredar di kalangan masyarakat setempat. Konon katanya, terdapat seekor naga yang menjaga area Rawa Pening. Itu sebabnya wisatawan akan menemukan bangunan ular naga sewaktu datang ke sini. Bagian kepala naga berfungsi sebagai jendela masuk, sedangkan ekornya berada di depan kepala sehingga tampak seolah sedang mengelilingi Rawa Pening.

Harga Tiket Masuk Bukit Cinta Ambarawa

Pemandangan bukit cinta ambarawa (1)
Pemandangan bukit cinta ambarawa (Sumber: Google Maps)

Pengunjung dapat menikmati keseruan di tempat wisata ini mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB setiap harinya dengan membayar tiket seharga Rp15.000 untuk setiap orang.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Cinta Ambarawa

Bukit ini berada di kawasan Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Apabila berangkat dari Jalan Raya Salatiga-Ambarawa, kamu dapat menuju ke arah Jalan Lingkar Ambarawa. Selanjutnya, ikutilah papan penunjuk arah dengan melewati jalur kecil beraspal hingga sampai ke lokasi.

Tips Berkunjung ke Bukit Cinta Ambarawa

1. Berkunjung ketika Cuaca Sedang Cerah

Datanglah ke Bukit Cinta sewaktu cuaca cerah atau tidak berkabut supaya kamu bisa lebih leluasa untuk menyaksikan latar pegunungan yang tampak gagah di sisi selatan, seperti Gunung Telomoyo, Merbabu, sampai Ungaran.

Tidak cuma gunung, wisatawan juga akan menjumpai Danau Rawa Pening yang airnya sangat jernih sehingga mampu memantulkan warna langit biru, terutama ketika cuaca cerah.

2. Datang Pagi Hari

Buat kamu yang ingin merasakan dinginnya udara bukit cinta, datanglah pada pagi hari menjelang pukul 07.00 WIB. Selain itu, suasana yang masih sepi alias belum ramai pengunjung pun membuat udara sekitar tidak terasa panas. Jika kamu datang pada sore hari, atmosfernya juga akan kembali sejuk, tetapi waktu akan terasa lebih singkat mengingat destinasi ini mulai tutup pukul 16.00.

3. Naik Perahu secara Rombongan

Salah satu atraksi wisata favorit di Bukit Cinta Ambarawa adalah menaiki perahu. Masyarakat setempat sendiri sudah menyediakan jasa sewa perahu bagi wisatawan yang ingin berkeliling danau.

Harganya juga sangat terjangkau, yakni Rp100.000 dengan muatan maksimal 4 orang. Tentunya kamu jangan pergi sendirian supaya bisa memperoleh harga yang lebih murah per orangnya. Cobalah untuk mengajak orang lain, seperti teman, pasangan, maupun keluarga untuk naik perahu bersama.

Sesudah mengetahui aneka informasi tentang Bukit Cinta Ambarawa, apakah Advonturers tertarik untuk berkunjung kemari? Destinasi yang satu ini sangat layak untuk kamu tambahkan ke dalam daftar tempat yang wajib didatangi ketika berlibur di Semarang.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *