Wisata Asyik dengan Menikmati Eksotisme Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap (sumber: @noyanikasinulingga04_ on Instagram)
Air Terjun Sikulikap (sumber: @noyanikasinulingga04_ on Instagram)
Daftar isi

Jika Advonturers sedang mencari destinasi wisata alam yang indah dan menyegarkan di Sumatera Utara, Advonturers wajib untuk mengunjungi Air Terjun Sikulikap yang hits ini. Yuk, kepoin berbagai informasinya hanya di artikel Advontura berikut ini!

Indah dan Eksotisnya Air Terjun Sikulikap

Keindahan Air Terjun Sikulingkap (Sumber: @albiruny_09 on Instagram)
Keindahan Air Terjun Sikulingkap (Sumber: @albiruny_09 on Instagram)

Air Terjun Sikulikap merupakan destinasi wisata alam yang tepat untuk Advonturers kunjungi ketika sedang berada di Sumatera Utara. Air terjun dengan tinggi 30 meter ini menyajikan keindahan alam eksotis nan menawan apabila dikunjungi. Tidak hanya air terjun, daerah ini juga menyediakan banyak spot-spot menarik untuk dikunjungi di sekitaran air terjun seperti cafe estetik, spot foto instagrammable, spot berkemah, dan lain sebagainya.

Lokasi & Rute Air Terjun Sikulikap

Lokasi Air Terjun Sikulikap tepatnya berada di Jalan Jamin Ginting Km.54, Desa Doulu Tanah Berastagi, Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi Air Terjun Sikulikap sendiri dapat Advonturers tempuh dalam waktu sekitar 2-3 jam perjalan dari pusat kota Medan. Apabila Advonturers sedang ada di Berastagi, Karo, letaknya hanya sekitar 23 km saja untuk mencapai Air Terjun Sikulikap ini.

Saat Advonturers sudah sampai di Penatapen Doulu yang terdapat berbagai macam cafe sebagai patokan, maka Advonturers sudah bisa berhenti di tepi jalan. Setelah berhenti, Advonturers sudah dapat melihat papan petunjuk bertuliskan “Wisata Air Terjun Sikulikap” yang terpampang. Kemudian Advonturers dapat memarkirkan kendaraan di tempat yang disediakan, lalu berjalan kaki ke bagian bawah sekitar kurang lebih 10 menit hingga sampai ke tujuan.

Perihal akses Advonturers tidak perlu khawatir karena jalan ke Air Terjun Sikulikap sudah dapat dilalui oleh moda transportasi dengan aman. Bahkan untuk mengaksesnya tersedia juga transportasi publik yang bisa dinaiki dari Medan. Dengan merogoh kocek sekitar 7 – 10 ribu, Advonturers dapat menaiki transportasi umum sampai ke lokasi.

Artikel Terkait

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap

Kawasan wisata Air Terjun Sikulikap ini buka setiap hari, senin sampai minggu, termasuk juga hari libur nasional. Untuk jam operasional, kawasan ini buka dari pukul 06.00 WIB pagi dan tutup pukul 20.00 WIB malam.

Kemudian untuk biaya masuk Air Terjun Sikulikap dibanderol dengan harga yang berbeda tergantung dengan moda transportasi yang digunakan oleh pengunjung. Harga tiket masuk Air Terjun Sikulikap untuk pejalan kaki ditetapkan harga Rp 5.000,- per orang, untuk kendaraan roda dua Rp 20.000/motor, dan kendaraan roda empat dipatok harga Rp 60.000/mobil.

Biaya masuk Air Terjun Sikulikap ini tentunya dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung situasi, kondisi, serta kebijakan yang diatur oleh pihak pengelola, atau juga peraturan dari pemerintah setempat. Maka dari itu Advonturers disarankan untuk menyiapkan uang berlebih untuk mempersiapkan kemungkinan berubahnya harga tiket.

Ragam Aktivitas Wisata Seru di Air Terjun Sikulikap

1. Menikmati Eksotisme Air Terjun

Air Terjun Sikulingkap yang Eksotik (Sumber: @_intan.marpaung11 on Instagram)
Air Terjun Sikulingkap yang Eksotik (Sumber: @_intan.marpaung11 on Instagram)

Berkunjung ke destinasi wisata Air Terjun Sikulikap tentunya harus merasakan keindahan air terjunnya secara langsung. Eksotisme yang disajikan oleh air terjun ditambah dengan pemandangan hutan di sekitaran air terjun secara otomatis menambah keindahan dari daerah wisata ini. Agar dapat menikmati keindahan air terjun, Advonturers wajib banget untuk turun ke arah air terjun dan menikmati pemandangan air terjun dari jarak yang lebih dekat.

Air Terjun Sikulikap ini sangat disarankan untuk dikunjungi pada musim kemarau. Hal ini dikarenakan, air yang berada di sekitaran air terjun akan terlihat bening pada saat musim kemarau. Sedangkan pada musim penghujan, air yang ada pada air terjun akan cenderung berwarna kecoklatan. Tentunya air yang nampak bening akan lebih menambah nilai estetika dari air terjun apabila Advonturers ingin hunting foto di daerah air terjun ini.

Apabila Advonturers turun lebih dekat ke arah air terjun, kalian akan dapat menikmati percikan halus air yang sangat menyegarkan. Selain menikmati keindahan air terjun yang eksotis, wisatawan juga dapat merasakan sensasi kesegaran percikan air terjun dari tepian tanpa harus berenang secara langsung. Bagi Advonturers yang tidak ingin basah-basahan, pihak pengelola juga menyediakan saung yang persis terdapat di depan air terjun.

2. Berkemah di Sekitar Air Terjun

Berkemah di sekitar area Air Terjun Sikulikap (Sumber: @muhammadyuswandriafrizal on Instagram)
Berkemah di sekitar area Air Terjun Sikulikap (Sumber: @muhammadyuswandriafrizal on Instagram)

Terletak sekitar 150 meter dari area air terjun, Advonturers dapat juga berkemah bersama kerabat dan keluarga di daerah kemah khusus yang sudah disediakan oleh pengelola. Kapan lagi berkemah langsung di alam ditemani pepohonan tinggi dan juga udara sejuk di sekitar kawasan Air Terjun Sikulikap? Pasti akan menjadi pengalaman berkemah yang seru!

3. Panjat Tebing

Bagi Advonturers yang memiliki jiwa petualangan yang ekstrim, kalian juga bisa mencoba olahraga panjat tebing yang disediakan di lokasi khusus panjat tebing. Dengan medan panjat berupa dinding batu cadas yang memiliki kemiringan hampir 90 derajat, memanjat tebing di daerah ini terasa cukup ekstrim. Namun medan panjat yang menantang ini cukup untuk memenuhi kebutuhan adrenalin bagi para pengunjung yang menyukai olahraga ekstrim.

4. Berfoto di Spot Instagramable

Salah satu spot berfoto di area Air Terjun Sikulikap (Sumber: @ichaasitepu on Instagram)
Salah satu spot berfoto di area Air Terjun Sikulikap (Sumber: @ichaasitepu on Instagram)

Keindahan Air Terjun Sikulikap, ditambah pemandangan hutan di sekitarnya, dan juga hawa yang sejuk dan menyegarkan membuat kawasan wisata ini dipenuhi wisatawan yang ingin berfoto dengan segala keindahan yang disuguhkan oleh kawasan Air Terjun ini. 

Banyak spot instagramable diletakkan menghadap air terjun langsung yang sangat cocok dipakai sebagai latar untuk berfoto estetik. Salah satu dari spot favorit untuk berfoto yang ada di kawasan air terjun ini adalah instalasi rumah pohon yang berada di samping air terjun. Berfoto dari rumah pohon ditambah dengan latar derasnya air terjun akan menambah keindahan latar dari foto yang akan diambil.

Selain itu juga, bebatuan di sekitar air terjun tidak jarang juga dijadikan spot berfoto untuk menghasilkan foto dengan latar air terjun yang lebih terlihat dekat.

5. Nongki Asyik di Sikulikap Cafe

Masih berada di daerah kawasan Air Terjun SIkulikap, terdapat cafe estetik dengan gaya natural yang dibuat menggunakan kayu alam. Cafe tersebut bernama El Sierra coffee. Dikarenakan cafe ini terbuat dari kayu dan juga dikelilingi oleh pepohonan, tak jarang cafe ini dijuluki sebagai cafe pohon oleh pengunjung sekitar.

Cafe ini sangat cocok dikunjungi untuk bersantai setelah berjalan-jalan di sekitar area kawasan air terjun. Sambil menyeruput hidangan kopi dan mencicipi hidangan lain dari cafe, Advonturers bisa bersantai sejenak sambil menikmati keindahan cafe bergaya natural ini. Cafe ini makin terlihat estetik dikarenakan juga terdapat jembatan kayu yang diterangi lampu yang indah. Selain untuk beristirahat, cafe ini juga cocok untuk digunakan sebagai latar berfoto.

6. Menikmati Indahnya Hutan

Keindahan Hutan di area Air Terjun Sikulikap (Sumber: @vaneessavicario on Instagram)
Keindahan Hutan di area Air Terjun Sikulikap (Sumber: @vaneessavicario on Instagram)

Advonturers juga dapat menikmati keindahan hutan yang berada di daerah kawasan air terjun ini. Wisatawan banyak mengambil foto di sekitaran hutan yang ada dikarenakan hutannya terasa masih hijau dan memberikan estetika alami khas hutan rindang. Dikelilingi pepohonan berbagai jenis yang lebat dan vegetasi hijau, foto yang dihasilkan akan berlatarkan pemandangan hijau yang indah ala perhutanan.

Nah, berikut tadi merupakan artikel informasi mengenai kawasan wisata Air Terjun Sikulikap. Dengan keindahan yang ditawarkan serta banyaknya objek menarik yang dapat dikunjungi, membuat Air Terjun Sikulikap menjadi tempat wisata yang harus dikunjungi saat Advonturers berada di Sumatera Utara.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *