Menikmati Sejuknya Wisata Air Terjun Umbul Songo Kopeng

air terjun umbul songo kopeng
Pemandangan air terjun Mmbul Songo Kopeng (sumber: Google Maps)
Daftar isi

Semarang memiliki berbagai keindahan yang wajib untuk dieksplor bagi kamu sang pecinta alam. Salah satu keindahan yang tersembunyi adalah air terjun Umbul Songo. Penasaran dengan sejuknya air terjun tersebut? Yuk kita bahas selengkapnya. 

Sejarah Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Pemandangan air terjun Umbul Songo
Pemandangan air terjun Umbul Songo (sumber: @laditatour on Instagram)

Sebelum memasuki penjelasan mengenai keindahannya, kita bahas dulu yuk terkait sejarahnya. Asal muasal penamaan Umbul Songo berasal dari kata umbul yang artinya air dan songo dalam bahasa Jawa artinya sembilan. Penamaan ini diambil dari sumber mata air yang mengalir hingga ke titik air terjun tersebut. 

Tempat wisata ini telah terkenal sejak tahun 80-an dan diawasi karena termasuk dalam wilayah Hutan Lindung. Air terjun ini dikelola secara ketat dibawah pengawasan Perum Perhutani dan Taman Wisata Alam Tuk Songo Gunung Merbabu. Kawasan di air terjun ditandai sebagai wilayah konservasi dan dikelola secara ketat oleh BKSDA Jawa Tengah. 

Air terjun ini pada awalnya mengalir melewati rumah warga, yang membuat berbagai sampah rumah tangga menjadi terbawa ke pusat air terjun. Namun, pada saat ini pengelolaan sudah dimaksimalkan sehingga kejernihannya menjadi terjaga dengan maksimal. 

Pengelolaan yang maksimal telah memberikan wajah baru bagi air terjun Umbul Songo dengan keindahan alamnya yang sejuk. Terletak di Taman Nasional Gunung Merbabu membuat kamu bisa eksplorasi lebih dalam wisata alam di sini. 

Artikel Terkait

Sejuknya Air Terjun Umbul Songo Kopeng yang Indah

Jembatan menuju air Terjun Umbul Songo
Jembatan menuju air Terjun Umbul Songo (sumber: Google Maps)

Ketika Advonturers memutuskan untuk pergi ke air terjun maka harus menjalani tracking berupa lapisan tanah. Selama melewati jalur tersebut, kamu akan disajikan dengan pemandangan indah yang cocok untuk spot foto. 

Setelah melewati tracking tersebut, Advonturers akan melihat gapura masuk menuju lokasi tempat wisata. Bangunannya sangat unik dan terbuat dari bahan bambu dengan gaya klasi khas zaman dulu. Selanjutnya Advonturers akan melihat keindahan hamparan pohon dengan udara segar. Rasa tenang dari tempat wisata ini akan menjauhkan kamu dari hiruk piruk dunia di kota yang penuh kesibukan. 

Lalu, kamu akan lanjut berjalan melalui anak tangga yang sudah disediakan. Perjalanannya tidak lama kok, maka selanjutnya kamu akan melihat air terjun yang indah dan sejuk.  Beberapa daya tarik tempat wisata ini adalah air terjunnya yang indah dan alami, lalu terdapat pula kolam renang yang sangat cocok untuk anak-anak lengkap dengan wahananya, dan ada jembatan kayu yang sangat cocok untuk berfoto. Jadi jangan lupa membawa kamera ya ketika berkunjung ke air terjun Umbul Songo. 

Tiket Masuk & Jam Operasional Air Terjun Songo Kopeng

Kolam renang yang terletak di air terjun Umbul Songo
Kolam renang yang terletak di air terjun Umbul Songo (sumber: Google Maps)

Bagi kamu yang tertarik, harga tiket masuk air terjun Umbul Songo adalah Rp10.000/orang dan jangan lupa sediakan uang lebih untuk parkir. Tiket ini masih belum termasuk tiket ketika kamu ingin memasuki kolam renang yang disediakan ya.

Jam operasional air terjun Umbul Songo yakni dari 05.00 WIB – 19.00 dan buka setiap hari dari Senin – Minggu. Bagi kamu yang berasal dari luar kota dan ingin menginap, tidak perlu khawatir karena banyak rumah warga yang menawarkan penginapan dengan harga terjangkau. 

Baca juga: Legenda Rawa Pening Semarang & Aktivitas Serunya

Nah itu tadi penjelasan lengkap tempat wisata air terjun Umbul Songo Kopeng yang terkenal. Jangan lupa berkunjung dan selalu jaga kebersihan tempat tersebut ya Advonturers. Selamat liburan 🙂

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *