1. Air Terjun

Air Terjun Lembah Anai: Lokasi, Rute, & Harga Tiket Masuk

Hai, Advonturers! Ketika suntuk di hari libur, apalagi kalau kamu punya liburan panjang, tentunya berwisata mampu menjadi opsi yang bagus banget buat kamu. Terlebih, bagi kamu yang tinggal di perkotaan dengan suasana padat merayap beserta hiruk pikuknya, kayaknya kamu perlu sesekali untuk refreshing ke objek wisata alam, nih.

Nah, bagi Advonturers yang berdomisili di Padang dan sekitarnya, kamu wajib banget untuk menyempatkan diri berkunjung ke Air Terjun Lembah Anai, salah satu objek wisata ikonik nan eksotis yang ada di sana. Sudah tahukah kamu dengan keberadaan objek wisata yang satu ini? Berikut ini Advontura akan berikan sedikit ulasannya buat kamu. Langsung aja, cek penjelasannya di bawah ini, yuk!

Eksotisme Air Terjun Lembah Anai di Jalur Padang-Bukittinggi

Air Terjun Lembah Anai merupakan salah satu objek wisata eksotis dan penuh sejarah di Sumatera Barat. Dahulunya, objek wisata yang satu ini konon pernah dijadikan tempat persembunyian oleh para pahlawan kita, pada zaman agresi militer Belanda. Memang, lokasi di sekitar air terjun ini eksotis banget, dengan alam yang sejuk dan pepohonan yang rindang. Alhasil, kondisi alam yang seperti ini dipercaya bisa memperlambat pergerakan musuh.

Objek wisata yang satu ini berada di perbatasan antara Padang Panjang dan Bukittinggi. Jadi, bagi kamu yang sedang melakukan perjalanan, bisa banget untuk sejenak mampir menikmati keindahan air terjun ini, sambil istirahat juga! Uniknya lagi, keindahan air terjun ini bisa terlihat dari pinggiran jalan raya, lho. Kapan lagi kamu bisa menikmati perjalanan sambil menatap indahnya air terjun yang eksotis dari kendaraan kamu, yakan?

Lokasi Air Terjun Lembah Anai Padang

Lokasi Air Terjun Lembah Anai (sumber - @minanggalau on Instagram)
Lokasi Air Terjun Lembah Anai (sumber – @minanggalau on Instagram)

Nah, bagi Advonturers yang tertarik untuk mampir, kamu wajib tahu dulu di mana tepatnya lokasi Air Terjun Lembah Anai ini. Objek wisata eksotis yang satu ini lebih tepatnya berada di kawasan Nagari Singgalang, Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Dan untuk menuju ke sana, kamu memerlukan waktu sekitar 5 jam perjalanan bila berangkat dari Kota Padang, karena jarak yang akan kampu tempuh adalah sekitar 60 kilometer. 

Meskipun jauh, berwisata ke air terjun yang satu ini sama sekali nggak bakalan bikin kamu rugi, kok!

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Air Terjun Lembah Anai

Kamu nanya harga tiket masuk Air Terjun Lembah Anai itu berapa? Kamu bertanya-tanya jam operasional objek wisata yang satu ini tuh, kapan? Oke, nih, aku kasih tahu ya!

Air Terjun Lembah Anai dibuka selama 24 jam, alias nggak ada ketentuan. Tapi, akan lebih baik kalau kamu mengunjunginya saat matahari belum terbenam, karena di sekitar objek wisata ini masih minim dengan penerangan.

Sementara untuk harga tiket masuknya, kamu hanya akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 aja. Wisata asyik dan worth it ala low budget traveller bisa kamu nikmati di Air Terjun Lembah Anai ini!

Aktivitas Wisata Seru di Air Terjun Lembah Anai

Apa saja sih, yang bisa kita lakukan kalau berkunjung ke Air Terjun Lembah Anai ini? Tentu banyak, dong. Berikut ini ada beberapa rekomendasi aktivitas wisata seru yang bisa kamu lakukan di sana. Check this out!

1. Menikmati Keindahan Air Terjun

Menikmati Keindahan Air Terjun (sumber - @amalia_putri15 on Instagram)
Menikmati Keindahan Air Terjun (sumber – @amalia_putri15 on Instagram)

Aktivitas wisata yang pertama dan paling utama adalah menikmati keindahan Air Terjun Lembah Anai. Menikmati keindahan air terjun, sambil menikmati hangatnya kopi, dan sejuknya udara sekitar, bisa memberikan pengalaman wisata terbaik untuk kamu, Advonturers! Deburan suara air terjun yang charming di telinga, juga bisa membuatmu sejenak melupakan hiruk pikuk perkotaan yang ramai dan padat.

Sekali kamu mengunjungi air terjun ini, tentu saja kamu pasti bakalan tertarik buat berkunjung lagi, untuk sekedar menikmati keindahan dari air terjun yang satu ini. Dijamin, deh!

2. Berfoto dengan Spot Instagramable

Berfoto dengan Spot Instagramable (sumber - @sellyabidin on Instagram)
Berfoto dengan Spot Instagramable (sumber – @sellyabidin on Instagram)

Siapa bilang spot foto instagramable cuma bisa kamu temukan di pusat perbelanjaan atau di objek wisata buatan? Kalau di Air Terjun Lembah Anai, kamu bisa berfoto di spot instagramable, langsung dari alam! Ya, kamu bisa mengambil beberapa foto keren dengan latar belakang air terjun yang eksotis, serta kumpulan pohon rimbun yang menghiasi sekitarnya. Dijamin lebih wow dan lebih instagenic daripada hanya berselfie di photobooth!

3. Bertemu Aneka Flora & Fauna

Di sekitar Air Terjun Lembah Anai, kamu bisa menemukan berbagai flora dan fauna yang unik, bahkan beberapa diantaranya sudah hampir punah, lho! Di sini, kamu bisa menemukan beberapa tumbuhan seperti cempedak air, sapek, dan cangar. Sementara untuk faunanya, kamu bisa bertemu dengan trenggiling, tapir, burung punai, beruk, dan burung elang. Dengan ini, kamu juga nggak perlu mahal-mahal berkunjung ke kebun binatang, kan?

Di sini, kamu bisa menikmati serunya berwisata alam secara utuh!

Baca juga: Asal Usul Danau Singkarak dan Keindahan 8 Objek Wisatanya

Nah, Advonturers, itulah tadi sedikit ulasan mengenai wisata Air Terjun Lembah Anai, objek wisata eksotis yang ada di Sumatera Barat. Setelah membaca tulisan ini, sudahkah kamu tertarik untuk berkunjung ke sana? Objek wisata alam yang satu ini sama sekali nggak boleh kamu lewatkan, karena di sini kamu bisa menikmati wisata murah dan super worth it. Have a nice holiyay!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Air Terjun Lembah Anai: Lokasi, Rute, & Harga Tiket Masuk

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pantai Ngebum adalah sebuah pantai yang memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Hal ini memungkinkan para pengunjung untuk bermain air dan berenang dengan aman. Di pantai wisata ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan kapal-kapal besar yang keluar masuk dari Pelabuhan Tanjung Emas, serta perahu-perahu nelayan yang sibuk mencari ikan. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini! […]
    Pantai Akkarena terletak di Jalan Tanjung Bunga, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Tempat wisata ini tidak hanya akan memanjakan mata dengan keindahan pantainya, tetapi juga menyajikan beragam wahana rekreasi dan pilihan kuliner yang lezat.  Pantai wisata satu ini merupakan pilihan yang sempurna untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di kota Makassar. Seperti apa kira-kira pantai satu ini? […]

    Trending

    Semua orang Indonesia tahu jika Pulau Bali adalah pulau yang terkenal dengan keindahannya. Sudah sekian lama  Pulau Bali menjadi destinasi wisata andalan bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Tak heran, jika jumlah pengunjung di Pulau Dewata meningkat setiap tahunnya sehingga obyek wisata di Bali pun akan mengalami peningkatan dari segi pelayanan dan pariwisata. Oleh karena itu, […]
    Kota Palu terkenal akan sebutan kota lima dimensi. Dengan kata lain, kota yang mempunyai lanskap alam yang menakjubkan antara lain seperti sungai, lautan, pegunungan, teluk dan lembah. Dari kelima lanskap tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan berupa lautan yang indah dari Pantai Talise. Menjadi salah satu wisata bahari di Palu, banyak pengunjung dan pendatang yang familiar […]
    Saatnya travelling ke Maluku! Jika di pembahasan sebelumnya kita bersenang-senang di Indonesia bagian barat. Kali ini kita akan mengintip keindahan pantai yang ada di Ternate, Provinsi Maluku. Yap, Pantai Sulamadaha yang begitu eksotis membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.  Biar makin penasaran, yuk simak perjalanan wisata di Pantai Sulamadaha berikut ini! Daya Tarik Pantai […]