3 Wisata Baturaden Purwokerto yang Wajiib Dikunjungi

Taman Nasional Way Kambas
Daftar isi

Wisata Baturaden Purwokerto adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berada di bagian selatan Gunung Slamet. Lokasinya hanya berjarak 7,5 km atau perjalanan sekitar 15 sampai 30 menit dari kota Purwokerto.

Berada di lereng gunung dengan keadaan alam yang masih asri dan kondisi udara yang sejuk, membuat Baturaden menjadi salah satu kawasan wisata dengan berbagai jenis tempat wisata, atraksi dan fasilitasnya.

Kali ini Advontura akan mengajak Anda untuk melihat-lihat berbagai pilihan wisata Baturaden Purwokerto dari mulai lokawisata, curug, pemandian air panas dan lain sebagainya. Yuk simak artikel di bawah ini sampai selesai!

Lokawisata Baturaden Purwokerto

Lokaswisata Baturaden
Lokaswisata (Photo by suarabanyumas.com)

Bagi Anda yang tertarik dengan wisata alam yang dipadu dengan wisata modern, lokasi wisata ini bisa menjadi salah satu tujuan Anda untuk berlibur.

Selain itu, dengan satu kali masuk para pengunjung sudah bisa menikmati berbagai wahana dan fasilitas yang diberikan di lokasi wisata Baturaden satu ini.

Artikel Terkait

Kolam Renang di Perbukitan

Selain berfoto dan bersantai, di lokasi wisata ini Anda bisa mencoba untuk berenang di kolam renang yang ada di perbukitan.

Pengalaman berenang dikelilingi dengan alam hijau yang mengampar, air yang jernih dan udara yang sejuk akan membuat Anda merasa segar kembali. Kolam renang yang ada juga disediakan untuk anak-anak dan orang dewasa.

Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap, mulai dari kamar mandi dan tempat ganti yang ada di sekitar kolam, tempat bersantai dan penjaja makanan.

Pemandian Kolam Air Hangat Belerang

Bosan berenang, Anda bisa mencoba pemandian kolam air hangat belerang yang ada di lokawisata ini. Selain berendam, Anda bisa mencoba minuman jahe yang menjadi minuman wajib ketika datang ke sini.

Danau Air Mancur

Untuk Anda yang lebih tertarik untuk bersantai dan menikmati keadaan alam sekitar tanpa repot basah-basah, Anda bisa menikmatinya di wahana danau air mancur.

Tempat ini merupakan salah satu tempat spot foto yang disukai banyak orang karena pemandangan alam disekitarnya. Selain berfoto, Anda juga bisa mencoba bermain bebek-bebekan atau memberi makan ikan.

Menikmati Curug Gumawang

Curug Gumawang bisa Anda temui setelah masuk dari pintu loket utama. Curug ini mempunyai tinggi sekitar 20 meter dengan banyak tanaman hijau dan lingkungan yang masih terjaga dengan baik.

Lokasi ini juga menjadi salah satu tempat yang paling disukai para pengunjung untuk berfoto. Jadi, jangan disia-siakan ya…

Mendengarkan Calung

Calung adalah salah satu alat musik tradisional khas Indonesia. Pertunjukan Calung biasanya digelar di tempat makan saat pengunjung sedang menyantap makanan. Salah satu tujuan pertunjukan ini adalah untuk melestarikan budaya Indonesia.

Fasilitas yang Disediakan

Bagi Anda yang ingin berlibur di sini, tidak perlu khawatir karena berbagai fasilitas sudah dibangun untuk memastikan para pengunjung betah ada di dalamnya.

Beberapa fasilitas yang diberikan adalah masjid untuk sholat, rumah makan, fasilitas kursi roda dan jalanan khusus untuk penyandang disabilitas.

Harga Tiket Masuk Baturaden

Tiket Masuk di Baturaden di hari biasa sebesar Rp 20.000,00 sedangkan di hari Minggu atau libur naik sebesar Rp 25.000,00. Khusus bagi anak-anak dibawah 3 tahun tidak akan dikenakan biaya.

Baca juga: Telaga Warna Puncak Bogor – Lokasi & Harga Tiket

Jam Buka Wisata Baturaden

Di hari biasa atau hari kerja, tempat wisata ini buka pukul 7 pagi hingga 4 sore. Sedangkan di hari libur buka mulai pukul 7 pagi hingga jam setengah 5 sore. Namun karena pandemi, lokasi wisata ini masih ditutup dari tanggal 11 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021.

Kebun Raya Baturaden Purwokerto

Kebun Raya Baturaden
Kebun Raya (Photo by travelspromo.com)

Kawasan Baturaden juga memiliki tempat wisata menarik lainnya yaitu, Kebun Raya Baturaden. Kebun Raya Baturaden ini merupakan salah satu tempat berlibur sekaligus belajar yang ada di Indonesia. 

Tempat ini dulu diresmikan oleh Megawati Soekarno Putri pada tanggal 19 Desember tahun 2015 dan terus berkembang sekarang. Saat ini Kebun Raya Baturaden telah menjadi salah satu tempat pengembangan kawasan konservasi tumbuhan LIPI.

Menikmati Piknik di Antara Pohon Besar

Selagi para pengunjung rekreasi dan piknik, Anda dapat menikmati berbagai jenis tanaman hijau seperti Anggrek, Perdu, tanaman merambat, Liliana dan pepohonan besar yang makin membuat suasana tambah menyenangkan. 

Bagi Anda yang membawa anak tak perlu khawatir kalau anaknya merengek bosan, karena disana tersedia berbagai wahana seperti  jungkat-jungkit, seluncuran, labirin atau sekedar berfoto dan bermain di air terjun alami yang ada di sana..

Berolahraga Trekking

Anda juga bisa mengajak keluarga atau teman untuk berolahraga trekking di sini. Berolahraga ini di sini tentunya akan lebih nyaman dan menantang. Karena daerah ini memilih tipografis yang menantang dengan ketinggian 600-700 mdpl dan suhu sekitar 20-30 derajat celcius. 

Tiket Masuk Kebun Raya Baturaden Purwokerto

Tiket masuk di kawasan wisata ini terbilang terjangkau. Untuk pengunjung dewasa dari dalam negeri cukup membayar Rp 5.000,00 dan pengunjuk anak-anak dari dalam negeri hanya sebesar Rp 3.000,00. Berbeda dengan pengunjung mancanegara yang harus membayar sebesar Rp 25.000,00. 

Untuk biaya parkir, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp 10.000,00 untuk mobil dan Rp 4.000,00 untuk motor.

Jam Buka Kebun Raya Baturaden Purwokerto

Anda dapat datang ke kebun raya ini setiap hari mulai dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore hari.

Caping Park Baturaden Purwokerto

Caping Park Baturaden Purwokerto merupakan wisata edukasi di bidang pertanian dan peternakan yang mempunyai banyak sekali spot foto dan wahana yang menarik.

Di tempat ini Anda bisa belajar untuk mengetahui proses budidaya dan perawatan berbagai hewan dan tanaman. Di dalamnya terdapat mini zoo, taman bunga, cafe outdoor, gazebo dan lain sebagainya.

Selain terkenal karena wisata edukasinya, tempat ini juga dikenal dengan spot-spot keren untuk berfoto. Menikmati dan mengabadikan pemandangan Baturaden dari atas, Anda bisa mencoba spot foto seperti balon udara, ketapel raksasa, menara pandang, properti kayu warna-warni dan spot foto yang paling terkenal yaitu jembatan kaca. 

Tiket Masuk Caping Park Baturaden Purwokerto

Bagi para pengunjung yang datang di hari biasa, aka dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,00. Sedangkan di hari minggu, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000,00. 

Jam Buka Caping Park Baturaden Purwokerto

Bagi Anda yang ingin datang ke sini, Anda bisa datang ke sini mulai pukul 7 pagi hingga pukul 8 malam.

Hotel di Baturaden

Hotel di Baturaden lumayan banyak, dan Anda tidak perlu khawatir kebingungan untuk mencarinya. Beberapa rekomendasi hotel di Baturaden antara lain RedDoorz dekat Lokawisata Baturaden, Green Valley Resort Baturaden, Surya Hotel and Resort Baturaden, Queen Garden Hotel dan lain sebagainya. 

Apabila Anda ingin menginap di beberapa hotel di atas, Ada bisa menyiapkan uang antara Rp 150.000,00 sampai Rp 300.000,00 untuk dua orang dalam satu malam.

Villa Baturaden

Bagi Anda yang membawa keluarga besar untuk berlibur, menyewa villa merupakan pilihan yang tepat. Beberapa villa Baturaden yang bisa Anda coba antara lain Villa Acacia, Villa Agathis, Villa, Edelweiss, Villa Ebony Palawi dan lain sebagianya. Untuk kisaran harganya, Anda bisa bernegosiasi dengan pemilik villa untuk harga yang paling murah.

Demikian informasi tentang berbagai tempat wisata menarik di daerah Baturaden. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membuat perencanaan liburan di kawasan wisata Baturaden ini. Sampai jumpa di pembahasan wisata Nusantara menarik lainnya!

Baca juga: Coban Rondo, Tiket Masuk dan Wahana Coban Rondo

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *