1. Air Terjun

Eksplor Air Terjun Pinang Seribu di Kalimantan Timur

Sejak dahulu, Kota Samarinda memang terkenal karena merupakan salah satu daerah yang memiliki lahan hutan yang luas. Maka tidak heran, Kota Samarinda mendapatkan julukan sebagai “pusat emas hijau”. 

Bukan hanya itu saja, mungkin belum banyak masyarakat yang mengetahui, kalau di sekitar Kota Samarinda terdapat berbagai obyek wisata alam. Salah satunya adalah Air Terjun Pinang Seribu ini yang akan dibahas secara lengkap melalui artikel ini.

Tentang Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu ketinggian air terjunnya yang hanya 5 meter saja dengan tingkat kemiringan sebesar 45 derajat. Hal ini berbeda dengan standar ketinggian air terjun pada umumnya yang memiliki tinggi 7 meter. 

Selain itu, pepohonan dan tanaman yang terdapat pada sekitar air terjun menambah keindahan dan kesegarannya. Cocok sekali bagi pengunjung dari perkotaan yang jarang melihat pemandangan alami dan menyegarkan.

Baca Juga: Mengenal Pesona Wisata Air Terjun Bajuin Yang Eksotis di Kalsel

Cara Menuju Air Terjun Pinang

Kalau dari Kota Samarinda  waktu tempuhnya hanya sekitar 30 menit saja dengan jalur darat. Seperti jika menggunakan mobil, berdasarkan aplikasi peta jaraknya sekitar 12,5 kilometer, maka bisa kita tempuh dengan waktu sekitar 30 menit dengan melalui Jalan Batu Besaung.

Sedangkan, kalau memakai motor, bisa lebih mempersingkat waktu tempuh yakni 25 menit dengan melewati jalan yang sama. Namun, kalau posisi kita di Kota Sempaja hanya 10 hingga 15 menit, dan harus melewati perkampungan bahkan harus melewati jalan yang cukup terjal untuk sampai ke ujung Jalan Pinang Seribu.

Sumber: Get Borneo

Harga Tiket & Jam Buka Air Terjun Pinang

Air Terjun Pinang Seribu termasuk murah untuk harga tiket masuknya Rp20.000. Namun belum termasuk harga tiket masuk untuk kendaraan yaitu Rp5.000 (mobil) dan Rp2.000 (motor). Ini juga belum termasuk tiket jika menggunakan fasilitas lainnya. Jam operasionalnya dari jam (10.00-17.00 Waktu Indonesia Tengah). Oh iya, buat pengunjung yang berasal dari zona waktu yang berbeda, sebaiknya perhatikan untuk jamnya. Kalau perlu sebelum sampai, ubah setting jam pada gadget dan pilih yang Waktu Indonesia Tengah (sesuai dengan petunjuk yang ada pada gadget).

Sumber: Dictio Community

Aktivitas di Air Terjun Pinang

Kamu masih bingung ingin melakukan aktivitas apa saja saat berkunjung ke Air Terjun Pinang? Tenang, pada artikel ini juga memberikan beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan:

Mengabadikan Pemandangan Pada Gadget

Hal ini memang menjadi salah satu hal yang kerap banyak orang melakukannya setiap kali mengunjungi suatu tempat yakni mengabadikan pada gadget. Karena Air Terjun Pinang ini memiliki pemandangan alam yang indah (masih dikelilingi oleh pohon yang rindang dan air yang jernih), kamu bisa mengabadikannya baik hanya sekadar ingin menyimpannya atau membuat konten lalu membagikannya melalui media sosial.

Wahana Permainan

Wahana permainannya yang tersedia di tempat wisata ini antara lain, sepeda air (dengan harga tiket sebesar Rp30.000),melewati jembatan yang bawahnya air (bentuknya seperti yang terdapat pada kegiatan outbound).

Bersantai di Gazebo

Ada 10 gazebo yang bisa pengunjung gunakan untuk bersantai untuk melepas lelah setelah mengeksplor dan melakukan kegiatan. Setiap gazebo memiliki masing-masing  ruang besar dan ruang kecil.

Sumber: Kabar Jambi Kito

Berenang dan Berendam

Kamu yang ingin merasakan kejernihan dan kesegaran, bisa untuk berenang atau hanya sekadar ingin berendam. Tapi mengingat kecepatan air terjun cukup deras, sebaiknya jangan berada pada posisi yang airnya deras. Kalau mau lebih aman paling hanya di posisi pinggir atau tepi air terjun.

Bermalam 

Bentuknya bisa camping dengan membawa dan mendirikan tenda sendiri dan bisa dengan menyewa penginapan berbentuk villa yang tersedia. Namun ada hal yang perlu kamu perhatikan, untuk yang camping sebaiknya bertanya kepada pihak pengelola wisata dan bagi yang ingin menyewa penginapan karena jumlahnya masih terbatas, jadi harus bertanya mengenai adanya ketersediaan kamar.

Baca Juga: Menikmati Sejuknya Wisata Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Alasan Harus Mengunjungi Air Terjun Pinang Seribu

Berikut beberapa alasan sebaiknya kamu mengunjungi Air Terjun Pinang Seribu, sebagai tempat wisata:

Letaknya Tidak Jauh dari Kota Samarinda

Justru karena itu, kamu bisa menggunakan kendaraan yang kamu miliki. Jaraknya hanya sekitar 25 hingga 30 menit saja. Sehingga bisa kamu masukan dalam agenda kegiatan saat berada di sekitar Samarinda.

Sumber: Swiss Bellhotel

Merasakan Pengalaman Baru Eksplor Kalimantan

Ini mungkin bagi yang berasal atau tinggal di luar Samarinda, dan yang baru pertama kali mengunjunginya bisa jadikan sebagai pengalaman baru. Dengan mengunjungi air terjun ini, kamu mendapatkan beberapa pengalaman seperti merasakan dan mengetahui keadaan air terjun di Kalimantan, eksplor tempat wisata sekitar Kalimantan yang belum banyak orang ketahui.

Baca Juga: Keindahan Air Terjun Bah Biak Sidamanik di Pematang Siantar

Keindahan Air Terjun Pinang Seribu bisa bikin para wisatawan jatuh hati, namun sayangnya mungkin kurangnya promosi sehingga belum banyak yang familiar dengan tempat ini. Semoga dengan artikel ini bisa membantu untuk mempromosikan tempat wisata Air Terjun Pinang Seribu, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Eksplor Air Terjun Pinang Seribu di Kalimantan Timur

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]