1. Wisata Buatan

Benteng Speelwijk: Sejarah, Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Benteng Speelwijk adalah salah satu benteng bersejarah yang terletak di Kasemen, Banten. Bangunan bersejarah ini sekarang sudah berubah menjadi tempat wisata yang sarat akan nilai sejarah dan keindahan. Seperti apa kira-kira keadaannya sekarang dan apa yang menarik tentang benteng ini? Yuk simak informasi selengkapnya di sini!

Sejarah Benteng Speelwijk 

Sebelum mengenal lebih dalam mengenai bangunan peninggalan bersejarah ini, yuk kenali sejarahnya terlebih dahulu. 

Ketika mendirikan Benteng Speelwijk di Kasemen, Belanda mengajukan permohonan izin kepada Sultan Haji, anak dari Sultan Ageng Tirtayasa. Mereka menjelaskan bahwa nantinya benteng tersebut akan menjadi tempat perlindungan dari serangan para pengikut Sultan Ageng Tirtayasa, yang terkenal sangat anti dengan Belanda.

Sumber: Kompas

Proses pembangunan Benteng Speelwijk bermula pada tahun 1681 dan selesai pada tahun 1684, dan kemudian mengalami perluasan pada tahun 1731. Dalam pelaksanaan pembangunan benteng ini, Hendrick Loocaszoon Cardeel dibantu oleh tenaga kerja dari komunitas China dengan upah yang sangat rendah.

Fungsi Benteng Speelwijk di Zaman Dahulu

Benteng Speelwijk menjadi lambang kekuasaan Belanda di wilayah Banten setelah Sultan Haji menjalin kemitraan dengan VOC. Selain itu, pembangunan benteng ini semakin memperkuat posisi Belanda dalam upaya mereka menguasai perdagangan lada dan merica dari Lampung Selatan.

Sumber: Kemendikbud

Selain berfungsi sebagai pusat pertahanan, Benteng Speelwijk juga berfungsi sebagai tempat tinggal bagi warga Belanda di wilayah Banten. Karena alasan ini, di sekitar benteng, kita bisa menemukan pemakaman para bangsawan dan prajurit Belanda. Lebih dari itu, Benteng Speelwijk juga berfungsi sebagai pos pengawasan Belanda terhadap aktivitas yang dilakukan oleh Kesultanan Banten.

Daya Tarik Benteng Speelwijk 

Bangunan benteng ini memiliki bentuk persegi panjang, dikelilingi oleh tembok pertahanan setinggi tiga meter, dengan bastion atau ruang jaga di setiap sudutnya. Di sekitar benteng terdapat juga parit yang berfungsi untuk menghambat upaya musuh yang ingin masuk atau menyerang.

Di dalam Benteng Speelwijk, terdapat berbagai fasilitas seperti rumah komandan, gereja, gudang penyimpanan senjata dan mesiu, kantor administrasi, serta kamar dagang. Namun, sayangnya, banyak dari ruangan-ruangan ini sekarang sudah dalam kondisi hancur dan hanya pondasinya yang tersisa.

Bagian-bagian dari Benteng Speelwijk yang masih dapat kamu nikmati keindahannya adalah tembok dan bastion. Di dalam kompleks benteng ini, terdapat pemakaman orang-orang Belanda, salah satunya adalah makam panglima perang, Komandan Hugo Pieter Faure.

Sekitar Benteng Speelwijk terdapat banyak pohon dan tanaman hijau, dengan rumput yang segar di bagian bawahnya. Pemandangan alam yang indah dan kebersihan area wisata selalu dijaga oleh para petugas pengelola wisata.

Sumber: Swiss-Bellhotel

Diketahui bahwa area Speelwijk memiliki beragam tanaman hijau, sehingga pengelola memutuskan untuk membangun sebuah taman yang cantik di dalamnya. Taman ini ditanami pohon kelapa, berbagai jenis bunga warna-warni, dan pohon palem. 

Setiap hari, tempat ini menjadi objek favorit bagi para wisatawan yang ingin berfoto. Di sana, tersedia kursi kayu untuk melepas penat, dan taman ini seperti paru-paru yang memberikan udara segar di dalam benteng. Oleh karena itu, setiap pengunjung yang berlibur selalu menyempatkan untuk mengunjungi taman ini.

Lokasi dan Rute ke Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk terletak di daerah Kampung Pamarican, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten, dan keberadaannya sangat mudah kamu jangkau karena berada di pusat kota. Pengunjung yang datang memiliki opsi membawa kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor maupun mobil. Namun, jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir karena di sekitar benteng terdapat layanan penyewaan travel yang dapat mengantarmu.

Jika datang dari arah tol Serang, kamu cukup melanjutkan perjalanan lurus hingga mencapai pertigaan dengan lampu merah. Setelah itu, belok kiri ke Jalan Ayip Usman, dan ketika kamu mencapai ujung jalan, belok kanan ke arah Jalan Raya Kasemen. Teruslah melanjutkan perjalanan ke wilayah jembatan, dan dari sini, kamu sudah sangat dekat dengan lokasi benteng. Gerbang benteng akan terlihat di ujung jalan, menghadap langsung ke Jalan Raya.

Sumber: Wisato

Jalanan menuju ke benteng sudah berbentuk aspal , sehingga perjalananmu akan menjadi cukup nyaman dan mudah. Bagi para pelancong yang datang pertama kali, tidak perlu khawatir tersesat karena ada papan penunjuk jalan di sekitarnya. Selain itu, kamu dapat menggunakan Google Maps atau bertanya kepada penduduk lokal untuk memastikan arah yang benar. Selama perjalanan, kamu juga akan menikmati keindahan kota yang penuh dengan aktivitas.

Harga Tiket Masuk Benteng Speelwijk

Harga tiket masuknya tergolong terjangkau, yaitu Rp20.000 per orang, berlaku baik pada hari libur maupun hari biasa, dan berlaku untuk orang dewasa serta anak-anak yang berusia di atas 1 tahun. Jam operasional benteng ini dimulai pukul 10.00 hingga 16.00, setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu.

 

Selain biaya tiket masuk, para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenai biaya parkir tambahan. Tarifnya adalah Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat seperti mobil dan bis. Semua pendapatan dari tarif ini berfungsi untuk memelihara rutin benteng.

Aktivitas di Benteng Speelwijk Banten

Walaupun Benteng Speelwijk memiliki nilai sejarah yang kental, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai kegiatan yang menarik. Selain menjadi tujuan populer untuk wisata edukasi tentang sejarah Kerajaan Banten, benteng ini juga menyediakan kesempatan bagi kamu untuk berfoto-foto di lokasi tertentu yang menarik, bersepeda, dan masih banyak lagi kegiatan seru lainnya.

Mempelajari Sejarah Kerajaan Banten

Bagi pengunjung yang ingin mendalami sejarah Kerajaan Banten, mengunjungi Benteng Speelwijk adalah suatu keharusan. Benteng ini merupakan peninggalan bersejarah dari era penjajahan Belanda dan merupakan bukti konkret atas keberhasilan Belanda dalam menguasai Kerajaan Banten.

Ketika memasuki kawasan ini, kamu akan langsung dapat melihat halaman yang luas, dikelilingi oleh tembok-tembok benteng. Struktur bangunan benteng ini berbentuk persegi panjang, dan pada setiap sudutnya terdapat ruang jaga. Di dalam benteng, sayangnya, banyak ruangan yang hanya tersisa pondasinya saja. Selain itu, di bagian luar benteng ini terdapat kompleks makam bagi orang-orang Belanda.

Bersepeda

Kawasan luas di dalam Benteng Speelwijk sering menjadi tempat favorit bagi pengunjung yang gemar bersepeda, terutama mereka yang berasal dari sekitar Kota Serang sering melakukan perjalanan sepeda mengelilingi benteng. Pagi dan sore hari adalah waktu yang paling sering dipilih oleh pengunjung untuk bersepeda di sini.

Para pengunjung yang memilih bersepeda dapat menikmati keindahan benteng dengan menjelajahi jalur-jalur yang mengelilinginya. Selain bersepeda, kegiatan lari pagi juga bisa lakukan di kompleks ini. Selain itu, tersedia kursi-kursi taman di sekitar benteng yang memungkinkan pengunjung untuk bersantai. Saat ini, banyak pohon rindang yang tumbuh di seluruh kompleks benteng, memberikan suasana yang sejuk dan nyaman.

Baca Juga:Pantai Pulisan, Pantai Indah nan Eksotis di Sulawesi Utara

Demikian pembahasan Advontura mengenai Benteng Speelwijk. Setelah mengetahui tentang benteng ini, apakah kamu tertarik untuk mampir

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Benteng Speelwijk: Sejarah, Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]