Menikmati Kesegaran Wisata Air Terjun Lae Une Pakpak Bharat

Segarnya Air Terjun Lae Une (Sumber: @babanghar on Instagram)
Segarnya Air Terjun Lae Une (Sumber: @babanghar on Instagram)
Daftar isi

Kebutuhan akan berlibur ke destinasi wisata alam meningkat belakangan ini. Apabila Advonturers sedang berada di Sumatera Utara, air terjun Lae Une dapat menjadi salah satu opsi destinasi wisata hidden gem. Mari simak pembahasan yang sudah Advontura rangkum berikut ini!

Segar dan Asrinya Air Terjun Lae Une

Bagi warga di sekitar Kabupaten Pakpak Bharat, air terjun Lae Une merupakan destinasi liburan terfavorit sebelum hadirnya beberapa destinasi wisata alam lain. Nama Lae Une sendiri diambil dari bahasa Pakpak. Lae sendiri memiliki arti “sungai”, sedangkan Une merupakan nama sungai tersebut. Secara aliran, Lae Une mengalir dari mata air di daerah pegunungan Pangindar dan selanjutnya bermuara sampai ke Aceh Singkil.

Air Terjun Lae Une menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis dan masih terjaga keasriannya. Tidak heran banyak wisatawan lokal atau wisatawan dari luar kota yang rela bepergian cukup jauh untuk menikmati kesegaran Air Terjun Lae Une dan pemandangan di sekitarnya yang asri dan eksotis.

Lokasi dan Akses Menuju Air Terjun Lae Une

Lokasi Air Terjun Lae Une secara administrasi terletak di Desa Kecupak, Pergetteng-Getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Jarak dari pusat kota Medan ke lokasi kurang lebih 180 km sehingga untuk mengaksesnya dibutuhkan waktu kurang lebih 6 jam agar bisa sampai ke lokasi. Advonturers dapat mengikuti rute dari Medan, ke Kabanjahe, lalu ke Sidikalang, kemudian ke Kabupaten Pakpak Bharat. 

Setelah sampai di Kota Salak, Ibukota Kabupaten Pakpak Bharat, kurang lebih Advonturers akan menempuh jarak sekitar 5 kilometer menuju tempat wisata. Kira-kira butuh waktu 20 hingga 30 menit untuk sampai ke lokasi apabila menggunakan moda transportasi darat seperti motor dan mobil. Dari Kota Salak juga tersedia transportasi publik dan becak yang dapat digunakan untuk mengakses lokasi air terjun.

Artikel Terkait

Akses jalan menuju destinasi sudah sangat baik karena pengunjung akan melewati jalanan aspal dan rabat beton. Namun pengunjung perlu berhati-hati dikarenakan rute perjalan ke destinasi mulai dari Sidikalang tepatnya dari Puncak Sidiangkat akan berkelok-kelok ke lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Air Terjun Lae Une

Apabila Advonturers tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Lae Une Pakpak Bharat ini, kalian tidak harus khawatir dengan harga tiket yang tinggi. Pasalnya, harga tiket agar dapat memasuki kawasan air terjun bisa dibilang sangat terjangkau. Untuk biaya masuknya, destinasi wisata ini hanya mematok sekitar Rp 5.000 per pengunjung disaat hari kerja maupun akhir pekan dan hari libur nasional.

Namun, perlu Advonturers ketahui bahwasanya harga tiket masuk ke air terjun Lae Une dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola dan pemerintahan daerah setempat. Maka dari itu ada baiknya bagi Advonturers untuk membawa uang lebih untuk keperluan berjaga-jaga.

Air Terjun Lae Une Pakpak Bharat ini juga buka selama 24 jam setiap harinya. Jadi Advonturers tidak perlu panik soal jam operasional. Walaupun begitu, waktu yang disarankan untuk datang tentunya saja adalah waktu saat langit masih terang. Hal itu disebabkan agar pengunjung dapat menikmati keindahan alam di sekitar air terjun secara menyeluruh. 

Daya Tarik Air Terjun Lae Une

1. Menikmati Kesegaran Air Terjun Lae Une

Air Terjun Lae Une yang Indah dan Asri (Sumber: @sibangzul on Instagram)
Air Terjun Lae Une yang Indah dan Asri (Sumber: @sibangzul on Instagram)

Tidak lengkap rasanya kalau bermain ke wisata air terjun namun tidak berbasah-basahan. Air terjun Lae Une dapat digunakan untuk dinikmati kesegarannya. Pengunjung dapat turun langsung ke air terjun karena dari Dinas Pariwisata Pakpak Bharat telah menyediakan tangga semen yang dapat digunakan sebagai akses menuruni tebing. Sekitar 100 meter dari lokasi air terjun, pengunjung sudah dapat mendengarkan suara gemericik air yang jatuh.

Wisatawan dapat merasakan kesegaran langsung dari air terjun dengan bermain air di tepi sungai atau sekalian berenang. Namun apabila ingin berenang, pengunjung dianjurkan untuk berenang di tepian sungai saja. Hal ini dikarenakan aliran sungai yang terbilang masih cukup deras. Pengunjung juga harus berhati-hati dalam memilih pijakan di dasar sungai karena bebatuan di bawah sungai biasanya punya permukaan yang licin karena air dan lumut.

2. Pemandangan Alam yang Masih Terjaga

Pemandangan Alam yang masih terjaga di sekitaran air terjun (Sumber: @olizmnk on Instagram)
Pemandangan Alam yang masih terjaga di sekitaran air terjun (Sumber: @olizmnk on Instagram)

Soal pemandangan alam, daerah wisata air terjun Lae Une tentunya tidak kalah dengan air terjun lain di sekitaran Sumatera Utara. Pemandangan Alam di sekitaran air terjun sangatlah indah dan masih terjaga secara alami. Berada di tengah kawasan hutan yang hijau, air terjun ini akan menawarkan panorama indah dari hamparan pepohonan dari hutan hijau yang asri dipadu dengan air terjun Lae Une yang menyegarkan.

Ditambah dengan terpaan angin yang sejuk membuat wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini betah berlama-lama. Apabila wisatawan berkunjung saat musim hujan, di daerah ini akan muncul satu lagi air terjun tambahan di sebelah kanan Lae Une.

Dikarenakan keindahan alamnya yang masih terjaga secara alami, tidak jarang wisatawan di daerah air terjun yang mengabadikan momen bersama kerabat serta keluarga lewat kegiatan berfoto. Dengan latar air terjun alami dan hutan di sekitarnya yang masih terjaga keasriannya, foto yang dihasilkan akan memiliki nilai estetika alam yang tinggi. 

3. Bersantai dan Beristirahat di Gazebo

Setelah Advonturers basah-basahan bermain air di air terjun, pengunjung dapat memanfaatkan beberapa gazebo atau pondok yang tersedia di sekitaran daerah wisata. Pengunjung dapat berteduh dan bersantai di pondok sekaligus memesan makanan di warung-warung kecil sekitar air terjun. Tak lupa juga, pengujung dapat memesan secangkir kopi khas Pakpak agar pengalaman berwisata ke Kabupaten Pakpak Bharat semakin lengkap.

4. Memancing di sekitar Air Terjun

Selain dengan keindahan alam dari air terjun Lae Une Pakpak Bharat yang masih terjaga, air terjun ini juga terkenal dengan spot mancing paling direkomendasikan di Kabupaten Pakpak Bharat. Jikalau Advonturers menyukai kegiatan memancing, kalian dapat mencoba peruntungan memancing ikan di daerah air terjun ini. Ikan endemik air tawar seperti ikan keperas dan ikan ihan banyak ditemukan tinggal di dalam sungai ini.

Berikut merupakan artikel mengenai air terjun Lae Une yang eksotis. Apakah Advonturers sekalian tertarik untuk mengunjunginya?

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *