Puncak B29 Lumajang, Sensasi Negeri di Atas Awan yang Ciamik

Daftar isi

Provinsi Jawa Timur  mempunyai beragam tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi, salah satunya Puncak B29 di Kabupaten Lumajang. Destinasi ini sering disebut-sebut sebagai negeri di atas awan. Penasaran kelanjutannya? Simak ulasannya, Advonturers!

Keindahan Alam Puncak B29 Lumajang

1. Pesona Matahari Terbit dan Terbenam

Pemandangan matahari terbenam dari Puncak B29 (@hanantyo on INstagram)

Mampir ke tempat ini tidak afdol kalau belum menyaksikan langsung pesona sunrise dan sunset. Sebagai catatan, kamu mesti sampai di puncak setidaknya pada pukul 4 pagi jika ingin melihat matahari terbit. Jangan lupa untuk membawa jaket tebal karena suhu di puncak bisa mencapai hingga 9 derajat celcius ketika dini hari.

Apabila ingin menikmati kecantikan matahari terbenam sekaligus, alangkah baiknya kamu berkemah di puncak B29 Lumajang. Sebab, kamu tentu tidak perlu melakukan perjalanan bolak-balik untuk mengejar momen sunrise dan sunset yang pastinya menguras tenaga.

2. Kaldera Gunung Bromo

Gunung Bromo dari Puncak B29 (@infowisatagunungbromo on Instagram)

Datanglah ke B29 Lumajang saat cuaca cerah untuk mengamati langsung keindahan kaldera Bromo yang sangat luas. Kaldera merupakan pusat letusan berdiameter lebih dari 2 meter yang mencakup lautan pasir, Gunung Bromo, serta Gunung Batok.

Dulunya, kaldera ini termasuk bagian Bromo purba raksasa yang tergolong kategori megavulkano. Terdapat pula barisan perbukitan yang mirip seperti benteng raksasa di sekelilingnya.

Artikel Terkait

3. Puncak Gunung Raung dan Argopuro di Ufuk Timur

Gunung Raung dan Argopuro (Kompas.com)

Di sebelah timur, hadir dua gunung yaitu Argopuro dan Raung yang seolah sedang ‘melayang’. Gunung Argopuro tampak dikelilingi oleh awan putih di bawahnya, sementara Gunung Raung yang lebih jauh di ufuk timur juga terlihat lumayan jelas.

Perpaduan eksotisme kedua gunung dengan birunya langit dan putihnya awan dijamin akan memanjakan mata siapa saja yang melihat. awan putih terlihat begitu padu. Apalagi dengan sejuknya angin dataran tinggi dan hangatnya matahari, membuat pikiran terasa sangat rileks.

4. Gunung Arjuno-Welirang di Sebelah Barat

Gunung Arjuno-Welirang (Kompas.com)

Berbalik ke arah barat, pengunjung bisa menyaksikan satu gunung dengan dua puncak berbeda dari B29 Lumajang. Puncak Arjuno terletak di bagian kiri, sedangkan Welirang ada di bagian kanan. 

Berada di atas ketinggian 2.900 mdpl, pemandangan tersebut dapat kamu saksikan terutama saat cuaca cerah. Adapun kedua puncak ditandai oleh kepulan asap akibat banyaknya kawah aktif dan batu belerang di sana.

5. Letusan dari Puncak Semeru

Letusan kecil dari Puncak Semeru (@kalinatourtravel on Instagram)

Walaupun berjarak lebih kurang 18 km, kamu dapat melihat Puncak Mahameru yang berketinggian 3.676 mdpl dengan jelas dari B29 Lumajang Jawa Timur. Sewaktu cuaca cerah, area ini akan tampak sangat gagah di bawah latar langit biru.

Gunung Semeru sendiri mempunyai kawah aktif yang sesekali akan mengeluarkan ‘letusan’ berupa awan panas putih. Meskipun begitu, letusan tersebut sama sekali tidak berbahaya, bahkan menjadi objek foto yang menarik dari lokasi puncak B29.

Lokasi dan Rute B29 Lumajang

Objek wisata ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Argosari, Nganjir, Sariwani, Sukapura, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Jawa Timur. Apabila tertarik untuk menikmati pesona alam langsung dari puncaknya, kamu harus menempuh jarak sekitar 40 km dari pusat kota Lumajang.

Dengan akses yang bagus, wisatawan dapat datang ke sana dengan mudah. Gunakan kendaraan roda dua atau roda empat guna mempermudah perjalanan wisata menuju Sunrise Point (area titik matahari terbit) B29 Lumajang.

Harga Tiket B29 Lumajang

Hanya bermodalkan Rp5.000 per orang, kamu sudah bisa memperoleh tiket masuk ke dalam. Mengenai parkir, kamu mesti membayar Rp5.000 untuk setiap kendaraan. Selain itu, kamu juga boleh parkir di depan warung, tetapi tarifnya akan lebih mahal.

Jam Buka B29 Lumajang

Kamu tidak perlu risau sebab destinasi wisata ini dapat dikunjungi kapan saja bersama orang tercinta selama liburan. Puncak B29 sendiri beroperasi setiap hari selama 24 jam.

Tips Berkunjung ke Puncak B29 Lumajang

Persiapan menuju puncak B29 Lumajang (@vhytreechuby on INstagram)

Siapa yang tidak ingin merasakan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan? Oleh sebab itu, berikut beberapa tips yang mesti kamu perhatikan sewaktu mengeksplor keindahan B29 Lumajang.

  • Datanglah sebelum pagi hari untuk menikmati pesona matahari terbit terbaiknya.
  • Jangan berkunjung sewaktu musim hujan mengingat medan perjalanan akan jadi berlumpur dan pemandangan tertutup oleh kabut tebal.
  • Sediakan baju hangat sekaligus bekal makanan selama menjelajahi areanya
  • Apabila berencana untuk berkemah, siapkan segala keperluan, seperti tenda, nesting, sampai sleeping bag secara maksimal.

Sehabis mengetahui aneka informasi mengenai B29 Lumajang, apakah Advonturers tertarik untuk berkunjung? Destinasi yang satu ini sangat layak untuk kamu masukkan ke dalam daftar wisata ketika berlibur ke Lumajang, Jawa Timur.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *