1. Wisata Alam

Bedengan Malang – Keindahan alam Bumi Perkemahan

Tidak perlu diragukan lagi keindahan alam yang ada di Malang memanglah sungguh menawan. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat suasana serta udara yang berhembus begitu segar. Salah satu tempat wisata alam yang patut untuk dikunjungi untuk merasakan keindahan alam juga udara dingin khas Malang adalah Bedengan.

Mungkin sebagian orang kurang familiar dengan nama ini. Bedengan adalah sebuah wisata alam yang mengusung konsep bumi perkemahan. Bagi anak pecinta alam tempat ini pastilah cocok dipilih untuk menghabiskan waktu berlibur.

Sebagai bumi perkemahan, Bedengan memiliki berbagai aktivitas seru yang dapat dicoba. Datang dan berkemah bersama keluarga maupun teman – teman akan membuat waktu liburan menjadi lebih menyenangkan.

Bedengan pertama kali dibuka dan diresmikan pada tahun 2007. Awalnya tempat ini dibuat sebagai lahan untuk pembibitan tanaman pohon yang disebut “Bedengan” oleh masyarakat setempat. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini berangsur menjadi objek wisata alam yang sering difungsikan sebagai bumi perkemahan.

Berada di kaki Gunung Panderman membuat pengunjung dapat menikmati kesejukan udara dan juga indahnya pemandangan alam dalam satu waktu. Bumi perkemahan Bedengan menghadirkan sensasi perpaduan antara petualangan dan pemandangan alam.

Daftar Isi

Lokasi Bedengan Malang

Lokasi Bedengan Malang berada di sebelah barat Kota Malang tepatnya di Dusun Selokerto, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi ini berjarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat Kota Malang.

Karena lokasinya cukup terpencil, banyak orang belum mengetahui kebenarannya. Selain itu bumi perkemahan Bedengan ini kurang dipublikasikan sehingga hanya beberapa orang saja yang telah mengetahuinya.

Karena jarang dijamah oleh masyarakat, lokasi Bedengan Malang dapat dikatakan masih sangat asri dan hijau. Untuk menuju lokasi Bedengan Malang, pengunjung akan melewati perkebunan jeruk dan juga perkampungan padat penduduk.

Untuk pengunjung yang berencana mengunjungi wisata perkemahan Bedengan disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Sebenarnya rute untuk menuju lokasi Bedengan Malang dapat dilewati oleh kendaraan roda empat maupun roda dua, namun kendaraan roda dua lebih disarankan karena jika pengunjung membawa kendaraan roda empat harus memarkirkan kendaraannya di perkampungan. 

Keindahan Alam Bumi Perkemahan Bedengan

Bedengan malang
Bedengan malang (photo by outbounddimalang)

Area bumi perkemahan Bedengan menjinakan keindahan alam yang asri ditambah udara sejuk dan dingin khas dataran tinggi. Lokasi wisata ini  dipenuhi oleh pohon pinus tinggi, semak, dan juga rumput hijau membuat suasana alam disini lebih terasa.

Di sekitar area perkemahan terdapat aliran sungai yang kondisi airnya masih sangat jernih dan bersih. Kondisi air yang ada di tempat ini tergolong baik dan telah diteliti pada tahun 2013 menggunakan analisis biologi serangga air.

Menurut masyarakat setempat, aliran air sungai berasal dari air terjun bernama Brues yang berada tidak jauh dari lokasi Bedengan. Keberadaan air terjun Brues masih jarang diketahui oleh wisatawan karena letaknya sangat terpencil jauh dari jangkauan manusia. 

Objek wisata Bedengan dikenal oleh masyarakat luas sebagai sebagai tempat cocok untuk berkemah dan menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman. Objek wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi umum yang dapat digunakan oleh pengunjung yang berkemah.

Walaupun ketersediaannya terbatas, keberadaan kamar mandi umum tersebut cukup membantu wisatawan yang sedang berkunjung ataupun berkemah. Selain itu disini juga disediakan fasilitas umum lain seperti warung, musholla, gazebo, dan tentunya lahan untuk mendirikan tenda.

Fasilitas umum tersebut dibuat sederhana agar tidak merusak ekosistem alam yang ada di lingkungan bumi perkemahan Bedengan. Wisatawan yang berkunjung ataupun berkemah diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak alam dan fasilitas yang telah disediakan. 

Tidak hanya berkemah, di dekat area wisata terdapat wisata petik jeruk yang telah dipopulerkan sejak tahun 2009 oleh masyarakat dan petani Desa Selorejo. Wisata petik jeruk ini dapat dijadikan sebagai wisata edukasi bagi anak – anak.

Disini pengunjung dapat memetik jeruk segar langsung dari pohonnya. Karena dipetik langsung dari pohonnya, rasa yang dimiliki jeruk cenderung lebih manis dan segar. Desa Selorejo memiliki kurang lebih 12 jenis jeruk yang menjadi primadona desanya.

Jika penasaran dan ingin mencoba memetik jeruk langsung, pengunjung dapat berkunjung ke Agrowisata Petik Jeruk Desa Selorejo yang lokasinya berada di pinggir jalan menuju lokasi wisata Bedengan.

Disini pengendara motor rail dapat mengelilingi kawasan sekitar Bedengan dan juga memacu kendaraannya di lintasan penuh lumpur yang berada tidak jauh dari area perkemahan. Di kawasan ini pengunjung juga dapat berwisata edukasi sekaligus.

Pengunjung dapat melihat dan mempelajari berbagai jenis  pohon dan tumbuhan yang tumbuh alami. Kawasan wisata alam ini juga telah beberapa kali dijadikan objek penelitian oleh mahasiswa maupun peneliti.

Baca juga: Bukit Moko – Wisata Bandung Pemandangan Surga

Harga Tiket Masuk 

Harga tiket masuk Bedengan Malang dibandrol dengan harga sangat terjangkau. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja pengunjung dapat berkemah sambil menikmati dinginya udara dan pemandangan alam yang indah.

Harga tiket masuk tersebut ditetapkan dan dikelola langsung oleh pihak Perhutani. Untuk biaya parkir, kendaraan roda dua akan ditarik biaya parkir sebesar Rp 2.500.

Baca juga: Danau Ranu Kumbolo, Surga di Balik Gagahnya Semeru

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Bedengan Malang – Keindahan alam Bumi Perkemahan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]