Air Terjun Sri Gethuk: Tips Liburan hingga Harga Tiket Masuk

air terjun sri gethuk
Photo by supatman kp
Daftar isi

Halo travellers, pasti disini banyak dari kalian yang suka atau hobi berpetualang untuk menelusuri keindahan alam Indonesia. Banyak sekali wisata alam di Indonesia khususnya di Jogja yang dapat menjadi rekomendasi tempat untuk berlibur. Dengan kesejukan dan ketenangan suasananya, tentunya dapat membantu anda untuk relaksasi dan meredakan penat. Destinasi wisata yang populer salah satunya adalah air terjun, jika anda sedang berkunjung ke daerah Gunung Kidul Yogyakarta, anda dapat mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk memiliki keindahan alam yang dapat mempesona para pengunjung ditambah dengan kesejukan dan view yang indah dan instagrammable. Penasaran dengan air terjun ini? Advontura akan membahas lebih lanjut tentang Air Terjun Sri Gethuk dalam artikel berikut.

Asal-Usul Nama Sri Gethuk

Berawal dari mitos yang berkembang di masyarakat sekitar yang sering mendengar sayup-sayup suara gamelan dan didominasi oleh alat musik kethuk dan slompret. Masyarakat pada awalnya menyebut air terjun ini sebagai air terjun Sri Kethuk atau Slompret yang lama kelamaan pengucapannya berubah menjadi Sri Gethuk atau Slempret. 

Air terjun ini memiliki 3 aliran air yang berasal dari 3 sumber mata air yang berbeda, diantaranya adalah mata air Ngandong, Dong Poh dan Ngumbul yang memancarkan debit air sebanyak 30 hingga 60 liter per detik. Meski pada musim kemarau, 3 mata air ini tidak pernah surut sehingga memberikan kesuburan di daerah sekitar air terjun.

Suasana Air Terjun Sri Gethuk

Ketika anda sampai di air terjun, anda akan merasakan suasana yang berbeda dari saat perjalanan anda sebelumnya. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang memanjakan mata dan kesejukan yang menenangkan disaat anda sampai di lokasi air terjun. Dihiasi oleh tebing tebing yang mengapit lokasi air terjun yang menambah keindahan dan pepohonan hijau yang semakin menyejukkan lokasi sekitar air terjun.

Artikel Terkait

Air terjun pun tidak langsung mengalir dari atas ke bawah, namun melewati beberapa lapisan bebatuan berbentuk seperti tangga yang semakin menambah keindahannya. Jika anda beruntung, anda akan mendapat pemandangan indah pelangi yang menghiasi area air terjun Sri Gethuk.

Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Jika anda tertarik mengunjungi air terjun ini, anda dapat langsung menuju lokasi yang berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Lokasi ini berjarak 45 KM dari pusat Kota Yogyakarta dan memerlukan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam untuk menuju lokasi air terjun. Untuk harga tiket masuk dan jam buka-tutup air terjun, simak tabel berikut:

Harga Tiket MasukRp10.000 – Rp15.000 (belum termasuk parkir)
Jam OperasionalPukul 08.00 WIB – 16.00 WIB
Fasilitas UmumMushola, Toilet, Tempat Parkir, Warung

Kegiatan Menarik di Air Terjun Sri Gethuk

Saat anda berkunjung ke air terjun, anda juga dapat melakukan aktivitas lain selain menikmati keindahan air terjun. Anda dapat menyusuri sungai yang mengalir dibawah air terjun hingga menikmati kuliner yang tersedia di sekitar tempat wisata. Berikut rekomendasi Advontura untuk anda ketika berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk.

Body Rafting

Anda dapat bersantai dengan mengapungkan diri anda di atas aliran sungai dan mengikuti arus sungai yang mengalir.

Cliff Jumping

Anda dapat memacu adrenalin anda dengan melompat dari tebing setinggi 5 meter menuju sungai Oya yang mengalir  di bawah air terjun.

Menyusuri Sungai Oya

Anda dapat menyewa rakit di tempat penyewaan kemudian menyusuri aliran sungai Oya dari hulu ke hilir sungai bersama teman atau keluarga anda.

Mencicipi Berbagai Kuliner Tradisional

Anda akan disambut dengan banyak warung yang berjejer pada pintu masuk air terjun. Tentu saja dengan harga yang terjangkau anda dapat menikmati berbagai macam kuliner tradisional yang ada.

Tips Berkunjung Air Terjun Sri Gethuk

  1. Pastikan anda tidak berkunjung di musim hujan karena debit air yang mengalir sangat deras. Berkunjunglah saat akhir musim hujan atau pada musim kemarau agar anda dapat menikmati keindahan air terjun dengan aman dan nyaman.
  2. Siapkan kantong plastik atau wadah kedap air untuk menyimpan barang barang bawaan anda agar tidak basah.
  3. Gunakan waktu semaksimal mungkin dengan berangkat pada pagi hari agar waktu anda tidak terbuang dalam perjalanan dan mengurangi waktu liburan anda.
  4. Hindari hari hari weekend karena dapat dipastikan lokasi wisata akan penuh dengan pengunjung lainnya sehingga mengurangi kenyamanan anda saat berkunjung.
  5. Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan lokasi liburan anda, anda dapat mengenakan kaos dan celana pendek saat berada di air terjun.
  6. Patuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola agar anda dapat menikmati waktu liburan anda dengan tenang, aman dan nyaman.

Baca juga: 30 Tempat Wisata Jogja Terhits: Kunjungan New Normal

Fasilitas yang Ada di Sekitar Air Terjun Sri Gethuk

Meskipun masih dikelola oleh masyarakat sekitar, namun fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap diantaranya:

  1. Mushola
  2. Tempat Makan
  3. Penyewaan Rakit, Ban dan Pelampung
  4. Tempat Penitipan Barang
  5. Area Parkir Luas

Rekomendasi Tempat Makan Sekitar Air Terjun Sri Gethuk

Terdapat beberapa rekomendasi wisata kuliner di sekitar wisata air terjun. Berikut informasinya secara lengkap.

Warung Bumi Langit

Warung ini berada di Jl.Wonosari-Yogyakarta KM. 5 Bandung Playen, Bandung, Kabupaten Gunung Kidul. Terdapat berbagai macam menu khas pedesaan dengan harga yang ramah di kantong (berkisar antara Rp. 5.000 – Rp. 150.000). Terdapat juga paket hemat yang terhitung ekonomis.

Tiwul Ayu Mbok Sum

Tiwu lmerupakan salah satu jajanan khas yang tidak boleh untuk dilewatkan. Tiwul Ayu Mbok Sum berada di Jalan Mangunan KM.4.5, RT.15, Mangunan, Dlingo, Cempuk, Mangunan, Dlingo, Bantul. Tempat jajanan ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 19.00. Terdapat berbagai macam rasa tiwul yang dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp. 8.000 – Rp. 25.000. Sangat terjangkau bukan?

Kopi Panggang

Kopi Panggang berada di Jl. Siluk Panggang, Sumber, Girisuko, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Tempat ini menawarkan berbagai macam jenis kuliner khas pedesaan seperti nasi thiwul, baceman, sayur lodeh, sayur tempe, lalapan ikan asin dan pete. Harga dari makanan juga ramah di kantong.

Lesehan Pari Gogo

Tempat makan ini berada di kawasan Munggi Ps., Semanu, Kabupaten Gunungkidul (dekat Jembatan Jirak Semanu). Lesehan Pari Gogo pernah dikunjungi oleh Sultan Hamengku Buwono X bahkan Megawati Soekarnoputri. Tempat ini menawarkan paket lengkap makanan tradisional yang otentik. 

Rumah Makan Ayam Goreng Pak Parman

Rumah makan ini berada di Jl. Jogja – Wonosari No.Km 3,5, Siyono Tengah, Logandeng, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Terdapat berbagai jenis makanan lalapan ayam khas dengan harga mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 110.000.

Apakah anda tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk ini? Segera jadwalkan waktu kunjungan anda bersama orang terdekat. Selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku agar anda dan orang terdekat anda tetap aman dan nyaman saat berkunjung ke lokasi ini. Informasi tentang tempat wisata menarik lainnya dapat anda temukan di website Advontura, tersedia banyak informasi wisata yang akan membantu anda dalam merencanakan waktu liburan anda.

Baca juga: Benteng Vredeburg Yogyakarta – Tiket dan Sejarahnya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *