Kuliner di Alun Alun Batu Malang dan Aktivitas Menariknya

Alun alun batu
wisata-batumalang.com/
Daftar isi

Setiap kota di Indonesia pasti memiliki alun-alun yang biasanya menjadi pusat kota. Kota Batu merupakan salah satu ikon wisata yang terkenal di Jawa Timur. Berkunjung ke Batu tidak lengkap rasanya apabila tidak mampir ke Alun Alun Batu.

Selain memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dari pemandangan alam hingga wahana permainan menarik batu selalu menjadi primadona bagi wisatawan sebagai tempat berlibur. 

Kota yang selalu ramai wisatawan setiap harinya ini menjadi bukti bahwa Kota Batu memiliki daya tarik dan keunikan yang membawa pengunjung lokal maupun luar daerah berbondong-bondong pergi ke Batu.

Banyak wisata menarik dan juga aktivitas menyenangkan lainnya yang dapat kalian lakukan di kota apel ini. Pada kesempatan ini Advontura akan mengulas mengenai Alun Alun Batu yang menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Batu Malang.

Alun Alun Batu

Alun Alun Batu ini juga memiliki fungsi sebagai taman kota yang juga banyak dijadikan masyarakat sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Hal ini dikarenakan alun-alun memiliki wahana permainan yang menarik serta fasilitas yang juga cukup lengkap.

Artikel Terkait

Ada banyak kegiatan yang dapat kalian lakukan disini mulai dari wisata kuliner hingga mencoba berbagai wahana permainan. Alun Alun Batu Malang berlokasi di Jl.Diponegoro,Sisir,Kecamatan Batu,Kota Batu.

lokasinya yang sangat strategis membuat kawasan ini mudah dijangkau oleh para wisatawan yang hendak datang kesini. Taman kota ini juga buka selama 24 jam di malam hari kawasan ini semakin ramai pengunjung yang bersantai ataupun berwisata kuliner di sekitar alun-alun.

Udaranya yang dingin di malam hari tidak membuat surut antusias pengunjung yang datang, banyak anak-anak muda yang bermain bianglala dan juga membeli jagung bakar untuk memecah dinginnya suhu Kota Batu di malam hari.

Di pagi hari kawasan ini juga sering kali digunakan untuk berolahraga seperti jogging ataupun jalan santai. Hal ini juga membuktikan bahwa alun-alun ini digunakan bukan hanya sebagai ajang rekreasi tapi juga digunakan sebagai ajang edukasi dan juga olahraga oleh masyarakat sekitar. 

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Alun Alun Kota Batu

Alun Alun Kota Batu
Alun Alun Batu (Photo by explorewisata. com)

Para wisatawan yang datang ke Alun Alun Batu juga dapat melakukan beberapa aktivitas seru. Pengunjung dapat bermain-main dengan mencoba berbagai wahana permainan, duduk bersantai di taman, berfoto-foto dan juga berwisata kuliner. Berikut aktivitas dan hal menarik yang dapat kalian lakukan diantaranya:

Menaiki Bianglala

Wahana ini merupakan salah satu wahana yang harus kalian coba saat berada di sini, dengan menaiki wahana bianglala ini kalian dapat melihat pemandangan indahnya kota batu di malam hari dari ketinggian.

Wahana yang memiliki diameter yang cukup besar ini pastinya juga membutuhkan keberanian untuk menaikinya. Wahana yang memacu adrenalin ini juga akan membuat kalian merasa deg-degan saat sudah berada di puncak.

Wahana bianglala ini memiliki kabin berjumlah 17 yang dilengkapi dengan alat pengaman yang baik. Anak-anak hingga dewasa bisa menaiki wahana ini dan kalian tidak perlu khawatir karena permainan ini sudah dipastikan aman dan selalu dicek kondisinya secara berkala.

Alun-alun Kota Batu Malang ini juga diketahui sebagai satu-satunya alun-alun yang terdapat permainan bianglala yang permanen di dalamnya. Dengan hal ini pemerintah setempat juga mengupayakan alun-alun ini sebagai pusat kegiatan bagi masyarakat setempat yang bernilai positif dan juga bermanfaat. 

Alun Alun Batu malam hari terlihat lebih indah dengan adanya lampu-lampu yang membuat kesan cantik taman ini.

Selain itu menikmati Alun Alun Batu malam hari membuat kalian merasakan dinginnya kota batu serta keindahan kota yang terlihat semakin mempesona dengan kelap kelip lampu perkotaan yang terlihat dari atas ketinggian bianglala. 

Baca juga: Flora Wisata San Terra, 700 Aneka Jenis Bunga Ada Disini

Air Mancur

Terdapat air mancur yang letaknya di wahana bermain anak-anak. Air mancur ini akan keluar secara tiba-tiba dan membasahi baju kalian yang melewati atau berada di sekitar air mancur ini.

Air mancur ini pun banyak digunakan anak-anak untuk bermain air, diharapkan pengunjung membawa baju ganti untuk berjaga-jaga saat terkena air.

Wahana Bermain Anak

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak maka tak perlu khawatir karena taman ini juga memiliki playground yang dikhususkan untuk anak-anak. Selain aman wahana di playground ini juga beragam jadi anak-anak pasti akan menyukai dan tidak akan bosan.

Walaupun playground ini sangat aman untuk anak-anak namun orang tua harus tetap mengawasi kegiatan anaknya selama di playground ini untuk tetap menjaga keamanan anak anda.

Mobil Hias dan Kelinci Hias

Bagi para pengunjung yang ingin berkeliling alun-alun maka pengunjung dapat menggunakan mobil hias yang disewakan untuk para pengunjung.

Mobil hias yang dihiasi dengan lampu warna-warni ini serta alunan musik membuat suasana malam hari semakin terasa mengasyikkan saat mengelilingi alun-alun. Bagaimana penasaran? Datang dan nikmatilah berkeliling dengan mobil hias di malam hari yang dingin di Kota Batu.

Pasar Laron

Tempat ini merupakan tempatnya pedagang kaki lima yang ada di sekitaran kawasan alun-alun. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati kuliner Alun Alun Batu yang khas dengan makanan kota batu dengan cita rasa yang lezat.

Kios dan gerai makanan berjejer menawarkan aneka menu masakan yang pastinya menggoda selera. Para pengunjung pun juga bisa memilih menu makanan sesuai dengan budget dan selera kalian masing-masing.

Tak hanya kuliner saja yang dapat kalian jumpai di pasar laron ini, kalian juga bisa menjumpai berbagai macam aksesoris yang dijual di pasar ini.

Yang membuat istimewa tempat ini adalah para pedagang yang menjual makanan menyediakan kursi dan meja tersendiri hal ini tentu menambah kenyamanan para pengunjung yang ingin mencicipi jajanan dan olahan makanan yang dijual.

Selain itu tempat ini juga bersih dan nyaman hal ini lah yang membuat wisatawan betah berlama-lama berada di pasar laron. 

Kuliner Alun Alun Batu

Selain menikmati keindahan kota batu di malam hari kalian juga bisa berwisata kuliner saat berada di alun-alun kota wisata batu. Kuliner disini pun terbilang cukup lengkap dengan berbagai pilihan seperti street food sampai restoran dan cafe pun juga ada disini.

Beragam menu makanan dan minuman tersedia disini. Makanan yang dijual pun juga memiliki rasa yang enak dengan citarasa lokal seperti sate,sosis bakar,soto,seafood dan masih banyak lagi menu lainnya.

Aneka minuman seperti kopi,susu dan jahe hangat juga ada di warung dan cafe-cafe sekitaran alun-alun.  Kuliner Alun Alun batu yang khas dan banyak dicari wisatawan yaitu Ketan Pos Legenda. Kalian wajib mencoba menu yang satu ini saat berada disini.

Pos legenda ini letaknya tak jauh dari alun-alun yaitu berada di sekitar area alun-alun, selain itu aneka sate satean (lok-lok) juga tak kalah ramai peminatnya. Banyak pengunjung yang membeli lok-lokan ini sebagai teman bermain dan bersantai di alun-alun. Bagaimana seru bukan?

Hotel Dekat Alun Alun Batu

Setelah lelah berlibur dan menghabiskan waktu di Kota Batu kalian bisa menghabiskan malam dengan menginap di penginapan maupun hotel dekat Alun Alun Batu.

Beberapa pilihan hotel dekat Alun Alun Batu yang dapat kalian pilih dianaranya: Omah Wilis, Nazifa Homestay, Villa De Tiara Batu, Villa Fifa, Villa Semeru 1, Omah Etan Batu, Hidden Paradiso, Mahameru Homestay, Villa Carista dan masih banyak lagi lainnya.

Penginapan dan hotel dekat Alun Alun Batu tersebut memiliki harga yang bervariasi dengan fasilitas yang bervariasi pula. Kalian bisa memilih penginapan yang sesuai dengan keinginan dan budget yang telah kalian sediakan. 

Demikian pembahasan mengenai Alun Alun Batu yang penuh dengan pesona dimalam hari. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kalian semua, destinasi tersebut bisa kalian jadikan referensi tempat berlibur bersama teman dan kerabat. Sampai jumpa pada pembahasan objek wisata menarik lainnya. 

Baca juga: Malang Night Paradise: Wahana, Tiket, & Hotel Sekitar

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *