Air Terjun Tumpak Sewu, Lokasi Niagara Waterfall ala Lumajang

air terjun tumpak sewu
Daftar isi

Tempat wisata alam masih menjadi wisata favorit untuk menghabiskan waktu liburan dengan nuansa alam yang asri dan membuat rileks pikiran. Jawa timur memiliki banyak sekali wisata alam yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Air Terjun Tumpak Sewu yang ada di Kota Lumajang.

Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dengan dikelilingi banyak pohon-pohon berukuran besar yang membuat nuansa alam semakin terasa. Pesona Kota Lumajang memang tidak bisa dipungkiri dari Wisata Air Terjun Tumpak Sewu.

Air Terjun ini sangat populer di Jawa Timur dan dijuluki sebagai air terjun niagaranya Jawa Timur. Jangan lupa untuk berwisata ke air terjun ini apabila kalian sedang berada di kawasan Malang ataupun Lumajang. 

Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Air terjun ini terletak diantara perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang. Lokasinya di Kampung siji Jl. Raya Sidorenggo,Besuk cukit,Sidomulyo,Pronojiwo Kabupaten Lumajang. 

Dari pusat Kota Lumajang sekitar berjarak 52 kilometer dengan jarak tempuh waktu 1,5 jam perjalanan. Masyarakat sekitar malang dan lumajang menyebutnya dengan Coban Grojogan Sewu,Grojogan Sewu,Coban Sewu ataupun Coban Tumpak sewu.

Artikel Terkait

Secara administratif sebenarnya air terjun ini masuk kedalam wilayah Kabupaten Lumajang namun air terjun ini pun juga sangat mudah diakses dari Kota Malang. Dari Kota Malang hanya perlu menempuh jarak 66 km dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Air Terjun ini sangat populer sampai dijuluki sebagai air terjun niagara ala Jawa Timur. Mengapa dijuluki demikian karena lebar aliran air terjun ini memang sangat besar seperti air niagara waterfall yang ada di Amerika Serikat.

Namun debit air coban tumpak sewu ini berbeda dengan niagara waterfall,niagara waterfall lebih memiliki debit air yang banyak dan deras dibanding dengan coban tumpak sewu lumajang ini.

Air Terjun ini memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri yakni bertipe tiered. Biasanya air terjun yang ada di Malang memiliki tipe plunge yani airnya tidak bersentuhan dengan tebing ataupun dinding batunya. 

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang ini berada di dalam hutan. Suasananya masih segar dan asri, para pengunjung pun juga bisa merasakan rimbunnya pepohonan serta udaranya yang sangat sejuk.

Sesekali kalian juga akan mendengar kicauan burung-burung dan hewan lainnya, serasa benar-benar berada di tengah hutan. Keistimewaan dan perbedaan air terjun ini dengan air terjun lainnya ialah bentuknya yang unik.

Apabila air terjun biasanya hanya memiliki satu aliran saja berbeda halnya dengan air terjun tumpak sewu ini yang memiliki beberapa aliran yang membuatnya terlihat seperti tirai yang terbuat dari air yang sangat jernih.

Gemuruh air terjun yang terdengar begitu riuh dengan hutan-hutan yang berada di sekelilingnya serta air yang tampak begitu menyegarkan mampu membuat rileks pikiran dalam sesaat.  

Untuk dapat melihat keindahan air terjun tumpak sewu malang secara langsung kalian perlu berjalan kaki untuk melihat keindahannya dari atas. Tak jauh dari lokasi parkir kalian harus berjalan sejauh kurang lebih 400 meter menuju gardu pandang panorama untuk menyaksikan air terjun tumpak sewu lumajang dari atas.

Gardu pandang panorama sendiri merupakan sebuah bangunan dengan luas 30 meter yang mampu menampung orang dengan jumlah kurang lebih 50 orang. Di bagian pinggir gardu terdapat pagar pengaman yang terbuat dari besi.

Dari atas sini kalian bisa melihat air terjun dengan jarak 100 meter air terjun ini akan terlihat seperti “seribu air terjun yang menumpang pada dinding dan tebing batu”.  Apabila cuaca sedang cerah kalian juga akan melihat Gunung Semeru yang terlihat dibalik air terjun ini.

Komplit sekali bukan melihat 2 keindahan sekaligus dalam satu tempat. Jajaran air yang jatuh pada tebing terlihat begitu indah dengan dipadukan hijaunya hutan yang mengelilinginya. Panorama ini benar-benar mampu menyihir setiap mata yang melihatnya.

Keindahan ini perlu diabadikan bagi dalam bentuk photograpy dan bagi kalian yang suka foto-foto patut mencoba berfoto dengan latar belakang coban tumpak sewu lumajang.  

Selain menikmati keindahannya dari atas kalian juga bisa menikmati keindahannya dari bawah. Untuk melihat keindahan secara mendalam dan lebih dekat diperlukan stamina tubuh yang baik karena medan yang harus dilalui menuju air terjun ini cukup terjal dan sulit.

Menuju area air terjun memang cukup memacu adrenalin anda untuk itu berhati-hati untuk mencapai lembahnya. Tebing tanah serta batuan tangga bambu yang terlihat kurang kokoh ini membuat kalian harus lebih berhati-hati dan berpegangan pada tali.

Untuk mencapai area air terjun kalian harus melewati aliran sungai dengan arus yang cukup dan jurang yang berada di kanan kiri. Untuk itu apabila kalian berminat untuk melihat keindahannya dari bawah kalian harus menyiapkan mental dan kebugaran tubuh serta ditemani oleh orang berpengalaman agar lebih aman.

Setibanya di bagian bawah air terjun maka perjuangan kalian melewati medan yang cukup sulit pun akan terbayar lunas dengan pemandangan yang ada di depan mata kalian.

Dari sudut pandang yang dilihat di bagian bawah maka  air terjun akan terlihat lebih indah dan lebih megah. Dari dekat kalian bisa melihat aliran air terjun yang begitu indah, air nya pun tidak cukup deras dan cukup aman bagi para pengunjung.

Kalian juga bisa mendekatinya dengan duduk pada batu yang letaknya berada tak jauh dari air terjun tanpa khawatir akan terkena aliran airnya. Namun kalian juga tetap harus memperhatikan jarak aman dengan air terjunnya ya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca juga: Desa Wisata Pulesari – Budaya Hingga Harga Tiket Masuk

Berikut beberapa spot tersembunyi di sekitar kawasan air terjun diantaranya:

Adanya Air Terjun Mini di Kawasan Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Di dekat kawasan air terjun tumpak sewu ternyata juga ada banyak air terjun kecil. Meskipun air terjun kecil ini tidak setinggi air terjun tumpak sewu lumajang namun keindahannya juga tak kalah menawan. Aliran airnya yang jernih dan dingin seperti air khas daerah pegunungan.

Air terjun kecil ini akan bermuara pada kolam kecil yang berada dibawahnya, disini para pengunjung bisa berenang ataupun bermain air. Air yang berada dikolam ini sangat jernih kalian juga bisa melihat bagian dasar kolamnya.

Bagi kalian yang suka menyelam,kalian bisa mencoba menyelam di kolam ini dan melihat pemandangan dasar kolam yang terlihat begitu jelas tanpa harus menggunakan kacamata selam.

Lembah coban tumpak sewu

Lembah ini banyak sekali digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan air terjun dari bawah. Berbeda halnya saat melihat air terjun dari gardu pandang, disini kalian akan melihat secara jelas tirai-tirai air jernih yang jatuh dari ketinggian sekitar 70 meter an.

Para pengunjung juga bisa merasakan sensasi percikan air serta gemuruh air yang terdengar cukup keras di telinga. Saat terkena percikan air kalian akan merasakan sensasi air yang segar dan dingin yang mengenai kulit. 

Goa Bidadari  dibalik air terjun

Goa ini berada tak jauh dari air terjun tumpak sewu malang yaitu sekitar 300 meter an. Akses menuju goa ini pun cukup mudah dengan jalanan yang landai. Mengapa goa ini disebut dengan goa bidadari?

Konon katanya masyarakat sekitar mempercayai bahwa goa ini merupakan tempat bersemayam para bidadari pada zaman dahulu. Goa ini semakin terlihat menawan dengan adanya beberapa aliran air yang ada di sela-sela dinding gua.

Tebing Perawan

Tebing ini merupakan pintu gerabang masuk sebelum kalian tiba di air terjun tumpak sewu malang. Lokasi tebing ini berada di bawah jurang yang mengapit jalan utama pada sisi kiri dan kanan.

Sebelum tiba di tebing perawan para pengunjung harus berjalan dari gardu pandang panorama menuruni bukit sejauh 800 meter dengan menuruni anak tangga. Trek ini cukup memacu adrenalin karena medannya cukup terjal dan licin.

Telaga biru

Telaga biru letaknya tak jauh dari lokasi goa bidadari yaitu hanya 50 meter an. Untuk tiba di telaga biru kalian harus melewati jalan dengan batuan berair yang cukup licin.

Namun tenang saja disini telah disediakan tali agar para wisatawan lebih mudah melewati jalan ini dan tetap harus berhati-hati. Air telaga biru berasal dari air yang yang mengalir pada tebing dengan gua bidadari. Air telaga ini berwarna biru jernih sekali sehingga kalian bisa melihat bagian dasar telaga.

Telaga biru ini hanya memiliki kedalaman sekitar seperut orang dewasa, jadi anak-anak hingga orang dewasa bisa berenang dan bermain air di telaga ini. Orang yang tidak bisa berenang pun juga bisa bermain di telaga biru ini karena telaga ini cukup aman. 

Baca juga: Desa Wisata Gamplong Jogja: Instagramable nan Hits

Fasilitas yang ada di air terjun tumpak sewu lumajang

 Saat ini telah tersedia beberapa fasilitas yang memudahkan dan membuat para pengunjung nyaman saat berwisata ke air terjun ini. Terdapat mushola,toilet yang bersih,tempat parkir dan juga beberapa warung makanan di sekitar kawasan ini.

Area parkir yang cukup besar ini mampu menampung kendaraan anda, selain itu tempat parkir ini pun juga cukup aman. Pengunjung pun juga dapat menyantap hidangan yang ada di warung sekitar, jadi kalian tidak perlu khawatir kelaparan saat berwisata disini.

Jam Buka

Wisata air terjun ini buka setiap hari dengan waktu buka 24 jam, jadi kalian bisa mengunjungi wisata ini kapan saja. Namun disarankan untuk datang ke air terjun ini pada pagi hari agar kalian bisa menikmati suasana dan pemandangan air terjun, karena pada siang hari mataharinya cukup terik. 

Harga Tiket Masuk Air Terjun

Untuk harga tiket masuk wisata dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

Rp 10.000 untuk panorama tumpak sewu

Rp 10.000 untuk tiket tebing perawan dan juga coban tumpak sewu lumajang

Rp 10.000 untuk tiket masuk gua bidadari dan juga telaga biru

Demikian informasi yang dapat advontura sampaikan mengenai Air Terjun Tumpak Sewu yang berada di daerah perbatasan Lumajang dengan Malang ini. Semoga informasi-informasi diatas bermanfaat dapat membantu dan memberikan referensi tempat wisata bagi kalian saat berkunjung di Kota Lumajang. Selamat berlibur sahabat advontura sampai jumpa kembali pada destinasi-destinasi wisata selanjutnya.

Baca juga: Dusun Semilir: Review Wisata Sultan Harga Murah

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *